Home » Review and Event » Malam Tahun Baru Imlek di Discovery Hotel and Convention Ancol

Malam Tahun Baru Imlek di Discovery Hotel and Convention Ancol

Hujan deras menemani perjalanan menuju Ancol sore itu. Lalu lintas yang padat dan air yang menggenang hampir sepanjang jalan di Jakarta membuat waktu tempuh dari semakin lama, sementara jam di pergelangan tangan menunjukkan bahwa saya sudah terlambat lebih dari setengah jam dari jadwal yang tertera di undangan perayaan Tahun Baru Imlek dari Discovery Hotel & Convention, Jakarta.

Beruntung acara baru saja dimulai. Bersama langkah kaki yang bergegas memasuki lobby hotel, saya pun segera membaur bersama tamu dan undangan lainnya untuk menikmati atraksi yang sengaja dikemas Discovery Hotel & Convention untuk merayakan Tahun Baru Imlek yang menandai dimulainya Tahun Monyet tepat pada tanggal 8 Februari 2016 keesokan harinya.

Meski terlambat, saya masih sempat menyaksikan sepasang Barongsai berwarna merah dan kuning yang memamerkan atraksinya saat itu. Suara tambur, gong dan simbal bersahut-sahutan mengiringi suguhan atraksi Barongsai di area dalam hotel resor berbintang 4 yang terletak di jantung Teluk Jakarta ini. Terlihat semua pengunjung yang hadir menyaksikan ikut larut dalam kemeriahan tersebut dan beberapa di antara mereka memasukkan angpau ke mulut Barongsai dengan penuh kegembiraan.

Salah satu yang menarik perhatian saya selain acara atraksi Barongsai adalah keberadaan sebuah meja. Di tengah-tengah lobby menuju Kembang Goyang Restaurant di hotel tersebut, telah tersedia sebuah meja bundar beralas taplak polos berwarna merah dengan satu paket menu makanan yang tersusun rapih di atasnya. Hidangan ini disebut dengan nama Yee Shang Salmon yang merupakan lambang kemakmuran & kesuburan yang dipercaya oleh masyarakat Tionghoa.

Penyajian hidangan ini sungguh unik. Semua bahan disusun dalam keadaan terpisah satu sama lain. Kemudian nantinya, semua bahan ini akan dituangkan satu demi satu secara bersamaan oleh mereka yang mengelilingi meja bundar. Mereka ini adalah jajaran pimpinan hotel dan beberapa karyawan serta perwakilan tamu undangan yang didaulat untuk meramu hidangan. Seorang perempuan cantik dengan pakaian berpotongan khas Cheongsam berwarna merah bertindak sebagai pemandu acara.

Ia memandu mereka meramu hidangan sambil menjelaskan makna dibalik hidangan tersebut. Pertama-tama, irisan daging Ikan Salmon dikucur dengan perasan air Jeruk Nipis lalu secara bersamaan pula diletakkan di bagian paling atas. Nah, baru kemudian secara berturut-turut ditaburkan di atas hidangan utama yang telah ditambahkan irisan daging Ikan Salmon tersebut bubuk Kayu Manis, minyak makan, perasaan air jeruk manis, biji wijen, dan kerupuk bawang.

Saya menikmati prosesi pencampuran bahan demi bahan pada hidangan ini sebelum akhirnya disantap bersama-sama. Setiap penambahan bahan, ada makna yang terkandung di dalamnya. Semua berkaitan dengan kemakmuran dan kesuburan. Setiap hidangan membawa harapan bahwa rezeki mereka seperti bahan-bahan yang ditambahkan tersebut, mengucur deras, membawa keharuman, mudah dan berlimpah. Wah, saya jadi tambah pengetahuan malam itu.

Acara tersebut kemudian dilanjutkan dengan makan malam bersama. Ada dua tempat yang disediakan Discovery Hotel & Convention Ancol malam itu, yaitu di Kembang Goyang Restaurant dan Teratai Chinese Restaurant. Teratai Chinese Restaurant telah menyiapkan beberapa paket menu istimewa untuk merayakan Tahun Baru China yaitu paket menu Red Giok, Green Giok, dan White Giok yang khusus dibuat pada saat perayaan Imlek.

Paket Red Giok berupa Salmon Yee Shang , Lumpia Seafood Mayoinnase, Nasi Goreng Foo Kin, dan lain sebagainya. Paket Green Giok pun disajikan tidak kalah nikmatnya. Salmon Yee Shang Trio Kombinasi BBQ (Jellyfish, Daging Wushiang, Bebek atau Ayam Panggang), Sup Hisit Sawi Putih dengan Scalop kering dan Yam, Angsio Abalone, Hoisom dan Sayuran, Tim Ikan Kerapu dengan Bawang putih, Tumis udang dan Scalop saus XO, serta I Fu Mie dengan Jamur. Sebagai hidangan penutup disajikan krim kacang merah isi Mochi, Jeruk Mandarin atau Polkam.

Untuk paket menu istimewa yang terakhir yang merupakan paket menu White Giok. Terdiri dari Salmon Yee Shang, Udang Besar Goreng Saus Kecap, Fu Tiaw Chang, Tim Ikan Malas ala Hongkong, Tumis Daging Sapi Saus Special, Bebek Panggang Garing, Nasi Goreng Teratai, ditutup dengan Puding mangga, Jeruk Mandarin atau Polkam.

Oh ya, paket menu ini bisa dinikmati dengan harga yang bervariasi. Paket Red Giok seharga Rp 4,888,000 net untuk 10 orang, Green Giok seharga Rp 5,998,800 net untuk 10 orang, dan White Giok seharga Rp 7,198,800 net untuk 10 orang.

Saya dan teman-teman memilih untuk santap malam di Kembang Goyang Restaurant sambil menikmati barbeque dan ngobrol santai. Sementara gerimis sepertinya masih betah menemani malam pergantian tahun baru Imlek membuat kami betah berlama-lama di dalam menikmati satu per satu hidangan yang tersedia.

Nah… bagaimana suasana Imlek di tempat anda? Dan bagi yang merayakannya, ada hidangan istimewa apa yang disajikan di meja makan anda? Wanna share…
Yuuukkk….

Selamat Tahun Baru Imlek… Gong Xi Fat Cai

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

Kulit Kering dan Tumit Pecah-pecah? Ternyata Gampang Mengatasinya!

Kulit kering dan tumit pecah-pecah itu bagi saya bukan hanya sekedar mengganggu penampilan namun juga mengganggu ...

One comment

  1. Avatar

    Seru bgt ya jadi tau tradisi jalanin imlek kaya gmn sebenernya. Kerasa suasana meriah, sayup-sayup terdengar suara musik barongsai
    Desy Yusnita recently posted…Restoran Jejamuran – Yogyakarta, Surga Bagi Si VegetarianMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge