Home » Review and Event » Tanda Tangan Digital itu Penting Banget lho, Yuk… bikin segera!
IMG20161206092603

Tanda Tangan Digital itu Penting Banget lho, Yuk… bikin segera!

Sebagai orang awam yang tidak melek-melek amat soal teknologi informasi, bayangan saya tentang Tanda Tangan Digital hanyalah berupa tanda tangan yang disimpan secara digital atau virtual dalam bentuk image seperti yang selama ini saya gunakan. Bila ada dokumen yang harus ditandantangani secara virtual maka image tanda tangan tersebut akan saya copy paste ke dokumen sebelum dikirimkan dengan menggunakan internet. Namun benarkah begitu yang dimaksud dengan Tanda Tangan Digital?

IMG20161206092615

Ternyata apa yang saya bayangkan tentang tanda tangan virtual itu jauh berbeda dengan Tanda Tangan digital yang saat ini sedang gencar disosialisasikan oleh Kominfo sebulan terakhir ini. Informasi ini saya dapatkan saat menghadiri sosialisasinya di Depok 6 Desember 2016 kemarin. Nah sebagian besar dari kita pasti paham dengan tanda tangan manual atau sering juga disebut dengan tanda tangan basah. Tanda tangan dibubuhkan di atas dokumen sebagai tanda persetujuan sebuah transaksi atau validasi sebuah arsip. Nah dengan berkembangnya teknologi yang memungkinkan terjadinya transaksi atau pengiriman arsip dan dokumen melalui internet membuat tanda tangan secara digital dibutuhkan untuk menggantikan proses verifikasi dokumen secara manual.

Dengan adanya Tanda Tangan Digital ini maka kelak sebuah dokumen tanpa kertas atau dokumen digital bisa menjadi legal meski tak dicetak dan ditandatangani di atas kertas. Tanda Tangan Digital dapat menandatangani dokumen PDF dengan menggunakan Adobe Reader DC Sehingga kita dapat membuat dokumen legal digital, tanpa harus menggunakan kertas karena proses otentifikasi sudah dpindahkan dalam format digital. Tanda Tangan Digital ini dapat memberikan kekuatan hukum dan akibat hukum yang sah pada dokumen elektronik dan transaksi elektronik sebagaimana yang tercantum pada pasal 11 UU ITE. Nah…kedudukannya kuat bukan?

Jadi saya dan teman-teman yang sering menggunakan internet dan melakukan transaksi elektronik nantinya tak perlu repot-repot lagi meng-copypaste tanda tangan manual ke dokumen digital karena telah memiliki Tanda Tangan Dgital yang tersertifikasi agar keamanannya terjamin dan dapat disalahgunakan oleh orang lain seperti yang terjadi sekarang ini. Setiap pemilik Tanda Tangan Digital akan memiliki sertifikat digital sebagai bukti pemilik sah Tanda Tangan Digital. Sertifikat digital dikeluarkan oleh CA atau Certification Authority yaitu adalah lembaga yang menerbitkan sertifikat digital, menandatangani sertifikat untuk memverifikasi validitasnya dan melacak sertifikat yang telah dicabut atau kedaluwarsa. CA juga lah yang nantinya akan mengambil peran yang berhak menentukan identitas digital dan akan mengisi.

Nantinya Tanda Tangan Digital juga dapat digunakan untuk login dan bertransaksi di banyak aplikasi baik eGovernment, eBanking, eCommerce, dan eServices lainnya seperti yang sudah dilakukan oleh negara-negara maju. Di Indonesi mungkin masih membutuhkan waktu yang lama karena memang saat ini belum ada aplikasi yang siap menggunakan sertifikat digital ini. Nah, menurut sumber resmi Kominfo, aplikasi yang dapat menggunakan sertifikat digital saat ini sedang dalam proses pembuatan oleh layanan publik dan diharapkan pada tahun 2017 segera dapat digunakan. Semoga ya kita doakan.

IMG20161206093719

Lalu bagaimana Proses Pembuatannya?

Berbagai panduan mengenai Tanda Tangan Digital ini baik pendaftaran, pembuatan Tanda Tangan Digital, import ke dalam sistem windows dan penggunaannya di berbagai aplikasi misal MS. Office atau pdf dan email, bisa diunduh pada link ini http://www.sivion.id/downloads/sivionManual.pdf. Di www.sivion.id segala informasi disajikan lengkap dan mudah dicerna dengan bantuan infografis dan video. Bagi anda yang ingin punya Sertifikat Digital untuk dapat membuat Tanda Tangan Digital pada dokumen PDF dan aplikasi online, silahkan klik tombol pendaftaran di sebelah kiri atas website tersebut dengan memasukkan e-mail address sebagai persyaratan penerbitan Sertifikat e-mail.

Dengan memiliki sertifikat Tanda Tangan Digital maka berbagai transaksi secara elektronik bisa dilakukan tanpa harus menghadirkan sang pemilik tanda tangan atau tanpa harus melalui proses tatap muka untuk memverifikasi. Sangat mudah dan efisien. Namun tentu saja saat pembuatan Tanda Tangan Digital tetap harus ada proses tatap muka untuk verifikasi pembuat Tanda Tangan Digital. Prosesnya sederhana, anda mendaftar di www,sivion.id dan memasukkan beberapa data yang diperlukan.

Lalu anda akan mendapat password melalui email untuk proses verifikasi dengan bertemu dan menunjukkan tanda pengenal yang sah. Pemohon nantinya akan mendapat tautan melalu pesan email untuk dibuka, memasukkan username dan password untuk mengimport Tanda Tangan Digital anda ke dalam desktop atau gadget anda. Hati-hati jangan sampai username dan password anda diketahui orang lain karena berpotensi untuk disalahgunakan. Kalau hilang maka anda bisa melaporkan untuk diambil langkah kemananan lebih lanjut.

IMG20161206104108

Nah, nggak susah khan membuat Tanda Tangan Digital dan tak harus menguasi bahasa koding dan atau berbagai urusan format digital penerbitannya karena bagi pengguna seperti saya esensinya adalah membuat, menggunakannya dan menjaga keamanannya. Dan mendadak saya merasa beruntung manjadi bagian 1000 orang pertama yang memiliki Tanda Tangan Digital di Indonesia.

Menggunakannya juga sederhana kok, kita tinggal memilih dokumen mana yang akan kita tanda tangani, lalu menandatanganinya secara digital. Menandatangani surat perjanjian juga bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Pilih dokumen yang harus ditandatangani, klik file lalu lihat di bagian bawah, pilih Signature, masukan PIN, klik tandatangan, kirim deh lewat email. Aman, cepat, mudah dan efisien serta mengurangi penggunaan kertas secara signifikan.

Nah tunggu apalagi,

yuk buruan bikin Tanda Tangan Digital.

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

IMG20170405103421

Forward Your Dreams: Catatan dari Peluncuran Brand Promises CIMB Niaga

Memiliki impian ternyata bukanlah hal sederhana bagi orang dewasa. Di masa kanak-kanak kita sangat mudah ...

9 comments

  1. Baru tahu. Membayangkannya masih agak sedikit ribet? mungkin krn blm familiar ya…..

  2. Ini acaranya sempat diadakan di Palembang, sayang gak bisa ikutan 🙁 tabrakan sama apaa gitu.
    Haryadi Yansyah | Omnduut.com recently posted…Sensasi Menginap di Kettuvallam Sembari Menyusuri Sungai Pampa di IndiaMy Profile

  3. gara2 temen blogger pada campaighn ini…aku jadi tahu
    Inayah recently posted…Lawang Salapan Ikon Baru Kota BogorMy Profile

  4. aku udah bikin dong mbak/
    cocok banget buat (setengah) travel blogger kayak aku 🙂

  5. Br tahuu infonya hahaha
    Izin share ya..

  6. jujur kak.. ini sebenarnya ngeri2 sedap.. uang udah digital, lalu sekarang semua data pribadi ada digital.. tambah lagi tanda tangan digital? hiks..

    antara senang sama miris lalu ngeri kak 🙁

  7. Sekarang apa aja udah digital ya.. Malik praktis dan less paper 🙂

  8. Sekarang apa aja udah digital ya.. Makin praktis dan less paper 🙂
    Dee – @HEYDEERAHMA recently posted…Lebih Sehat Mana, AC atau Kipas Angin?My Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge