Home » Review and Event » Pembersih Wajah, Bekal Penting Saat Traveling
Kemana saja, apa pun jenis kegiatannya, membersihkan wajah itu penting.

Pembersih Wajah, Bekal Penting Saat Traveling

Dibanding menggunakan sabun pembersih wajah yang sebenarnya lebih praktis, saya lebih memilih menggunakan susu pembersih. Sepintas terlihat lebih ribet karena harus repot mengangkat kembali susu pembersih di wajah sesudah pemakaian dengan kapas lalu diakhiri dengan penggunaan astringen atau penyegar. Namun hal ini bertahun-tahun saya lakukan kecuali bila sedang traveling atau dalam perjalanan. Mengapa demikian?

Alasannya sebenarnya sederhana, saya belum menemukan produk dengan formulasi yang sesuai dengan kulit wajah saya yang kombinasi kering dan berminyak. Pembersih wajah dari jenis krim yang mengandung susu memang kaya akan kandungan pelembab sehingga kulit tetap terjaga kelembabannya dan terhindar dari kekeringan dan iritasi. Itulah mengapa untuk pemakaian sehari-hari, saya masih setia menggunakan susu pembersih dan penyegar.

Penggunaan pembersih muka yang mengandung sabun secara kontinyu selalu membuat kulit saya kering dan kasar. Kulit yang kering dan kasar akhirnya membuat wajah terlihat kusam dan ini yang saya tidak suka. Saya ingin wajah saya bersih namun tetap lembab sehingga tetap enak dipandang. Hanya untuk alasan kepraktisan saja sabun pembersih muka saya gunakan, itu pun hanya untuk jangka pendek seperti saat berpergian atau traveling.

Namun cara ini juga tak sepenuhnya berhasil. Kegiatan yang padat dan mobilitas yang tinggi membuat saya terkadang tak sempat membersihkan wajah. Bila seharian berada di luar rumah, itu berarti seharian pula wajah saya tak dibersihkan. Dan yang lebih parahnya, sepulang dari beraktivitas, seringkali saya sudah terlalu lelah untuk membersihkan muka. Akhirnya tak jarang saya nekad membersihkan wajah saat mandi dengan menggunakan sabun mandi.

Hasilnya kenekadan tersebut sudah jelas bisa diprediksi, kulit saya makin kering dan kusam, kondisinya lebih parah dibanding menggunakan sabun pembersih wajah. Mencuci wajah dengan sabun mandi ternyata dapat merusak kelembaban alami kulit wajah. Kulit wajah menjadi kering dan kusam seperti ini seringkali diikuti dengan timbulnya berbagai macam permasalahan kulit lainnya seperti timbulnya jerawat dan bintik hitam pada wajah.

Solusi yang tepat memang harus memilih jenis pembersih wajah yang tepat pula. Tidak hanya terkait dengan formulasinya saja namun juga terkait alasan kepraktisan dalam pemakaian. Dalam permasalahan saya, hal ini berarti yang dibutuhkan adalah pembersih wajah yang tidak mengandung sabun, kaya akan pelembab, tak membuat kulit kering dan dalam bentuk dan kemasan yang praktis dan mudah digunakan dalam segala kondisi. Mulailah saya menelisik satu persatu merek sabun pembersih wajah yang ada di pasaran.

Kriteria pertama adalah pembersih wajah tersebut yang tidak mengandung sabun dan memiliki pH yang seimbang atau netral. Hal ini penting untuk menjaga kelembaban alami kulit wajah. Kedua, formulasinya harus diperkaya dengan kandungan bahan-bahan alami lain yang mampu menjaga kesehatan kulit wajah, baik kelembabannya maupun kecerahan kulit, jadi tak sekedar membersihkan.

Waktunya memang pas, kebetulan saya akan melakukan perjalanan dalam waktu yang cukup panjang selama 9 hari ke Sumbawa. Hari-hari saya sibuk di seputar kegiatan industri dan pertambangan dan beberapa destinasi wisata selama seharian penuh. Terbayang bila urusan membersihkan dan merawat kulit wajah ini saya abaikan. Sudahlah seharian penuh berkegiatan di luar ruangan, terpapar cuaca panas dan berkeringat, plus debu-debu kegiatan tambang.

Alhamdulillah, berkat rekomendasi Ani Berta, saya berangkat ke Sumbawa dengan bekal RJ Facial Cleanser. Kemasannya yang berbentuk tube dengan isi 50 ml tergolong berukuran kecil. Praktis untuk dibawa traveling bahkan bisa dimasukkan saku. Saya bisa gunakan di mana saja, sekalian saat mandi atau berwudhu. Saya tak perlu membawa-bawa satu set susu pembersih yang biasanya hanya dijual dalam kemasan besar. Ringkas dan mudah menggunakannya.

Sempat khawatir awalnya, karena pembersih wajah sejenis yang suka bikin kulit kering. Apalagi dipakai berhari-hari lebih dari satu kali dalam sehari. Namun ternyata hal itu tidak terjadi pada saya. Memang pada saat dipakai tidak terlalu banyak busa karena formulasi RJ Facial Cleanser tidak mengandung sabun. Sesudahnya dibersihkan memang kulit tidak terasa kesat, namun tetap terasa bersih. Tak ada rasa kulit yang kaku, kering atau kencang pada wajah setelah dibersihkan.

Hal ini ternyata juga disebabkan oleh pH RJ Facial Cleanser yang seimbang, dan juga mengandung ekstrak Aloe vera dan CGF Honey yang membantu melembabkan wajah. Tambahan ekstrak Chamomile dalam formulanya berkhasiat mencerahkan kulit wajah, dan Witch Hazel yang efektif meringkas pori-pori sehingga sangat cocok digunakan oleh anda yang bermasalah dengan pori wajah yang membesar.

Nah, RJ Facial Cleanser ini adalah produk CNI. Barangnya dapat dibeli secara online di Gerai CNI. Jadi kalau repot dan malas keluar rumah, produk ini tetap dengan mudah didapatkan. Nah… tunggu apalagi? Masih pusing milih pembersih wajah? Nggak lagi dong.
Yuk belanja…

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

Kulit Kering dan Tumit Pecah-pecah? Ternyata Gampang Mengatasinya!

Kulit kering dan tumit pecah-pecah itu bagi saya bukan hanya sekedar mengganggu penampilan namun juga mengganggu ...

5 comments

  1. Avatar

    informasi yang menarik.

    pembersih wajah kadang jadi hal penting yang terlupakan
    Event Banjarnegara recently posted…Wisata Banjarnegara, Air Terjun Giritirta PejawaranMy Profile

  2. Avatar

    Takut malah jerawatana
    Inayah recently posted…Warkop mewah di 1500 mdpl PekalonganMy Profile

  3. Avatar

    Wah dari dulu pengen banget ke sini. Keren

  4. Avatar

    Waduh mba …travelingnya ke daerah pertambangan ya..? (foto ke 3)
    Julianti recently posted…4 cara agar kulit sehat dan bersinarMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge