Home » Review and Event » Mengenal Beberapa Jenis Bahan Sprei

Mengenal Beberapa Jenis Bahan Sprei

Ada harga, ada barang! Begitu istilah yang sangat akrab di telinga kita para wanita tentang barang belanja. Hal yang tidak aneh sebenarnya, karena bila kita menggali informasi lebih dalam tentang perjalanan sebuah produk dengan rantai proses produksi yang cukup panjang, maka akan kita temukan berbagai faktor yang bisa membuat suatu produk yang berkualitas memiliki harga jual yang tinggi.

Beberapa faktor yang dapat kita temukan adalah kualitas bahan baku, teknologi proses, upah tenaga kerja dan bahkan mungkin juga nilai seni pada proses pengerjaannya. Tanpa menafikan berbagai faktor tersebut, menurut saya salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap kualitas dan harga produk adalah kualitas bahan baku. Semakin baik kualitas bahan baku maka akan semakin baik pula kualitas produknya dan semakin mahal pula harganya.

Terkait dengan hal di atas maka perlu bagi kita sebagai konsumen untuk mengenal bahan baku suatu produk agar harga yang kita bayarkan sebanding dengan kualitas barang yang didapat. Salah satu produk yang sedang menjadi perhatian saya adalah bahan baku sprei. Maklumlah saya termasuk perempuan yang tak hobi berbelanja, tak terlalu pandai memilih barang. Apalagi barang seperti sprei yang frekuensi pembeliannya jarang tak seperti pakaian atau barang pangan.

Ada beberapa merek sprei yang berada di kisaran harga yang sama yang seolah memiliki kualitas yang sama bagusnya. Namun setelah beberapa kali pemakaian atau pencucian mulai terlihat kualitasnya yang menurun sangat cepat, seperti warna yang kemudian cepat pudar atau permukaan sprei yang kemudian menjadi kasar atau berbulu. Tentu saja ini sangat mengganggu saat digunakan, padahal kejadian seperti ini akan dapat diantisipasi sejak awal bila kita mengenal berbagai jenis bahan baku sprei.

Untuk itulah kemudian saya berusaha menambah pengetahuan saya tentang bahan baku sprei. Melalui pencarian dari berbagai sumber di internet, saya menemukan banyak sekali jenis-jenis bahan sprei. Namun saya mencoba menuangkannya secara singkat dalam tulisan ini mengenai beberapa saja jenis bahan sprei yang banyak beredar dan sering digunakan di pasaran. Bahan-bahan tersebut antara lain:

1. Poliester
Jenis bahan ini adalah jenis yang paling banyak digunakan sebagai bahan baku sprei, terutama untuk pangsa pasar menengah karena harganya yang ekonomis. Selain itu, bahan ini mudah sekali diaplikasikan dengan bermacam corak dan warna-warna cerah yang menarik yang disukai masyarakat pada umumnya. Bahannya juga tidak mudah kusut sehingga mudah diatur dalam keadaan terpasang dan kasur selalu terlihat rapih.

Namun poliester adalah serat sintetis yang tak menyerap keringat. Permukaan kainnya juga terasa agak kasar, sehingga tidak terlalu nyaman digunakan pada cuaca panas. Namun untuk pemakaian sehari-hari, sprei jenis ini cukup ekonomis, beberapa kekurangan pada bahan poliester dapat diatasi dengan menggunakan pelembut pakaian saat mencuci dan mengkondisikan kamar dalam keadaan sejuk.

2. Katun
Sebenarnya sprei dengan bahan baku katun adalah bahan yang menjadi kegemaran banyak konsumen, karena bahannya yang lembut, permukaan sprei yang halus dan terasa dingin saat digunakan. Namun bahan yang terbuat dari serat alami kapas ini mudah sekali kusut dan warnanya juga cenderung kurang cerah. Lagipula harga jual sprei dengan bahan baku 100 % katun relatif mahal,  terlebih bila katun yang digunakan adalah katun impor.

Untuk mensiasati hal ini, banyak produsen sprei mencoba membuat titik temu ragam kebutuhan konsumen dengan memproduksi bahan sprei yang terbuat dari paduan antara katun dengan serat sintetis. Persentasenya kombinasi bahan bisa beragam tergantung efek yang ingin ditimbulkan dan harga yang ingin dilepas di pasaran. Basanya komposisi katun yang lebih banyak  agar sprei terasa lembut dan sejuk serta menyerap keringat. Kualitasnya juga terjaga alias awet dan tahan lama, tidak berbulu dan tidak luntur.

Setidaknya ada 3 jenis paduan katun lokal yang laris di pasaran, seperti:

  • CVC atau cotton viscose
    Sesuai dengan namanya, jenis bahan sprei ini memang merupakan campuran antara bahan katun dan bahan viscose dengan komposisi katun yang lebih banyak daripada viscose. Rata-rata berkisar antara 60-70 % katun dan 30-40 % viscose
  • Katun Panca
    Bahan sprei jenis ini terbuat dari paduan antara katun dan polyester dengan komposisi yaitu 75-80 % katun dan 20-25 % polyester.
  • Katun Catra
    Bahan sprei jenis ini terbuat dari paduan antara katun dan polyester dengan komposisi yaitu 80-90 % katun dan 10-20 % polyester.

3. Satin
Bahan ini memiliki ciri khas yaitu lembut dan mengkilap dengan struktur anyaman yang berbeda dengan struktur anyaman katun pada umumnya. Pada bahan satin, anyaman terdiri dari anyaman antara 1 benang dengan sedikitnya 4 benang lain yang saling menyilang. Struktur silang satin inilah yang kemudian menghasilkan struktur bahan yang halus, lembut dan mengkilap namun rapuh sehingga harus berhati-hati merawatnya atau saat mencucinya.

Salah satu bahan sprei yang mengandung satin adalah bahan yang dikenal dengan nama Dobby yang sering digunakan sebagai bed cover di hotel-hotel berbintang. Ciri khasnya adalah mengkilap, lembut dengan motif garis atau kotak-kotak berwarna putih. Meski berat dan tebal, namun bahan ini sangat lembut dan memberi efek nyaman yang maksimal. Itulah mengapa mungkin saya seringkali jadi malas bergerak saat sudah terlanjur bermalas-malasan di hotel saat berpergian.

Tiga jenis bahan sprei di atas adalah bahan-bahan yang cukup akrab dengan keseharian saya baik sebagi ibu rumah tangga maupun sebagai pejalan yang menemukan banyak jenis sprei saat melakukan perjalanan. Masih banyak jenis-jenis bahan sprei lain yang tidak mungkin saya jelaskan di sini. Namun dari penulisan di atas saya menyimpulkan bahwa setiap bahan tentu mengandung konsekuensi tersendiri terhadap kualitas dan harga. Pilih sesuai dengan kemampuan dan kenyamanan yang diharapkan.

Ada baiknya juga tidak terpaku pada satu merek atau satu jenis bahan sprei saja. Saya memiliki beberapa sprei dengan jenis dan merek yang berbeda, dari yang kualitasnya biasa-biasa saja untuk sehari-hari maupun sprei khusus sebagai simpanan yang hanya saya gunakan pada kesempatan istimewa atau saat ada tamu yang sedang menginap di rumah. Perhatikan juga cara merawat sprei supaya tahan lama dan tetap nyaman digunakan. Bila perlu gunakan pelembut dan pengharum pakaian untuk memberikan kenyamanan ekstra seperti yang saya lakukan pada Sprei Shamira terbaru yang saya miliki.

Selain itu perlu juga memperhatikan jenis kasur yang kita gunakan, karena kualitas dan kenyamanan tidur tidak hanya dari jenis sprei yang kita gunakan namun juga terletak pada kasur yang kita gunakan. Pilih kasur yang memberikan rasa rileks dan nyaman serta sehat seperti Central Spring Bed misalnya. Dengan perpaduan antara kasur yang baik dengan bahan sprei yang berkualitas diharapkan tidur kita juga akan berkualitas sehingga saat tidur tubuh kita benar-benar beristirahat dan esok hari bangun tidur dengan stamina yang telah kembali prima.

Selamat memilih…

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

Kulit Kering dan Tumit Pecah-pecah? Ternyata Gampang Mengatasinya!

Kulit kering dan tumit pecah-pecah itu bagi saya bukan hanya sekedar mengganggu penampilan namun juga mengganggu ...

4 comments

  1. Avatar

    malam ini kita pakai seprei yg sama mbak 🙂
    Lidya Fitrian recently posted…5 Fakta Film Star Wars : The Force AwakensMy Profile

  2. Avatar

    Kalau katun Jepang itu masuk kategori katun catra kali ya, Mbak.
    Sy suka seprai dari bahan katun. Apalagi kalau habis dicuci dan masih wangi sama pewangi. Bikiin tambah betah tidur cantik mulu. Hehehe…

  3. Avatar

    Aku pilih Satin. . . 😀
    Idah Ceris recently posted…Yang Spesial dari Ethnic Waroeng dan CafeMy Profile

  4. Avatar

    Kalau bukan katun spreinya saya susah tidur..hehehe..somse ya. padahal ngantuk mah ngantuk aja
    murtiyarini recently posted…Fun Blogging 8, Kereeeeeeen !My Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge