Saturday, November 16, 2019
Home » Inspiration, Opinion, and Self Development » Catatan kecil di Hari wisuda Mereka

Catatan kecil di Hari wisuda Mereka

Sempat melirik layar fesbuk sesaat setelah membuka mata pagi ini, terhenti di status seorang mahasiswa yang sedang bersiap menuju Panti Prajurit Balai Sudirman Jakarta pagi ini (halo niko…..serapih apa kamu pagi ini?). Fajar belum beranjak, langit masih gelap, mereka sudah rapi, tentu ada sesuatu yang sangat istimewa dalam hidup mereka, karena hari ini mereka akan di lantik sebagai sarjana dan ahli madya, gelar baru yang akan bertambah dibelakang nama mereka sebagai ganjaran kerja keras dan upaya mereka di kampus beberapa tahun terakhir. Namun karena aku terlalu sibuk menyiapkan makanan hari ini dan berupaya sepagi mungkin tuk tiba di Bogor membuatku tak sempat berlama-lama dengan urusan acara tersebut.
Sejenak mengambil nafas setiba di tujuan dan mengambil tempat di sebuah sudut perpustakaan pusat sebuah kampus terbesar di Bogor, aku jeda sejenak mengistirahatkan diri setelah kurang lebih satu setengah jam berkutat dengan riuh jalanan pagi hari sepanjang Cibubur-Dramaga dengan melirik layar ponsel, lalu check in melalui facebook dan tercekat di beberapa menit kemudian oleh sebuah komentar. “lho….ibu gak di Balai Sudirman?”, tanya seorang mantan mahasiswaku (hai heru…alumni kerenku…apa kabar?, thanks for comment). Honestly…gak tau mau jawab apa….
Lulus di tahun 1996, dan dilantik di JHCC, aku nyaris tak pernah absen setelahnya tuk selalu hadir di acara itu meski bukan aku yang diwisuda, bahkan sebelum kembali ke kampus sebagai tenaga edukatif pun, kami; aku dan suami masih menyempatkan diri tuk hadir menyaksikan teman2 atau adik2 yang akan dilantik sebagai wisudawan disana. Bahkan resmi sejak tahun 1999, selalu bertugas mendampingi para wisudawan wisudawati, baik sejak dulu pelantikan masih diselenggarakan di JHCC maupun di Balai Sudirman. Jadi bila hari ini aku tak berada disana, dan malah berada nun jauh di dramaga….rasa2nya, hhuufffhhh tak terkatakan dan tak mampu kujelaskan….rasanya emang “sesuatu banget” ya….. hehehehehe. (meniru gaya Syahrini).
Sedih ku bukan karena apa, tapi memang ada yg hilang rasanya disini saat aku membayangkan saat ini bila aku berada disana, berjalan melewati karpet tebal, senyum sana sini melihat mereka ganteng2 dan cantik2 sekali, dikenalkan pada orang tua mereka, lau merasakan sensasi yang selalu timbul saat bersama menyanyikan lagu Indonesia Raya, lalu saat menyaksikan prosesi guru besar berlalu dihadapan kami menuju mimbar dan diiringi Gaudeamus Igitur berkumandang ke seluruh ruangan…merinding rasanya.
Teringat pula saat pelantikan tiba, berada di garda terdepan memastikan seluruh wisudawan dipanggil, berdiri tepat berhadap-hadapan dengan mereka satu persatu di antrian menunggu namanya dipanggil, sambil memastikan tali topi toga mereka masih di sebelah kiri, memastikan toga mereka terpasang dengan benar, dan setelah acara pelantikan selesai menyalami mereka satu persatu, memeluk bbrp diantara mereka yang wanita, menepuk bahu mereka dan mengatakan “selamat ya …semoga sukses menyertai kalian”. Moment ini selalu sukses membuat ujung mata saya berair.
Oh betapa cepat waktu berlalu…teringat saat mereka baru masuk, dengan wajah2 remaja yang baru saja melepas seragam abu2, wajah2 takut di kerjain atau wajah2 malu karena digodain senior, lalu menjelma menjadi mahasiswa utuh dengan segudang aktifitas kampus, dan terakhir wajah2 dewasa “setengah matang” yang siap menantang dunia, mengejar impian2 mereka.
Skenario Tuhan mentakdirkan aku punya dua sisi buat mereka, sebagai kakak mereka karena aku pun dulu kuliah ditempat yang sama dengan mereka dan sebagai dosen mereka di kelas. Semua betul2 kenikmatan buat saya, suatu anugerah saya bisa melewatkan umur saya bersama mahasiswa2 saya, membagi apa yang saya punya dan tumbuh bersama mereka didalamnya. Bukan hanya mengajari namun tak jarang saya belajar dari kebersamaan dengan mereka. Setiap dari mereka unik, selalu ada yang menarik dan senang bisa melewati banyak hal bersama kegiatan2 mereka, bukan sekedar aktivitas dikelas namun juga diluar kampus yang selalu rasanya asik. Melewati malam inagurasi, cekakakan bareng, gitaran bareng dengan suara pas-pas penuh ke”fals”an, bercanda sepanjang jalan saat2 study ekskursi atau sekedar celetukan2 lucu di koridor kampus, menggoda beberapa diantara mereka. Semua terekam dengan baik dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam hidup saya.
Tentu saja apa yang kami berikan selama di kampus, mungkin belum cukup sebagai bekal kalian. Karena hidup memang senantiasa berproses selama kita masih ingin tetap tumbuh. Berat untuk mengatakan selamat jalan, namun kesuksesan kalian ada diluar sana. Menyebar lah ke segala penjuru bumi, beri apa yang kalian punya selama kuliah agar bermanfaat bukan hanya buat diri sendiri namun juga keluarga, orang2 yang kalian sayang dan bermanfaat pula bagi kehidupan orang lain. Saya bangga dengan kalian, sebagaimana sejatinya kita harus bangga menjadi milik bangsa.
Buat seluruh mahasiswa ku yang hari ini diwisuda….selamat !!
Bogor, disebuah sudut perpustakaan
20 Oktober 2011

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

Between Three Ends Plus and The Power of Content

Harus ada yang menyuarakannya! Kata-kata itu menusuk telak di jantung saya saat Kang Maman Suherman ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge