MeTime Itu Sederhana

Mungkin definisi saya tentang Me Time tidak terlalu tepat. Sebagai seorang yang pada dasarnya solitaire, saya mendefinisikan Me Time sebagai saat-saat di mana saya dalam keadaan sendiri dan sangat menikmati kesendirian saya. Sederhana sekali, bukan? Ya, buat saya Me Time itu sederhana. Tak harus pergi jauh. tak harus mahal dan tak harus berlama-lama. Me Time bukan untuk melarikan diri dari masalah namun lebih berfungsi untuk jiwa melepaskan jenuh atau mengistirahatkan badan yang penat akibat aktivitas sehari-hari dan itu bisa dilakukan secara sederhana di rumah saja.

Membaca Buku
Saat ini anak-anak sudah besar dan jam sekolah mereka lebih panjang sehingga saya punya cukup banyak waktu untuk diri sendiri. Setelah mereka berangkat sekolah, biasanya saya mulai membereskan dan membersihkan rumah. Namun saat saya sedang membutuhkan Me Time, saya akan lupakan sejenak urusan beres-beres dan bersih-bersih rumah dan memilih untuk berada di kamar dan membaca buku.

Buku yang saya baca saat Me Time biasanya jenis buku yang saya bisa larut ke dalam bacaannya seperti novel percintaan atau karya sastra. Memang terkesan kok menambah beban pikiran di saat Me Time. Bagi saya justru sebaliknya, dengan larut di dalam apa yang saya baca, maka pikiran saya akan terpusat di satu hal yaitu isi buku. Menyenangkan bisa berlama-lama membaca buku, mencerna isinya dalam-dalam atau bahkan berimajinasi bahwa kita adalah karakter buku yang sedang kita baca tersebut.

Mendengarkan Musik
Entah mengapa saya selalu menikmati suasana pagi di kamar saya. Angin pagi yang sejuk dan kicau Burung Gereja di pucuk-pucuk dahan Pohon Mangga menelusup dalam bingkai jendela. Saya jadi merasa romantis. Namun, tak setiap pagi hal ini bisa dinikmati karena banyak aktivitas rutin pagi hari yang harus dikerjakan. Apalagi bila ada kegiatan di luar rumah yang terjadwal di pagi hari, biasanya saya dan seluruh anggota keluarga sibuk mempersiapkan diri masing-masing.

Nah, di saat-saat Me Time lah saya bisa menikmati suasana tersebut, membuka pintu jendela lebar-lebar dan mulai memutar musik-musik favorit. Saya duduk di atas balkon yang terletak persis di balik jendela kamar, sambil menikmati teh panas, cemilan pagi, berselancar di dunia maya atau berlama-lama menyiangi tanaman yang hanya beberapa pot itu. Ketika matahari mulai terasa hangat di kulit baru kemudian saya beranjak dan melanjutkan Me Time di dalam kamar.

Anak-anak pun sudah mahfum saat ibunya membutuhkan Me Time. Kedua putri saya terbiasa melihat ibunya tak bisa diam dan melakukan banyak hal setiap harinya. Jadi bila saat pulang sekolah mereka mendapati ibunya sedang leyeh-leyeh dengan buku di tangan, kacamata baca bertengger di ujung hidung dan musik mengalun perlahan dari laptop, mereka sudah tahu bahwa ibunya sedang menikmati waktu bersama dirinya sendiri. Biasanya mereka pun menyapa, berbincang sebentar lalu asik dengan obrolan seru mereka sendiri.

Menikmati Makanan Favorit
Soal masak memang saya agak-agak sulit mengatur waktu antara menyelesaikan urusan memasak dan pekerjaan saya sebagi ibu yang bekerja. Jangankan sedang ingin menikmati Me Time, sedang ada waktu pun, urusan memasak seringkali menjadi urutan ke sekian di kepala saya. Apalagi sarapan pagi di keluarga kami jarang makanan berat, yang ringan-ringan saja seperti roti, nasi goreng atau gorengan. Sesekali saya menyimpan makanan beku dalam freezer yang tinggal digoreng saat ingin disantap kala sarapan. Setelah itu barulah saya mulai membereskan rumah dan kemudian bila sempat saya akan memasak menu untuk makan siang, itu pun yang ringan-ringan saja.

Nah saat Me Time, saya ingin membebaskan diri dengan urusan memasak namun sekaligus sambil menikmati makanan-makanan favorit saya di sela-sela membaca atau mendengarkan musik. Di kamar biasanya sudah tersedia berbagai camilan dan buah agar saya tak kelaparan dan tak harus keluar rumah untuk urusan makanan.  Untuk menu makanan yang lebih berat, makanan berkuah dan pedas seperti Bakso Kuah dan Mie Ayam menjadi menu favorit saya di saat Me Time. Di cuaca panas seperti di Kota Jakarta dan sekitarnya seperti Depok, minuman dingin seperti Es Teler sangat cocok menjadi penutup makan siang. Terbayang segarnya potongan alpukat, nangka dan kelapa muda dalam serutan es berselimut susu kental manis buatan restoran Es Teler 77. 

Tak sulit untuk mendapatkan restoran yang menyediakan jasa antar pembelian makanan, termasuk perusahaan jasa antar makanan yang bekerjasama dengan beberapa restoran di sekitar tempat tinggal saya di Jakarta. Perusahaan jasa antar makanan seperti Food Panda ini sangat membantu menyediakan makanan di rumah di kala Me Time. Saya tak perlu keluar rumah, pilihan jumlah restoran dan ragam menu makanannya juga banyak. Setelah memutuskan menu apa yang ingin dimakan, maka kita tinggal memilih restoran dan memesan makanan yang ingin di santap. Setelah proses pemesanan selesai, kita tinggal menuggu dalam beberapa saat. Makanan pun akan tiba di depan pintu rumah dan siap disantap.

Jadi jangan ragu dan merasa bersalah jika sudah membutuhkan Me Time, karena Me Time bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan keluarga, tanpa biaya mahal, dan tanpa harus melakukan perjalanan jauh. Bila kondisi memungkinkan untuk berlibur dan kondisi kantong memungkinkan untuk Me Time dengan cara yang istimewa, mengapa tidak! Namun bila sedang tidak memungkinkan jangan pula ditunda. Karena Me Time itu sederhana, bisa di rumah saja.

Nah, bagaimana dengan Me Time anda? Kegiatan apa yang kira-kira bisa dilakukan di rumah dan menjadikannya waktu-waktu istimewa untuk diri anda sendiri? Mau berbagi cerita? Monggo lho.

Salam

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

Between Three Ends Plus and The Power of Content

Harus ada yang menyuarakannya! Kata-kata itu menusuk telak di jantung saya saat Kang Maman Suherman ...

6 comments

  1. Avatar

    Kalau MeTime aku Mba, itu jalan-jalan ke negeri yang belum aku ketahui sama sekali hehehe
    Salman Faris recently posted…Belanja Online Praktis Dengan Zalora Mobile AppsMy Profile

  2. Avatar

    Mbak duuuh kenapa ya..blognya lama banget dibukanya. Saya buka nih barenga langsung 4 blog yang lain udah selesai baca, komen dan close yang ini baru deh bisa terbuka. Padahal sering banget saya mampir tapi ya gagalnya itu lama buka.

  3. Avatar

    Saya membayangkan pagi harinya seger banget Mbak Donna… Enak ya kalau anak-anak sudah gede dan sudah mengerti. Kalau saya me timenya ya pas ngantor dan jam 3 pagian pas kebangun trus ngeblog 😀

  4. Avatar

    Sama mbak. Me time aku juga ga jauh-jauh dari buku, musik dan makan enak. Hihhiii xD
    Intan Novriza Kamala Sari recently posted…Kamu Mau Beli Handphone Apa di Blibli.com? Kalau Aku Pilih yang Ini Nih!My Profile

  5. Avatar

    Aku malah jarang sendirian saat me time mba, penginnya rame2 sama temen hehehee… me time koq rame2 🙂 Asyik aja gitu ngobrol segala macam dan sharing dg teman saat me time, anak2 diajagain ayahnya di rumah *istri macam mana lah aq iniiii 😀
    Uniek Kaswarganti recently posted…Menikmati TehMy Profile

  6. Avatar

    Me time? bobok cantiklah. Hahaha. Dasar pelor akut 😀
    Lestarie recently posted…Satu Blogpost Itu TantanganMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge