Home » Review and Event » Sudahkah Anda Mencatat Riwayat Kesehatan Anda? Ini Penting Banget!

Sudahkah Anda Mencatat Riwayat Kesehatan Anda? Ini Penting Banget!

Sebagai seorang yang pernah mengalami alergi cukup menakutkan karena asupan antibiotik jenis tertentu, saya selalu bertanya hal yang sama ketika dokter mencatatkan resep buat saya.

“ada antibiotiknya, dok? Saya pernah alergi dengan suatu antibiotik.”

Namun kejadiannya setelah itu biasanya tak mengenakkan karena saya tidak bisa menjawab pertanyaan sang dokter tentang antibiotik jenis apa yang saya alergi terhadapnya. Saya hanya menggeleng pasrah sambil mendengar petuah lanjutan tentang betapa pentingnya punya catatan riwayat kesehatan termasuk catatan terhadap jenis obat apa yang menimbulkan alergi.

Saya bisa memahami bila semua dokter yang saya jumpai menyesalkan kelalaian saya tersebut. Kesalahan dalam pemberian obat dapat berakibat fatal bagi manusia, bila tidak segera ditangani bahkan bisa mengakibatkan kematian. Saya ingat sekali bagaimana reaksi tubuh saya ketika mengalaminya. Telinga saya berdenging hebat, tubuh saya gatal-gatal, timbul bentol-bentol merah dan mata perih berair. Siapapun saya yakin tak ingin mengalaminya.

Sayang seribu sayang, saya waktu itu sama sekali tidak teringat untuk mencatat apa jenis obat dan nama dagangnya. Seiring dengan waktu saya akhirnya benar-benar lupa nama obat tersebut. Bisa ditebak akhirnya saya selalu harus mengulang mengatakan hal yang sama pada dokter yang menangani sakit dan sekaligus harus menerima di beri petuah (baca: dimarahin) untuk kelalaian tersebut.

Karena itu pula, saya mencoba untuk mencatat riwayat medis saya dan keluarga. Saya menuliskannya di sebuah buku setiap salah satu dari anggota keluarga mengalami sakit. Saya mencatat tanggal, nama penyakit, dokter dan obat yang harus kami konsumsi. Namun itu pun tak bertahan lama. Buku itu kadang tercecer entah di mana, lalu menggunakan buku baru, lalu hilang lagi, begitu seterusnya hingga saya bosan dan berhenti mencatat. Jangan ditiru ya.

Saya salut ketika dalam suatu pertemuan di Bogor, seorang teman bercerita bahwa ia rajin sekali mencatat riwayat kesehatan keluarganya dalam satu buku selama bertahun-tahun. Buku itu sangat bermanfaat sekali untuk menginformasikan apa saja terkait dengan kesehatan keluarga. Dan saat konsultasi ke dokter, ia tak perlu repot-repot mengingat dan takut salah menginformasikan, karena tinggal menunjukkan catatan tentang riwayat kesehatannya tersebut ke dokter yang sedang menangani.

Beliau juga menjelaskan, catatan tersebut juga membantunya untuk menganalisis jenis obat-obatan apa saja yang telah dikonsumsi, bagaimana reaksi obat dan dampaknya bagi kesembuhan. Catatan ini juga membantu untuk mengurangi efek penggunaan obat yang sama dalam jangka panjang. Tanpa catatan tersebut, bagaimana ia tahu sudah berapa lama obat tersebut dikonsumsi. Sehingga bila dokter meresepkan obat yang sama, ia tinggal mengingatkan sang dokter bahwa obat yang sama telah diresepkan sebelumnya.

Dalam pertemuan tersebut juga saya diperkenalkan dengan sebuah aplikasi mobile yang bisa membantu untuk mencatat jurnal kesehatan secara online. Wah, hal baru yang menarik nih. Nama aplikasi tersebut adalah Medic Trust yang bisa diunduh secara gratis di playstore Android saya. Aplikasinya ringan dan mudah digunakan. Saya tinggal unduh, memasukkan data yang dibutuhkan lalu aplikasi tersebut langsung bisa digunakan.

Tak ada yang ribet soal aplikasi ini, semua pengguna ponsel pasti bisa menggunakannya. Sebuah analogi yang sederhana saja, bagai memindahkan catatan jurnal kesehatan dari buku catatan ke telepon seluler anda. Di beranda, selain ada menu data diri, menu untuk berkirim surat elektronik, notifikasi dan pengaturan di bagian bawah, hanya ada dua menu utama lainnya yaitu Medbooks dan Medhub. Kedua menu ini menyimpan informasi penting tentang kesehatan kita dan daftar dokter yang telah bekerja sama dengan Medic Trust.

Medbooks, Personal Health Record adalah menu untuk menyimpan jurnal kesehatan kita. Bila di-klik kita bisa melihat catatan jurnal kesehatan yang telah kita masukkan dan bisa menambahkan catatan jurnal kesehatan tambahan. Setiap punya riwayat baru kesehatan kita, tinggal dicatat di dalamnya. Kerennya, dalam menu tersebut sudah ada kategori-kategori yang bisa kita pilih sesuai dengan jenis catatan yang akan kita masukkan, yaitu allergy, imaging, laboratory test, medical assessment, medication dan vaccination. Lengkap khan.

Jadi setiap pulang dari dokter atau cek kesehatan, jangan malas mencatat dalam jurnal kesehatan yang sudah kita miliki tersebut. Nggak perlu bolpoint dan buku, nggak khawatir akan terselip atau hilang buku catatannya, dan sudah tercatat dengan rapi sesuai dengan kategori-kategori tertentu. Saat dibutuhkan, tinggal membuka kembali dan menunjukkannya pada dokter atau pihak medis yang memerlukannnya.

Nah, menu yang satunya lagi yaitu menu MedHub Health Network berisi data-data kontak dokter yang bisa dihubungi dan sudah bekerja sama dengan Medic Trust. Tak kurang dari 14 latar belakang yang terhubung dengan Medic Trust. Dari cardiologist, dentist, dermatologist, dietitian atau clinical nutritionist hingga ear-nose-throat specialist. Ada juga gastroenterologist, internist, obstetrician and gynaecologist, pediatrician dan lain lain. Lengkap deh pokoknya.

Nah, dengan satu aplikasi Medic Trust, bertambah lagi kemudahan yang bisa kita dapatkan terkait dengan jurnal kesehatan dan tenaga medis. Dengan manfaat yang begitu besar dengan cost yang nyaris tidak ada, menurut saya akan sangat rugi bila anda tidak memanfaatkanya. Saya sih anjurkan anda juga memilikinya. Masih berpikir dua kali?

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

Kulit Kering dan Tumit Pecah-pecah? Ternyata Gampang Mengatasinya!

Kulit kering dan tumit pecah-pecah itu bagi saya bukan hanya sekedar mengganggu penampilan namun juga mengganggu ...

6 comments

  1. Avatar

    belum mencatat mbak, kalau gitu aku donload dulu aplikasinya ya ini penting banget

  2. Avatar

    Aku blm download, Mbak. Bermanfaat banget utk mncatat riwayat ksehatan Jasmine. 🙂
    Idah Ceris recently posted…5 Alasanku Merekomendasikan Biro Perjalanan Wisata IniMy Profile

  3. Avatar

    waduh perlu juga nih mbak…. laki-laki juga perlu nih… maksih bnyak lo mbak informasinya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge