Home » Review and Event » Serempak Berdayakan Perempuan Melalui TIK

Serempak Berdayakan Perempuan Melalui TIK

Sebagai bagian dari rangkaian Penyusunan Pedoman Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi perempuan Indonesia yang lalu, maka pada tanggal 23 Desember 2015 saya kembali menghadiri undangan dalam rangka diseminasi pedoman tersebut di Hotel Ambhara, Jakarta Selatan. Bila sebelumnya saya menghadiri proses penyusunannya di hotel Salak, Bogor, Jawa Barat, maka pada diseminasi kali ini acaranya lebih ditekankan pada proses sosialisasi pedoman yang kini telah rampung sebelum disahkan oleh kementrian terkait.

Acara Diseminasi Pedoman Pemanfaatan TIK Bagi Perempuan ini dihadiri oleh berbagai pihak, baik yang berasal dari unsur pemerintah, kementrian, lembaga penelitian, juga dari pihak sekolah dan masyarakat termasuk di dalamnya para penggerak PKK, pelaku usaha dan pelajar. Sambutan yang diperoleh sangat positif dan memancing diskusi yang interaktif. Pedoman ini seolah menjawab sebagian besar keresahan dan tanya para stake holder terhadap perkembangan teknologi informasi yang sedemikian cepat ini agar bisa dioptimalkan agar masyarakat lebih berdaya dan bukan sebaliknya

12432683_10153402493291359_291558739_o

Sosialisasi tentu saja tidak dilakukan hanya saat acara berlangsung. Agar pemanfaatannya bisa optimal secara menyeluruh dan merata, maka nantinya pedoman penggunaan TIK ini akan disebarluaskan hingga ke bagian-bagian kecil masyarakat melalui kader-kader di berbagai kota dan kabupaten yang telah terhubung dengan internet di bawah koordinasi kementrian terkait dan dinas pendidikan.

Dalam kesempatan tersebut, kita semua seolah diingatkan bahwa sejak abad 21, kemajuan TIK berkembang begitu pesat, hal ini telah mendorong banyak cara baru yang lebih efektif dan efisien dalam hal produksi, distribusi maupun transportasi. TIK telah membuat ciri baru dalam kehidupan manusia dengan ciri khasnya yaitu sentuhan elektronik seperti, e-life, e-government, e-library, e-commerce yang berbasis informatika.

Dari hasil studi tentang TIK tersebut maka direkomendasikanlah beberapa hal di bawah ini:
1. Harus ada upaya untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan perempuan dalam penggunaan TIK agar lebih memberikan manfaat.
2. Memberikan akses internet secara lebih luas termasuk pelatihan dan cara penggunaanTIK yang tepat melalui upaya sosialisasi.
3. Dalam program pelatihan TIK untuk kelompok perempuan perlu mempertimbangkan situasi yang kondusif kesesuaian waktu, tempat, materi pelatihan dan instruktur
4. Pentingnya menghidupkan kelompok-kelompok kerja perempuan, baik yang baru ataupun sudah ada misal pokja serempak.

12415554_10153402493036359_2023658311_o
Ibu Martha Siahaan dari Serempak dan Iwita

Dalam acara tersebut, diperkenalkan juga portal interaktif www.serempak.or.id di bawah payung Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Serempak yang merupakan akronim dari kalimat Seputar Perempuan dan Anak memang memiliki peran besar untuk mendukung kegiatan tersebut di atas. Martha Siahaan dan Ani Berta yang mewakili Iwita dan Serempak memaparkan tentang pentingnya portal ini bagi perkembangan perempuan terkait dengan TIK.

Di Serempak banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan dalam bentuk artikel, kegiatan dan pemberitaan seputar pemberdayaan perempuan dan anak. Informasi yang disajikan di portal ini sangat valid dan akurat, tak perlu khawatir terhadap kontennya, karena diawasi langsung oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Informasi atau artikel yang disajikan juga sangat variatif, mencakup berbagai bidang seperti, kesehatan dan kecantikan, Hukum dan Kebijakan, IPTEK, Wisata Budaya dan Kuliner, Ibu dan Anak, serta Karir dan Pengembangan Usaha. Sangat lengkap.

Bersama Mbak Ari dari Kominfo
Bersama Mbak Ari dari Kominfo

Tak hanya bisa mendapatkan informasi, di Serempak, kita juga bisa memberi informasi yang bermanfaat untuk orang lain dengan menjadi kontributor di Serempak. Setiap orang bisa menjadi kontributor Serempak, asal memiliki informasi yang bermanfaat untuk orang terutama yang terkait dengan perempuan dan anak. Kirimkan saja tulisan melalui surat elekronik Serempak di info@serempak.or.id untuk kemudian disunting oleh Tim Serempak sebelum dipublikasikan. Punya artikel menarik seputar perempuan dan anak? Mari serempak kita berdayakan perempuan melalui TIK.

Yuk buka laptop dan tulis, lalu kirim artikel terbaik anda ke Serempak.

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

Kulit Kering dan Tumit Pecah-pecah? Ternyata Gampang Mengatasinya!

Kulit kering dan tumit pecah-pecah itu bagi saya bukan hanya sekedar mengganggu penampilan namun juga mengganggu ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge