Home » Review and Event » Berdandan untuk kecantikan yang sesungguhnya

Berdandan untuk kecantikan yang sesungguhnya

Pernahkan anda membandingkan isi pouch kosmetik yang anda bawa sehari-hari dengan teman-teman anda? Termasuk golongan perempuan yang suka dandan atau tidakkah anda dibanding teman-teman anda? Apa makna kecantikan buat anda? Benarkah berdandan akan membuat anda terlihat cantik?

Membangkitkan Rasa Percaya Diri
Meski isi pouch kosmetik saya tak sebanyak teman wanita lainnya dan hanya berisi kosmetik standar seperti pelembab, alas bedak, bedak dan perona bibir, namun pada dasarnya saya memang suka dandan. Meski minimalis, senang rasanya melihat diri ini rapi, terlihat segar dan sedap dipandang mata saat dilihat. Berdandan buat saya pada dasarnya adalah sebuah upaya menciptakan rasa percaya diri sehinggga ringan melangkah kemana pun saya akan beraktivitas dan dengan siapa pun saya akan bertemu. Bukankah dengan penampilan yang rapi, kulit wajah yang segar dan sedap dipandang akan meningkatkan rasa percaya diri dan membuat interaksi dengan orang lain menjadi menyenangkan.

Untuk Diri Sendiri
Dengan pernyataan di atas maka berdandan juga pada dasarnya bukanlah agar cantik di mata orang lain namun justru untuk diri sendiri yang utama. Saya pernah membahas dalam sebuah diskusi ringan dengan seorang sahabat soal gaya rambut. Saat itu saya menyampaikan keinginan saya untuk mengecat warna rambut saya dan memangkasnya dengan model tertentu yang saya sedang taksir. Sahabat saya mengatakan, “untuk apa? Kamu khan menggunakan kerudung. Apapun model dan warna rambutmu, tak akan terlihat oleh orang lain?”

Saat itu saya menyampaikan pendapat saya sebagaimana saya tulis di atas, bahwa kita perlu berdandan, meski tak ada yang melihat. Karena kita perlu merasa cantik, punya rasa cinta pada diri yang menimbulkan rasa percaya diri. Perempuan yang memiliki rasa percaya diri pada akhirnya akan menemukan banyak potensi dan hal positif pada dirinya. Ia akan memiliki keberanian untuk bergaul dengan orang banyak, lalu memiliki networking yang luas dan pada akhirnya akan dapat menghasilkan banyak karya.

Kesehatan Kulit Wajah
Berdandan juga sebuah upaya untuk membuat wajah tetap sehat. Saya tentu saja tak rela bila kulit saya yang secara alamiah akan menua seiring dengan waktu ini terjadi lebih cepat. Tentu saya tidak bisa mengelak dari hukum alam tersebut. Namun bukan berarti kita tak perlu melindungi dan mempertahankan semampunya. Saya termasuk perempuan yang hanya sesekali masuk salon untuk merawat wajah. Namun sehari-hari minimal saya melindungi kulit wajah saya dengan menggunakan pelembab dan alas bedak. Malam hari saya memberi asupan gisi kulit dengan cream malam setelah membersihkannya dengan seksama.

Krim pelembab yang mengandung pelindung wajah dari sinar ultra violet akan melindungi kulit wajah saya dari kekeringan akibat cuaca dan sinar matahari. Begitu juga dengan alas bedak, akan melindungi kulit wajah agar debu tidak langsung menempel di wajah. Namun adakalanya saya malas dan akhirnya membuat wajah terlihat kusam, berjerawat dan tak jarang meninggalkan bekas noda jerawat di wajah.

Formulasi Tepat
Untuk mengatasi hal tersebut, maka mau tak mau ya harus rajin membersihkan wajah setiap pulang dari beraktivitas atau saat hendak tidur malam. Sedangkan untuk sehari-hari, setelah wajah dibersihkan, saya menggunakan pelembab untuk merawat dan melembabkan kulit wajah. Jenis kulit wajah saya adalah kombinasi. Cenderung kering namun berminyak di sekitar wilayah T. Untuk mengatasi hal ini,  saya memilih Zoya Cosmetics CC Cream Color Corrector, pelembab yang mengandung formula aqua base dan advanced moisture complex.

Formula Aqua Base mampu melembabkan kulit kering namun tak membuat kulit di wilayah T semakin berminyak dan kandungan advanced moisture complex memberikan efek lembut saat diaplikasikan ke wajah. Itulah mengapa setelah diaplikasikan di seluruh wajah secara tipis dan merata, akan membuat kulit terasa lebih lembab dan lebih fresh. Kosmetik ini juga mengandung radiant broad spectrum UV Protection sehingga kulit wajah aman dari paparan sinar ultra violet.

Say No to Paraben
Saya baru mengenal istilah paraben, namun ternyata hal ini sangat penting diketahui semua perempuan. Paraben adalah nama sekelompok zat kimia yang biasa digunakan sebagai pengawet bahan-bahan alami dalam kosmetik. Paraben ini bermasalah karena bisa menimbulkan alergi, berbagai masalah kulit, mengganggu hormon estrogen pada wanita dan ditengarai menjadi salah satu penyebab kanker payudara. Coba perhatikan kemasannya, bila ada senyawa-senyawa seperti dalam bentuk methylparaben, propylparaben, ethylparaben dan butylparaben, itu berarti kosmetika tersebut mengandung paraben.

Finishing Touch
Untuk riasan sehari-sehari saya memang menyukai dandanan seminimalis mungkin, namun kulit wajah harus terlihat sehat dan cerah. Zoya Cosmetics Blotting Powder cocok dengan selera dan jenis kulit wajah saya. Bedak padat yang unik ini dirancang untuk menyerap kelebihan minyak pada wajah tanpa menambahkan warna dan tekstur sehingga tampil cantik alami. Cocok banget khan dengan saya yang tetap ingin sederhana dalam riasan.

Bedak ini mengandung bahan alami sari pati jagung dan beras serta minyak mineral clay powder yang dapat mengontrol kelenjar minyak di wajah sehingga mampu mencegah membesarnya pori-pori di wajah. Selain itu bedak ini juga bisa digunakan sebagai cover untuk wajah berminyak dan membuat mencerahkan wajah. Nah, saya tak khawatir lagi deh dengan bagian T di wajah. Kening, hidung dan dagu saya akan terlihat lebih cerah dan bebas minyak.

Dan terakhir, sebagai pemanis saya tak pernah lupa dan rajin mengulaskan perona bibir agar wajah tak terlihat pucat. Saya lebih suka dengan jenis perona bibir dengan hasil akhir yang tidak mengkilap alias matte-look. Lebih sederhana dan rapi dibanding mengkilap dan basah yang menurut saya akan memberikan kesan sensual. Soal warna, saya lebih suka yang tak jauh dari warna alami bibir. Kalau di Zoya Ultramatte Lipstick saya suka warna-warna seperti Redwood atau Red Beet. Namun sesekali boleh juga dong pakai yang lebih cerah seperti merah muda Rosette.

Inner Beauty
Bagaimanapun berdandan hanyalah sebuah upaya untuk berbagai manfaat seperti di atas. Namun kecantikan yang sesungguhnya adalah kecantikan yang berasal dari dalam. Pulasan hanya sebagai finishing dan kemasan, namun intinya ada di attitude dan mind set. Di mata saya, perempuan yang cantik adalah perempuan yang memiliki attidude yang baik, dan perempuan yang seksi adalah perempuan yang smart. Perpaduan antara kecantikan sikap dan seksinya kecerdasan membentuk sosok perempuan dengan personality yang elegan, punya kharisma dan mendapat respek di lingkungannya.

So…, mari berdandan dan merawat wajah agar terlihat cantik dan sehat dalam riasan, lalu sempurnakan dengan kecantikan yang sesungguhnya dari dalam.

Yuuk, jadi perempuan cantik yang sesungguhnya.

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

Kulit Kering dan Tumit Pecah-pecah? Ternyata Gampang Mengatasinya!

Kulit kering dan tumit pecah-pecah itu bagi saya bukan hanya sekedar mengganggu penampilan namun juga mengganggu ...

5 comments

  1. Avatar

    sekali-sekali pakai pink gak masalah kok mbak, cantik

  2. Avatar

    waterbased itu penting banget buat kulit saya yang berminyak..
    Inayah recently posted…Oppo R7S Tahun Baru Gadget BaruMy Profile

  3. Avatar

    sesekali jd pengen dandan kak imelda

  4. Avatar

    Inner beauty seseorang akan melengkapi kecantikan fisik seseorang. I always believe that.

  5. Avatar

    Mbak Donna, cantiiik..suka foto-fotonya, bagus-bagus mbak…
    Dewi Rieka recently posted…Anisa Febriyanti, Penulis Cilik dari Kabupaten SemarangMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge