Home » Review and Event » Sentuhan Inovasi dan Manisnya Sebuah Legenda

Sentuhan Inovasi dan Manisnya Sebuah Legenda

Setiap dari kita selalu punya cerita dibalik keberadaan sebuah benda. Entah itu yang baru kita temui atau yang datang dari masa lalu. Seperti sebuah gambar yang terpampang di dinding sebuah cafe siang itu, menyajikan perjalanan suatu produk yang melegenda dari masa ke masa. Benda yang membawa ingatan saya terbawa ke masa kanak-kanak hingga kini memiliki dua putri yang berusia remaja.

Benda yang merupakan produk susu keluarga ini memang melegenda. Saya sudah mengkonsumsi susu ini sejak kanak-kanak dan masih menggunakannya hingga kini saya berkeluarga dan memiliki anak. Tak banyak produk yang bisa seperti ini. Meski sudah puluhan tahun diproduksi, produk ini masih saja hadir dan menjadi pilihan para konsumen di banyak keluarga Indonesia secara turun temurun. Susu Kental Manis Bendera dahulu benda ini disebut, sekarang dikenal dengan nama Susu Kental Manis Frisian Flag.

Cara yang paling sederhana untuk menikmati susu kental manis ini hanyalah menambahkan air sebagai minuman, baik sebagai minuman panas di pagi hari atau ditambahkan es sebagai minuman dingin. Cara sederhana lainnya adalah menuangkan susu kental manis di atas roti atau donat sebagai topping. Saya masih ingat ketika saya kecil senang sekali menikmati susu ini dalam berbagai cara. Saya tersenyum membayangkan kebiasaan kecil saya yang sering membuat ibu saya sedikit jengkel yaitu menjadikan susu kental manis rasa coklat kegemaran saya itu sebagai kudapan dan dimakan langsung tanpa dicampur air.

Lucunya, kejadian ini bagai kebiasaan yang diturunkan. Hal yang sama dilakukan oleh anak-anak saya. Stok susu kental manis di rumah cepat sekali habis karena dijadikan kudapan. Padahal saya sesungguhnya khawatir kalau anak-anak saya yang kini memasuki usia remaja itu membuka kaleng susu tanpa bantuan saya. Kaleng yg kedap itu hanya bisa dibuka dengan menggunakan benda tajam. Resiko lainnya adalah bila kaleng tersebut dibuka dengan cara memotong sebagian pinggirannya dengan pembuka kaleng. Pinggiran tajam yang ditimbulkan baik saat membuka dan saat digunakan bisa saja sewaktu-waktu melukai tangan. Tentu saja ini juga sangat berbahaya.

Namun kini kekhawatiran itu sirna. Baru-baru ini Frisian Flag meluncurkan susu kental manis dengan kemasan baru. Kemasan praktis yang baru ini disebut dengan kemasan Klik, Tarik, Tuang. Sebagaimana namanya begitulah cara membuka kaleng itu sekarang. Sangat mudah sekali. Semudah membuka minuman kaleng. Di bagian atas kaleng terdapat tuas kecil untuk membuka sebagian kecil tutup kaleng. Untuk membukanya, kita hanya perlu mengungkit sedikit tuas tersebut lalu menariknya ke arah atas hingga tuas tersebut terlepas dari kalengnya. Nah, dari lubang tersebut kita tinggal menuang susu dari kalengnya. Tak pakai repot, tak pakai resiko akan terluka.

Beruntung saya mendapat kesempatan untuk menghadiri peluncuran kemasan baru Klik, Tarik, Tuang tersebut di FX Plaza pada tanggal 6 Oktober 2015 kemarin. Saya yang pada dasarnya bukan termasuk tipe perempuan yang rajin masak atau membuat camilan dengan alasan repot jadi tahu ternyata banyak resep-resep mudah dan praktis yang bisa dibuat menggunakan susu kental manis baik minuman dingin maupun minuman hangat.  Setidaknya ada 7 resep baru yang saya dapat dari Frisan Flag Cafe hari itu. Dari SKM Frisian Flag Coklat ada Frisian Milkchoco Mojito dan Frisian Milkchoco Rum. Dari SKM Frisian Full Cream Gold bisa dibuat Frisian Blended Matcha Latte, Frisian Matcha Latte Hot,  Frisian Spaces Latte, dan Frisian Gold Chocorock. Sedangkan dari susu kental manis yang original bisa dibuat Frisian Chillhood Crumbs. Semua resep-resep di atas lainnya juga mudah, cepat dan praktis sekali dibuat.

Salah satu resep yang didemonstrasikan pada acara tersebut adalah Frisian Chocomint Mojito – Ice Shaken yang cocok sekali dinikmati saat cuaca panas. Apalagi Jakarta di musim kemarau panjang seperti sekarang. Saya membayangkan betapa senangnya kedua putri saya menikmatinya saat pulang sekolah. Lelah, dahaga akibat panasnya cuaca akan sirma karenanya. Bahan-bahannya sangat sederhana dan mudah dibuat. Hanya perlu membuat 230 ml campuran yang terdiri dari 50 gram SKM Frisian Flag Coklat dan 100 ml air dingin, 20 ml Mint Mojito Sirop dan es batu secukupnya dan dikocok dengan menggunakan shaker. Kemudian tuangkan campuran tersebut ke dalam gelas saji yang sebelumnya telah diisi dengan jelly grass dan terakhir tinggal ditambahkan 120 ml air soda. Mudah bukan?

Nah,  sekarang saya jadi semangat mencoba berbagai resep minuman berbahan baku susu kental manis di rumah begitu juga dengan anak-anak saya. Apalagi dengan kemasan terbaru susu kental manis Frisian Flag yang sekarang, maka tak ada lagi kekhawatiran untuk membiarkan mereka berkreasi  secara mandiri. Tinggal Klik, Tarik, Tuang. Dan tradisi keluarga pun terus bergulir manis, semanis legenda dalam sentuhan inovasi.

Masih ingat khan, jingle iklannya…

Rasa lezat… hidup sehat… dunia cerah

Susu Saya Susu Bendera

nfo lebih lanjut kunjungi http://www.facebook.com/frisianflagindo atau akun sosial Frisian Flag di twitter @susu_bendera dan di Instagram @frisian.flag

 

 

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

Menanam Bibit Kemandirian Masyarakat di Lingkar Tambang

Tanah ini sungguh diberkati. Lihatlah sekeliling; tanah nan subur, lautan luas, pantai indah, semua jenis ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge