Home » Review and Event » FAKTA JAKARTA, GRAND INDONESIA DAN HOTEL ASCOTT YANG STRATEGIS

FAKTA JAKARTA, GRAND INDONESIA DAN HOTEL ASCOTT YANG STRATEGIS

Hallo traveler! Meski Jakarta  identik dengan kita metropolitan yang padat, panas dan macet, namun tetap menjadi magnet banyak orang untuk datang ke Jakarta baik untuk kepentingan bisnis atau berlibur. Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu berniat untuk datang ke Jakarta? Apakah kamu sudah tahu fakta-fakta menarik mengenai Jakarta?

Ya…, tulisan kali ini aku ingin berbagi beberapa fakta menarik tentang Jakarta. Fakta yang pertama adalah soal pergantian nama. Dari penelusuran sejarah melalui internet, ternyata kota yang menjadi ibukota negara kita ini pernah mengganti namanya sebanyak 13 kali lho, banyak juga ya.  Di jaman pemerintahan Fatahillah saja terhitung sudah ada beberapa nama yang pernah disematkan untuk Jakarta seperti Sunda Kalapa dan Jayakarta.

Pada jaman pemerintahan Belanda, Jakarta juga pernah menadapatkan nama seperti Stad Batavia, Gemeente Batavia, dan Stad Gemeente Batavia.  Sedangkan pada jaman pemerintahan Jepang, Jakarta pernah mendapat nama Tokubetsu Shi. Setelah merdeka, maka pada tahun 1945, oleh pemerintah kota Jakarta diberi nama Pemerintah Nasional Kota Jakarta, namun pada masa pemerintahan Pre Federal berubah kembali menjadi Stad Gemeente Batavia.

Kemudian pada tahun 1950, nama Stad Gemeente Batavia berubah menjadi Kota Praja Jakarta. Pada tahun 1958 berganti lagi menjadi Kota Djakarta Raya. Lalu pada 31 Agustus 1964, dinyatakan sebagai Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan sebagai ibukota Negara Republik Indonesia dengan nama Jakarta. Dan  terakhir pada tahun 1999, melalui keputusan UU No.34, ditetapkan menjadi menjadi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan digunakan hingga saat ini.

Tidak hanya fakta mengenai penggantian nama kotanya saja traveler, ada beberapa fakta menarik lainnya yang bisa kamu ketahui mengenai kota ini, seperti fakta yang mengatakan bahwa Jakarta memiliki warga yang sangat aktif menggunakan social media terutama Facebook dan Twitter.

Menurut SocialBakers, situs yang mengkhususkan diri untuk soal statistik media sosial, Indonesia menempati peringkat ke-4 di dunia, dengan prosentase pengguna aktif mencapai hampir 20 persen dari total populasi. Dari angka tersebut, Forbes pada 30 Desember 2012 telah menobatkan Jakarta dan Bandung sebagai kota dengan pengguna Twitter terbesar nomor satu dan enam di dunia.  

Hal lain yang menarik adalah fakta yang mengatakan bahwa ikon dari kota Jakarta ini sebenarnya bukanlah Monas, padahal hampir semua orang yang mengenal Kota Jakarta seringkali menghubungkan kota metropolitan ini dengan keberadaan Tugu Monas. Hal ini yang kemudian memunculkan anekdot yang mengatakan bahwa tidak sah berkunjung ke Jakarta bila belum menginjakkan kaki di Monas. Padahal Monas adalah salah satu dari sekian banyak landmark kota di Jakarta dan bukan ikon kota Jakarta.

Traveloka Monas 1
Sumber gambar : Wikipedia.org

Menurut sejarah, pada tahun 1989 ikon Elang Bondol dan Buah Salak Condet sudah ditetapkan sebagai ikon Kota Jakarta. Hal ini disebabkan karena dahulunya di Jakarta banyak sekali terdapat Elang Bondol dan Salak Condet. Sayang sekali, seiring dengan perjalanan waktu, kondisi cuaca dan iklim Jakarta berubah sedikit demi sedikit dan akhirnya menjadi kota besar yang sarat bangunan bertingkat dan padat penduduknya. Elang Bondol dan Salak Condet pun mulai berkurang jumlahnya bahkan kini hanya dapat ditemukan di tempat-tempat tertentu saja.

Tentu saja masih banyak fakta menarik lainnya mengenai Jakarta yang mungkin ada sebagian orang belum mengetahuinya. Itu baru beberapa saja. Tapi tunggu dulu traveler! Tidak hanya itu saja pastinya, kota yang mendapat julukan “Metropolitan” ini juga  merupakan salah satu kota dengan jumlah Mall terbanyak. Dengan luas kota Jakarta sebesar 661 kilometer persegi terdapat kurang lebih 173 mall di bangun dan tersebar diseluruh kawasan Jakarta.

Traveloka GI 2

Pemandangan Grand Indonesia pada malam hari

Salah satu mall yang terkenal dan menjadi tujuan bersantai dan belanja di Jakarta adalah Grand Indonesia. Mall ini letaknya sangat strategis, berada persis di pusat kota dan bersebelahan dengan Hotel Indonesia Kempinsky yang dulunya merupakan hotel legendaris bernama Hotel Indonesia. Grand Indonesia menjadi istimewa bukan hanya  karena merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia namun mall ini juga masuk kedalam daftar mall besar di tingkat Asia.

Grand Indonesia merupakan Family Friendly Lifestyle Mall yang berkonsep untuk menyediakan seluruh kebutuhan keluarga dalam satu tempat. Ratusan brand-brand ternama ada di mall ini, baik dalam negeri maupun dari luar negeri. Salah satu major anchor yang telah menempati bagian mal Grand Indonesia adalah department store Jepang Seibu, department store Thailand Central dan bioskop dengan teknologi terkini CGV Blitz yang bekerja sama dengan perusahaan Korea. Selain itu terdapat pula sebuah galeri budaya dengan nama Galeri Indonesia Kaya (Wikipedia) 

Grand Indonesia terdiri dari tiga bagian: East MallWest Mall dan sebuah Skybridge yang menghubungkan kedua bagian tersebut. Skybridge tersedia di lantai 1, 2, 3, 3A, dan 5 dengan sebuah foodcourt berkonsep Food Louver yang berada di lantai 3. Grand Indonesia juga terdapat sebuah wahana Magic Fountain Show, tempat air mancur menari dan bernyanyi yang dipertunjukkan setiap hari dengan pertunjukan, musik, kebyaran warna warni lampu, dan tarian air mancur yang memanjakan mata pengunjung.

Bukan hanya urusan belanja, untuk urusan akomodasi pun Jakarta seolah menyajikan menu yang lengkap. Dari level penginapan sampai hotel berbintang lima, dari yang berkonsep traditional, modern hingga perpaduan antara keduanya. Nah traveler, salah satu hotel yang terdekat dengan Grand Indonesia adalah Hotel Ascott Jakarta yang letaknya hanya sejauh 0,33 km dari Grand Indonesia, atau 0,16 km dari Thamrin City, dan 11 km dari Bandara Halim Perdana Kusuma.

Traveloka Ascott 3

Bangunan Hotel Acott
Sumber gambar : Traveloka

Hotel mewah berkonsep Bali Modern ini akan menjadi fasilitas tambahan bagi mereka yang datang ke Jakarta baik untuk urusan bisnis maupun berlibur serta akan membuat nyaman karena lokasinya yang cukup strategis. Berlokasi di Jl. Kebon Kacangraya Nomor 2 , Jakarta Pusat. Selain lokasi yang strategis hotel ini juga dilengkapi dengan berbagai macama fasilitas hotel yang memadai. Seperti restoran, pusat kebugaran dan pelayanan lainnya yang menjadi nilai tambah bagi para tamu Hotel Ascott.

Traveloka ascott 4

Lobby Hotel Ascott, warna yang sepadan dan terkesan mewah
Sumber gambar : Traveloka

Traveloka Ascott 5

Restoran Hotel Ascott di dominasi oleh warna putih
Sumber gambar : Traveloka

Untuk traveler yang memang tertarik menginap di hotel dengan pertimbangan letaknya yang strategis dan menawarkan kenyamanan maksimal tentu saja tak sulit untuk memesan kamar di hotel ini. Travelers bisa langsung booking hotel melalui situs travel online seperti Traveloka. Traveler akan dimudahkan dengan informasi harga dan ketersediaan kamar ketika akan melakukan booking hotel, dan juga biasanya kalau di hari tertentu akan ada diskon khusus. Seru khan kalau ternyata traveler melakukan booking hotel disaat sedang diskon, bisa dapatkan hotel yang bagus dengan rate yang menarik.

Tak hanya untuk Ascott Hotel, di situs travel online Traveloka juga kita bisa mendapatkan berbagai pilihan hotel yang sesuai dengan kebutuhan traveler, baik dari urusan lokasi, budget hingga hotel dengan tema atau konsep khusus. Nah, Traveler! Itulah fakta mengenai Jakarta mulai dari sejarah penamaan, pergantian icon, banyaknya pusat perbelanjaan hingga hotel strategis yang menjadi fasilitas tambahan ketika mengunjungi Jakarta.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk datang ke Jakarta dan nikmati berbagai macam fasilitasnya!

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

Kulit Kering dan Tumit Pecah-pecah? Ternyata Gampang Mengatasinya!

Kulit kering dan tumit pecah-pecah itu bagi saya bukan hanya sekedar mengganggu penampilan namun juga mengganggu ...

6 comments

  1. Avatar

    Walaupun bukan orang jakarta, yg penting sudah pernah main sampai GI. haha.
    Aku belum pernah lho melancong ke jakarta selain urusan kerjaan dan ngemall. 😀

  2. Avatar

    Aku penasaran ama salak condet, apakah se yummy salak pondoh ????
    cumilebay recently posted…Santai Pledah – Pledeh di Le Pirate Nusa CeninganMy Profile

  3. Avatar

    Ulasan yang menarik, Mbak. Menambah wawasan 🙂

  4. Avatar

    baru tau aku kalo ikon kota jakarta itu salak condet sama burung elang… ke mana ya mereka sekarang?

  5. Avatar

    restonya kok bagusssss warna nominan cerah

  6. Avatar

    Keren memang daerah pusat. Suka sm air mancur menari di Bundaran HI. Kalau mlm terlihat lbh cantik .
    endang cippy recently posted…Stories For Rainy Days – Naela AliMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge