Home » Family and Parenting » hm….aku punya impian baru

hm….aku punya impian baru

Bermula dari kegiatan yang di selenggarakan di kampus Cimanggis yang merupakan kerjasama antara Lembaga Marketing Universitas Jayabaya dengan SMUN 99 Cibubur tanggal 7 Februari 2008 kemarin. Acara utama kegiatan tersebut diisi dengan pemberian motivasi dan tips untuk menghadapi Ujian Akhir Nasional dan serta cara-cara menetapkan tujuan atau apa yang harus dilakukan setelah lulus SMU nanti.

Fokus perhatianku tertuju pada acara training motivasi yang diisi oleh salah satu trainer dari salah satu universitas swasta di Jakarta. Trainer tersebut cukup cerdas (meski perlu sedikit “humble”) meramu materi dengan memadukan teknik antara audio dan visual yang dari referensi yang pernah aku baca secara teknis memang terbukti efektif mempengaruhi dan menambah daya ingat audiens. Hal ini pada saat itu juga terbukti dari antusiasme audiens untuk menyimak , berpartisipasi dalam beberapa simulasi yang diberikan serta asyiknya mereka mengikuti penjelasan sang trainer sehingga mereka cukup kecewa karena terasa sangat singkatnya waktu yang diberikan panitia.
Buat orang2 yang sudah pernah mengikuti acara2 seminar motivasi setara dengan Leadership Seminar nya Network 21, atau ESQ, atau Achievment Motivation Training yang sering diselenggarkan perusahaan besar, training tersebut gak istimewa2 amat sih. Materinya juga bukan hal yang baru bahkan sudah sering dijumpai pada acara sejenis. Tapi buat yang belum pernah ikutan seperti sebagian besar murid2 SMU tersebut ya memang menjadi pengalaman baru yang sangat menarik dan berkesan. Namun….yang jelas kali ini aku bukan menitikberatkan pada training itu sendiri tapi justru pada profesi orang yang memberi training tersebut yaitu “trainer motivasi”.

Teringat deh betapa aku dari kecil suka banget main sekolah-sekolahan dan pasti aku yang jadi gurunya. Terbayang pula waktu aku sudah mulai memberi les anak2 sekitar kompleks rumah ku sejak aku masih kuliah, dan terbayang pula betapa senangnya ketika aku diminta untuk mengajar di almamater ku tercinta “universitas Jayabaya” dan menjadikan itu sebagai hobby, profesi dan ladang rizki ku sampai saat ini. Mengajar menurut aku juga adalah trainer, karena kita melakukan hal yang kurang lebih sama yaitu memberikan atau membagikan ilmi yang kita punya kepada orang lain, meski tetap ada perbedaan dari berbagai sudut pandang.

Namun perkenalan ku dengan Network 21 membawa pengalaman batin tersendiri pada kehidupan, pribadi dan pekerjaan ku di episode-episode selanjutnya. (http://donnaimelda.multiply.com/journal/item/16/Kangen_Network_21_episode_2). membawa ku mengembara dari satu seminar ke seminar berikutnya, dari satu buku ke buku berikutnya, dari satu lingkungan ke lingkungan lainnya yang membuat aku terus tumbuh. Dengan motvasi yang tinggi dan pengembangan diri yang kontinyu dan selalu ke arah yang positif membuat segalanya terasa “smooth”.

Sering terpikir oleh aku betapa bersyukurnya aku melewati fase tersebut, tapi tak jarang pula terpikir oleh aku betapa banyaknya juga orang yang mungkin belum seberuntung aku mengenal hal ini, mengenal apa itu motivasi dan pengembangan diri. Ingin rasanya aku selalu membagi semangat itu, ingin rasanya membagi apa yang aku tahu, ingin dan ingin senatiasa berbagi.
Di lingkungan terbatas dengan identitas sebagai dosen tentunya aku punya cukup ruang untuk itu, di tengah keluarga yang mencintai aku aku juga selalu punya tempat tuk berbagi, tuk sahabat aku tak segan tuk memberi. Tapi diluar itu masih jauh lebih banyak yang belum tersentuh, padahal aku hasrat itu tak terbatas dan tak terbendung.

Terbayang lagi oleh aku tentang perempuan dan anak-anak, mungkin perempuan2 yang tidak sempat mengenyam pendidikan tinggi memerlukan ini, mungkin wanita2 dengan status sosial yang beragam namun tidak memiliki lingkungan yang memberikannya akses juga memerlukan, mungkin ibu rumah tangga yang memilki stigma “perempuan biasa” memerlukan hal ini agar mereka tahu mereka istimewa, bahkan orang2 yang sudah gak tahu lagi mo ngapain dalam hidup ini pun perlu. Apalagi anak2…, sejak dini mereka harus ditanamkan motivasi tuk melakukan banyak hal, bukan sejumlah larangan, aturan bahkan ancaman yang membuat kreatifitas mereka terkekang. Mereka harus termotivasi dan terus tumbuh. dan harus ada orang yang mau melakukan untuk mereka….!!

Aku……?1
Aku Mau….
Ini impian baruku ku…….

berapa banyak orang yang dapat kau sentuh mata batinnya…..
sehingga hidup mereka berubah dan penuh arti….

Bagaimana Dengan Anda….?!

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

Emakku Superhero

Ya, memang julukan yang mungkin terasa cukup aneh. Apalagi bunda sebenarnya memang gak punya mata ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge