Home » Review and Event » Sun Life Resolution Run 2019 dan Resolusi Hidup Lebih Sehat

Sun Life Resolution Run 2019 dan Resolusi Hidup Lebih Sehat

Awal tahun memang akrab sekali dengan kata resolusi, banyak orang mengambil momen taun baru untuk melakukan hal-hal baru atau hal-hal yang sebelumnya tidak dilakukan untuk bisa mendapatkan kehidupan baru yang lebih berkualitas. Begitu juga saya, awal tahun 2019 jadi terasa lebih bersemangat dengan membuat daftar resolusi baik untuk kehidupan saya sebagai pribadi maupun sebagai bagian dari keluarga dan masyarakat, diantaranya adalah ingin hidup lebih sehat dengan memaksa diri untuk memulai olahraga.

Bicara olahraga, saya memang selalu kalah tekad, kalah dengan rasa malas. Akhirnya ya gini deh, di usia kepala empat saya mulai harus awas dengan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh saya. Angkanya sempat tinggi dan disarankan dokter untuk memperbaiki pola makan dan olahraga. Untuk saran yang pertama sih saya lakukan, namun untuk saran yang kedua ini nih, duh…, kok ya susah banget sih untuk menggerakkan tubuh dan berolahraga meski hanya beberapa menit saja.

Beruntung tanggal 17 Januari 2019 kemarin, , saya menghadiri press conference untuk kegiatan Sun Life Resolution Run 2019 yang bertempat di gedung FX Sudirman. Kegiatan ini adalah sebuah kompetisi lari yang akan digelar pada hari Minggu, 20 Januari 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan. Pada saat press conference ini dilakukan, tercatat ada 1500 peserta dari berbagai usia yang akan berpartisipasi pada ajang yang digelar setiap tahunnya oleh Sun Life Financial Indonesia.

Sun Life Financial merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan beragam produk asuransi, serta solusi pengelolaan kekayaan dan aset, baik untuk individu maupun korporasi. Sun Life Financial telah beroperasi di sejumlah pasar utama di seluruh dunia, yaitu Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hong Kong, Filipina, Jepang, Indonesia, India, Cina, Australia, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Bermuda. Per 31 Desember 2017, Sun Life Financial memiliki total aset kelolaan sebesar CDN 975 miliar.

DSC05861

Ada yang menarik dari kegiatan ini, ternyata Sun Life Resolution Run 2019 ini bukanlah sekadar kompetisi lari biasa. Kegiatan ini menjadi bagian dari kampanye regional perusahaan yang bertajuk Live Healthier Lives, yang mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk mulai menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Nah istimewanya, tahun ini kampanye untuk hidup lebih sehat juga mengajak pesertanya untuk ambil bagian dalam gerakan kolektif untuk melawan diabetes. Karena, seluruh biaya pendaftaran yang dibayarkan peserta, akan didonasikan untuk mendukung edukasi dan peningkatan kualitas hidup para penderita diabetes di Indonesia. Keren khan?

Ada fakta yang mengejutkan yang disampaikan saat press conference yang menggugah pemikirian saya.  Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia menyampaikan bahwa hasil riset Sun Life Financial Asia Health Index menemukan bahwa profesional muda di Asia saat ini terancam masuk dalam kategori ‘Generasi O’ – yang terlalu banyak bekerja (overworked), banyak makan tidak sehat (overeating) dan hidup makin kewalahan (overwhelmed). Ngeri banget ya! Jangan-jangan saya juga termasuk golongan yang ini. Hmm… sepertinya iya. Hiks!

The Sun Life Financial Asia Health Index merupakan riset berkala yang mengupas mengenai tren-tren kesehatan di kawasan Asia, dengan mengambil sampel sekitar 4.000 orang yang tinggal di Asia, berusia antara 25 hingga 60 tahun dan merupakan masyarakat kelas menengah yang tinggal di Cina daratan, Hong Kong, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapore, Thailand serta Vietnam yang diwawancarai secara online seputar perilaku mereka terkait kesehatan dan pola hidup aktif, segala hal yang menjadi kekhawatiran dan hal-hal yang menuntut perlunya perhatian mereka di masa depan, serta harapan-harapan mereka terkait akses layanan kesehatan.

Senada dengan hal tersebut, Dr. Grace Joselini, selaku Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018 menjelaskan, “Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terhadap beberapa penyakit, meningkatkan kondisi kesehatan, serta kualitas hidup secara menyeluruh. Nah yang kurang gerak kayak saya gini harus segera berbenah, meski angka berat badan tubuh saya jauh dari angka obesitas namun saya harus mengakui bahwa gaya hidup saya tidak sehat, kurang gerak dan sama sekali tidak pernah berolahraga.

DSC05878

Menurut Dr. Grace, sebagai langkah awal, olahraga mendasar seperti lari dapat dijadikan pilihan yang tepat. Karena jika dilakukan secara rutin, dengan intensitas sedang hingga tinggi (3-5 kali per minggu), olahraga lari dapat membantu mencegah obesitas, meningkatkan kebugaran tubuh, hingga akhirnya berdampak pada peningkatan produktivitas. Nah, momentum yang pas banget khan untuk memulai resolusi hidup yang lebih sehat.

Tapi jangan sekedar resolusi ala-ala lho, Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia mengatakan juga bahwa resolusi itu lebih dari sekadar komitmen, ini tentang bagaimana kita melakukan aksi nyata, itulah mengapa Sun Life Resolution Run merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Sun Life di 5 negara di Asia yaitu Filipina, Hong Kong, Malaysia, Indonesia dan Vietnam. Di Indonesia, ini adalah kali pertama ‘Sun Life Resolution Run’ digelar, dan akan hadir dalam 3 kategori lomba: 5K, 10K dan Family Run 1.5K.

Oh ya, selain melibatkan masyarakat umum, turut berpartisipasi pada kegiatan ini, dua public figure yang juga terus mengampanyekan pentingnya hidup sehat, dan telah rutin melakukan aktivitas olahraga lari yaitu  Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono. Bersama Sun Life, keduanya terlibat aktif menggaungkan semangat ‘Live Healthier Lives’, untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat yang lebih sehat.

Nama-nama yang disebutkan di atas, yang menjadi narasumber pada acara press conference kemarin memberi banyak pemikiran buat saya untuk benar-benar concern memperbaiki kualitas hidup dan kesehatan saya. Setelah mendengarkan pemaparan mereka, terutama dari Dr. Grace dan dua pelari nasional yang hadir, ternyata olahraga lari tak serumit atau tak seberat yang saya perkirakan.

Mereka bertiga bicara dengan informasi yang kurang lebih sama bahwa dalam olahraga lari yang penting adalah kita dapat mengukur kemampuan tubuh kita dan melakukan persiapan yang matang sebelum lari. Bukan hanya urusan fisik tapi juga pemilihan pakaian dan sepatu yang tepat serta waktu atau kondisi suhu yang ideal untuk melakukan olahraga lari. Bahkan secara garis besar, kita juga diberitahukan bagaimana mengatur asupan makanan yang sesuai untuk mereka yang memilih olahraga lari.

Nah, gak ada alasan khan untuk mewujudkan resolusi 2019 untuk hidup lebih sehat?

DSC05856

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

Sebarkan Berita Baik, Stop Hoax dan Ujaran Kebencian

Hoax dan ujaran kebencian. Kalau Bisa Sebarkan Berita Baik, Mengapa Harus Sebarkan Hoax dan Ujaran ...

4 comments

  1. Avatar

    Bener banget kak,,, lagi berusaha nih mewujudkannya resolusi utk lbih sehat intinya dah mulai jln cepat setiap pg atau sore Ada manfaatnya sih jd gk cpt lelah, trs prbanyk makan buah

  2. Avatar

    Wah bagus juga ya acaranya mention soal olahraga lari, kayanya memang banyak orang kurang olahraga ya sekarang bukan kurang gerak

  3. Avatar

    kesehatan itu sangat penting maka nya diawal tahun baru 2019 pun saya mempunyai resolusi untuk hidup lebih sehat, baik dari pola makan maupun lebih sering untuk berolahraga
    Hanni Handayani recently posted…Awali Tahun Baru 2019 Untuk Hidup Sehat Dengan Mengikuti Sun Life Resolution RunMy Profile

  4. Avatar

    Menjaga kesehatan itu penting banget pastinya mbak. BTw, smg acara spt ini masyarakat lebih teredukasi untuk lebih menjaga kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge