Home » Review and Event » Zen Rooms Cikini: Cara Baru Menikmati Lenggok Jakarta di Sudut Old Batavia
P_20160511_092915

Zen Rooms Cikini: Cara Baru Menikmati Lenggok Jakarta di Sudut Old Batavia

Sungguh sebuah perkara yang gampang-gampang susah ketika disodorkan pertanyaan mau diajak ke mana saat kedatangan tamu di Jakarta dari luar kota dengan waktu yang dimiliki hanya 28 jam saja. Tentu saja yang kerkelebat dalam benak saya adalah, sesuatu yang Jakarta banget. Tapi apa yang Jakarta banget itu? Lalu menginap di mana ya enaknya?

Terlintas dalam benak saya yang pertama adalah Monas, disusul dengan Kota Tua, Ancol dan Perkampungan Betawi Setu Babakan. Lalu teringat Kerak Telor, Laksa, Selendang Mayang dan Bir Pletok. Namun pertanyaan lanjutannya adalah, mau menginap di mana? Masih pengen yang Jakarta banget? Dan jawabannya, kalau bisa sih sekalian, biar satu tema. Terus jalan-jalannya pake Kebaya Encim ala None Jakarta hahaha. Gak ding, gak gitu-gitu amat.

Tapi soal menginap, menarik juga rasanya mencari tempat menginap yang bernuansa Jakarta dan berada di tengah kota metropolitan. Pertimbangannya adalah, agar bisa merasakan atmosfer Jakarta yang sesungguhnya dan dekat dengan obyek-obyek wisata di Jakarta. Apalagi di Jakarta, transportasi umum seperti Bus TransJakarta dan CommuterLine telah tersedia dan dapat diakses dengan mudah. Mau kemana-mana menjadi mudah. Lalu mulailah saya berburu tempat menginap.

P_20160511_090525

Penasaran dengan nama Zen Rooms yang akhir-akhir ini hilir mudik di lini masa, saya pun mencoba masuk ke situs ini untuk melihat-lihat tempat yang asik untuk menginap. Saya pikir tadinya Zen Rooms adalah nama sebuah jaringan hotel. Namun ketika saya mencoba mengintip lebih jauh situsnya, barulah saya tahu bahwa Zen Rooms adalah sebuah situs pemesanan hotel atau lebih tepatnya Virtual Hotel Operator (VHO) yang menghubungkan pejalan dengan hotel-hotel budget di jaringannya.

Ketika saya masuk ke dalam menu pemesanan di mana saya ingin tinggal, ternyata pilihan kota dan negaranya cukup banyak. Tak hanya di 7 kota besar di Indonesia seperti Bali, Bandung, Batam, Bogor, Jakarta dan Surabaya serta Yogyakarta, namun juga ada di berbagai negara seperti Brazil, Bangkok, Hongkong, Malaysia, Filipina, Sri Lanka, Singapore, dan Thailand. Tak kurang dari 43 hotel di Jakarta, 150 hotel di Bali dan puluhan hotel di negara-negara tersebut. Wow… untuk hitungan VHO yang umurnya baru hitungan bulan, ini sih keren.

P60510-204848

Ketika saya memasukkan Kota Jakarta sebagai pilihan tempat yang akan ditinggali, saya bisa menyaring informasi sesuai dengan kamar yang saya butuhkan, misal dari range harga, lokasi tempat menginap dan pilihan jenis kamar, apakah kamar premium atau kamar biasa. Dari situ kita bisa melihat gambar kamar-kamar yang tersedia, dilengkapi dengan informasi lokasi dan peta lokasi hotel, fasilitas pendukung, jumlah kamar yang tersedia, serta harga dan besarnya diskon.

Proses pemesanan sangat mudah dan cepat karena menu yang dibuat sangat sederhana dan mudah dipahami. Tinggal masukkan data lokasi dan tanggal menginap, memilih kamar, dan melakukan pembayaran. Harga yang tertera lebih murah 20% s.d 40% dari harga di luar dan sudah harga final, jadi saya gak pusing memikirkan tambahan biaya. Pembayaran pemesanan kamar pun praktis, bisa menggunakan atm atau kartu kredit. Sederhana banget. Kalau pun bingung, customer service selalu siap membantu.

P60510-222417

Satu hal yang menjadi catatan saya untuk Zen Rooms adalah akurasi gambar di situs mereka. Zen Rooms berani menjamin bahwa foto yang ditampilkan di situs sangat akurat dengan kondisi di lapangan. Hal ini berbeda dengan situs-situs pemesanan hotel lain yang beberapa kali membuat saya kecewa karena kondisi kamar yang saya dapatkan tak seperti foto kamar yang ditampilkan di situs mereka. Dan hal ini terbukti saat saya menginap di Zen Rooms Cikini, kamar yang saya tempati sama persis dengan foto yang ditampilkan.

Meski berpartner dengan hotel-hotel budget dan hotel berbintang 2-3, namun Zen Rooms memiliki kriteria standar kenyamanan yang cukup tinggi buat tamu-tamunya. Jadi jangan khawatir dengan kondisi kamar yang kita pesan. Zen Rooms menjamin bahwa kebutuhan standard minimum kenyamanan terpenuhi di setiap kamar yang disediakan,setidaknya harus memenuhi 5 kriteria utama yaitu, wifi gratis, tempat tidur yang nyaman, kamar yang bersih, televisi layar datar, pendingin udara dan kamar mandi di dalam.

Hal ini benar-benar menjadi concern Zen Rooms buat pelanggannya. Dan untuk hal ini, mereka melakukan audit secara berkala untuk kamar-kamar yang dialokasikan khusus untuk tamu Zen Rooms. Jadi kamar manapun yang kita pilih, kita akan mendapatkan kamar yang telah lolos audit oleh tim Zen Rooms dan secara reguler diperiksa agar kualitasnya tetap terjaga.

Saya memilih Zen Rooms di Old Batavia di daerah Cikini sesuai dengan keinginan saya di awal untuk menyajikan nuansa Jakarta buat tamu saya dari Semarang. Hotel ini sebenarnya adalah hotel backpacker yang mengusung tema Betawi tempo dulu yang memiliki kamar privat selain kamar yang berbentuk dormitory. Saya suka dengan lokasinya yang di tengah kota, dekat dengan Stasiun Cikini, dan obyek-obyek wisata sejarah dan kuliner legendaris di Jakarta seperti Metropole, Gedong Juang, Taman Surapati di Menteng dan lain-lain.

P60510-211824

Saya sempat pesimis saat menuju hotel tersebut. Kebetulan memang sudah malam, dan letak hotel yang diapit ruko-ruko sekitar Jalan Cikini Raya yang sudah tutup membuat jalan menuju hotel terlihat lengang. Namun ternyata sesampainya di hotel, kami di sambut dengan ramah oleh petugas resepsionis. Tamu-tamu yang menginap mayoritas adalah tamu asing, bisa mencapai hingga 90%. Khusus untuk tamu yang memesan lewat Zen Rooms diberikan satu pouch kecil yang berisi amenities berlogo Zen Rooms.

Kamar yang kami tempati sangat nyaman, dan persis sama dengan yang kami lihat di internet. Bahkan untuk ruang-ruang seperti ruang duduk, lobby, pantry, jauh dirasakan lebih baik dan nyaman dari foto yang ditampilkan. Seluruh bagian hotel ini bersih dan rapih, suasananya juga tenang dan kondusif. Minuman hangat tersedia secara gratis setiap saat asal cuci sendiri gelas yang digunakan. Begitu juga saat sarapan, biasanya berupa buah dan roti. Tapi jangan lupa cuci sendiri piring makannya ya. Namanya juga hotel backpacker.

Malam itu kami tidur larut malam, karena asik berbincang dan bercanda di ruang duduk dengan televisi besar dan kursi santai yang empuk. Benar-benar seperti di rumah sendiri. Alhasil, saking lelapnya kami tidur malam itu, rencana untuk melihat sunrise di pelabuhan Sunda Kelapa pun tinggal wacana. Tak apa… biar menjadi alasan untuk kembali bersama menikmati lenggok Jakarta di Zen Rooms lainnya nanti.

Travel More…

Pay Less!

P60510-222645

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

IMG20170405103421

Forward Your Dreams: Catatan dari Peluncuran Brand Promises CIMB Niaga

Memiliki impian ternyata bukanlah hal sederhana bagi orang dewasa. Di masa kanak-kanak kita sangat mudah ...

24 comments

  1. Ini berarti situs/aplikasi buat pesen hotel budget ya? Baru denger ada zen room 🙂

  2. di Medan belum ada ya Zen Rooms. asik juga ya kalau bisa nginap di hotel yang sesuai dengan ekspektasi kita. seringnya sih malah lebih rendah dari ekspektasi karena ketipu fotonya hehhehee

  3. kayaknya bagus aplikasinya…nanti saya coba,,,makasih banyak infonya

  4. maakasih infonya, asyik juga ya bisa pesan denagn sangat mudah

  5. Suasana setiap spot jakarta banget
    smoga kpn2 bisa kesini salam sehat dan semangat

  6. makasih infonya, nanti aku coba aplikasinya mbak pas jalan2 lagi soalnya aku biasa pake booking.com kalo booking hotel/hostel

  7. Hmmm.. Aplikasi yg muncul semakin memudahkan kita…

    Penasaran juga..kapan2 order via zenrooms
    Kornelius ginting recently posted…Nasi Jamblang Ibu Nur Khas CirebonMy Profile

  8. Baru tau kalau ada aplikasi namanya zenrooms. Ntar coba dowlnoad deh pas ada agenda travelling. Thank you buat sharing nya mbak

  9. mau juga aah pesen lewat aplikasi zenroom. semakin banyak aplikasi booking hotel semakin kita menjadi lebih mudah. traveling jadi semakin asyik ya. makasih sharingnya.

  10. Hihi si mba Tari bahagia bener ekspresinya
    Inayah recently posted…Waspada Tindakan Kriminal di Pesta PernikahanMy Profile

  11. Memberi kemudahan banget ya, Mbak, aplikasi-aplikasi seperti ini. Apalagi kalau di Jakarta, meski gampang cari hotel, kadang suka ga sesuai dengan budget dan ekspektasi.
    Ipeh alena recently posted…Belajar Optimasi Blog dari Blogger BalikpapanMy Profile

  12. Jadi penasaran nyobain booking room pake ini deh :3
    Timo recently posted…Belajar sejarah sambil jalan – jalan di Jakarta walking tour rute MentengMy Profile

  13. Horeeeeee potoku nampang di marih 🙂

    Emang yaaa hotel kita keceeeeh. Cocok buat semedi sambil ngobrol2 ketjeeeh.

    Sampai jumpa lain kesempatan 🙂

  14. Harga per malamnya berapa itu, Bun nginep di ZenRoom Cikini?
    Kelihatannya bersih yaa, dan tempatnya vintage.. 😀
    Dee – @HEYDEERAHMA recently posted…Menginap di Bandara Changi. Why Not?My Profile

  15. Berapaan ini yah nginap semalam di ZenRoom Cikini?
    Aku suka deh tempatnya bergaya vintage gitu.. Dan kelihatannya bersih yaa..
    Next time bisa dicoba nih 🙂
    Dee – @HEYDEERAHMA recently posted…Pengalaman Menyetir Mobil di SingapuraMy Profile

  16. huwaa aku juga suka old batavia hotel, pernah nginep dua hari di room dormitory yg Tjikini 😛
    Btw kak, ini kalo pesannya lewat Zen Rooms dapet amenity dari Zen roomsnya ya? kalo old batavianya ga ada kan soalnya 🙂 *aaaakk mauu*
    Meidi recently posted…The Old Clare Hotel – when heritage building has a new soulMy Profile

  17. wah saya baru tahu ada zen rooms …
    thanks infonya mba .. layak dicoba nih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge