Tuesday, November 19, 2019
Home » Family and Parenting » Celengan cinta kasih Rani

Celengan cinta kasih Rani

Tadi siang pulang ke rumah sebentar sebelum kembali lagi ke kampus karena ngajar malam hari ini disambut oleh Rani. Ditangan kanan terdapat celengan “cinta kasih” dan di tangan kirinya beberapa lipatan uang seribuan. Dan dia mengatakan bahwa hari ini dia memasukkan seluruh uang jajan nya ke celengan cinta kasih itu dan dia mengeluarkannya seluruh isinya tuk menghitung berapa jumlah uang yang sudah dia kumpulkan.

Yang bikin sedikit terharu adalah dia juga mengatakan bahwa dia sudah siap menyerahkan langsung. Dia bilang gini:” ‘nda…uang nya dah banyak nih, tadi pagi aku dah tambahin pake uang jajan ku semua, kayaknya kita sudah bisa serahkan pada yang membutuhkan “. Buat aku uang itu jumlahnya belum seberapa karena memang celengan itu baru ada di rumah 2 minggu belakangan. Itupun door prize waktu seminar global warming kemarin (baca juga blog: jangan cuma peduli, lakukan sesuatu). tapi yang jelas aku senang plus bangga karena “goal” aku setelah ikut seminar tersebut adalah melakukan sesuatu yang dimulai dari diri sendiri dan lingkungan yang terdekat dengan kita. Dan hari ini goal itu tercapai…..

Filosofi yang aku tularkan kepada anak-anak adalah bukan berapa banyak jumlah uangnya tetapi berapa banyak frekuensi yang dilakukan untuk itu. Ada perbedaan yang nyata antara memasukkan 30.000 sebulan sekali dengan 30 kali dalam satu bulan walau masing2 hanya seribu rupiah. Artinya ada 30 cinta kasih yang diberikan pada bulan tersebut….

Dalam Islam aku mengenal istilah yang bisa kita gunakan sebagai analogi fenomena ini…. ” bukan kah amal yang baik itu adalah amalan yang kecil tapi lestari’. Semoga kita bisa terus melakukannya…..kecil tapi lestari…..

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

Emakku Superhero

Ya, memang julukan yang mungkin terasa cukup aneh. Apalagi bunda sebenarnya memang gak punya mata ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge