Home » Review and Event » Sun Life Edufair: Merencanakan Pendidikan Anak di Era Digital
12647058_10153465904796359_1724552793839572923_n_2

Sun Life Edufair: Merencanakan Pendidikan Anak di Era Digital

Urusan sekolah adalah nomer satu! Hal itu yang seringkali disampaikan ayah dan ibu kepada saya untuk menanamkan betapa pentingnya pendidikan dalam kehidupan kami. Begitu juga ketika saya berkeluarga dan menjadi ibu, urusan sekolah bukan perkara yang sepele. Sun Life Edufair yang saya hadiri ada tanggal 29 Januari 2016 kemarin seolah mengingatkan kembali tentang hal ini, tentang bagaimana agar orangtua mampu memberikan pendidikan yang layak untuk anak-anaknya, termasuk di dalamnya membiayai pendidikan mereka.

Suasana Main Atrium Senayan City, Jakarta pada 28 – 31 Januari 2016 kemarin terlihat sangat ceria. Berbagai booth diatur mengitari ruang dengan warna kuning dan warna-warna cerah lainnya mendominasi area terbuka di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta ini. Selama 4 hari, P.T. Sun Life Financial Indonesia menggelar acara Sun Life Edufair, yaitu sebuah pameran pendidikan yang mempertemukan sekolah-sekolah, para pakar pendidikan, orang tua dan anak-anak yang dikemas dengan sangat menarik, menyenangkan dan edukatif.

Acara gratis yang dibuka untuk umum ini bertujuan untuk mengedukasi para orang tua akan pentingnya mempersiapkan pendidikan anak mereka sejak dini. Dalam acara ini juga orang tua dapat menggali lebih jauh tentang cara, tips berupa saran-saran melalui acara bincang-bincang bersama para pakar dan diskusi interaktif antara anak, orang tua, sekolah dengan Sun Life. Wah, kesempatan ini benar-benar saya manfaatkan untuk menggali sebanyak mungkin informasi yang tersedia.

Sambil menunggu talk show dimulai, saya sengaja berkeliling menyambangi satu persatu booth yang ada, terutama booth dari sekolah-sekolah yang berpartisipasi untuk melihat profilnya. Sebagai ibu dari dua orang putri, saya ingin tahu banyak bagaimana sebuah sekolah menyelenggarakan pendidikan dengan kurikulum terbaik untuk siswa didiknya. Lumayan, saya jadi tahu banyak apa saja yang menjadi concern pendidikan saat ini dan ke depannya. Saya juga jadi tahu bahwa di era digital seperti sekarang ini, tak cukup hanya kecerdasan akademis tapi juga harus didukung dengan kecerdasan-kecerdasan lainnya.

Itulah mengapa saya menemukan banyak hal menarik seputar penyelenggaraan pendidikan sekarang di edufair ini. Sekolah-sekolah mendesain pembelajaran dengan menambah banyak muatan lokal yang mendukung kualitas mutu lulusannya. Ada yang menyelenggarakan dengan dua bahasa, ada yang memasukkan unsur multikultural, ada yang menekankan pada latihan dan praktek langsung, bahkan ada yang menjadikan art atau seni sebagai nilai tambah dalam program-program pendidikan mereka. Jaman sekarang, sekolah dan belajar tak lagi melulu buku dan tak melulu duduk di atas bangku.

Namun tentu saja, semua dari kita tentunya menyadari bahwa kualitas pendidikan tak lepas dari kelengkapan fasilitas dan program yang tersedia dan ini tentu saja berhubungan langsung terhadap biaya pendidikan. Melihat kenyataan biaya pendidikan yang terus meningkat, Sun Life yang sangat peduli akan masalah ini ingin membantu para orang tua untuk dapat merencanakan biaya pendidikan anak-anak mereka dengan lebih baik dengan memposisikan diri sebagai mitra bagi para orang tua dalam merencanakan pendidikan anak-anak mereka di masa depan.

Pada pembukaan Sun Life Edufair 2016, pakar pendidikan Prof. Dr. H. Arif Rahman, M.Pd, berbicara mengenai pentingnya menyiapkan perencanaan keuangan untuk pendidikan anak-anak. Data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) untuk tahun 2014, menunjukkan biaya pendidikan di Indonesia mengalami kenaikan 10% per tahun. Naiknya biaya pendidikan masih menjadi masalah besar bagi orang tua, selain kualitas pendidikan saat ini yang dirasa masih harus ditingkatkan. Jadi untuk mengatasi hal ini para orang tua harus mempunyai perencanaan untuk pendidikan anak-anaknya, terutama dana pendidikan.

Terkait dengan hal ini, Elin Waty, Direktur Utama Sun Life Financial Indonesia mengatakan bahwa Sun Life Edufair adalah salah satu bukti komitmen Sun Life untuk pendidikan di Indonesia yang #lebih baik.

“Pendidikan selalu menjadi fokus dalam kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan kami. Pada awal tahun ini, Sun Life memberikan bantuan kepada tiga sekolah dasar di Surabaya untuk memperbaiki fasilitas sekolah mereka. Dan pada hari ini Sun Life terus berkontribusi dengan memberikan fasilitas pendidikan kepada Yayasan Pendidikan Anak Cacat (YPAC) dan Sekolah Master – sekolah untuk anak jalanan di Depok, Jawa Barat.”

Selain berbagai booth, acara ini juga menghadirkan berbagai pertunjukan seperti musik, tari, kesenian bela diri dari siswa-siswi berbagai sekolah. Dan yang juga tak kalah menarik, selama pameran ini berlangsung, setiap harinya dihadirkan acara talk show atau diskusi interaktif dengan tema yang berbeda-beda, yaitu Cara mendidik Anak di Era Digital pada tanggal 29 Januari 2016, Cara Menjadi Sahabat Terbaik Bagi Anak pada tanggal 30 Januari 2016, dan Cara Mengetahui Potensi Anak di hari terakhir pada tanggal 31 Januari 2016.

Saya kebetulan hadir pada Jumat, 29 Januari 2016 dan mengikuti talk show yang menghadirkan psikolog Tika Bisono dan Evelyn Simanjuntak selaku Head of Partnership Distribution PT Sun Life Financial Indonesia sebagai narasumber. Tema yang mengangkat persoalan cara mendidik anak di era digital ini dibawakan oleh Tika Bisono dengan santai namun seru. Sesekali kami tergelitik oleh pernyataan-pernyataan beliau bahwa perilaku ketergantungan anak-anak terhadap perangkat digital atau gawai ternyata sebagian besar ditularkan dari perilaku atau kebiasaan yang salah orang tua mereka, duh!.

Perkembangan teknologi yang begitu cepat tak dipungkiri memberikan dampak yang cukup besar terhadap perkembangan anak-anak kita. Kalau dahulu anak-anak lebih banyak melakukan aktivitas fisik seperti bermain, berlari, main petak umpet, serta main boneka atau mobil-mobilan bersama teman-teman seusianya, sekarang anak-anak lebih banyak bermain dengan gawainya saja. Banyak ditemukan kasus bahwa anak-anak balita sekarag sudah banyak yang kecanduan bermain dengan gawai dan pada akhirnya interaksi dengan teman-temannya jauh berkurang, bahkan dengan orangtuanya. Anak sulit bersosialisasi.

Keberadaan gawai di era digital tak selalu membawa dampak buruk, namun tentu saja memiliki dampak positif juga. Semakin canggih teknologi, maka semakin banyak permasalahan dan pekerjaan manusia yang bisa diselesaikan dengan cara yang lebih praktis dan mudah. Namun diperlukan kearifan dan kontrol terhadap penggunaannya. Orang tua harus memberi contoh terlebih dahulu, melakukan self control baru bisa memberikan pengertian kepada anak untuk tetap aman menggunakan gawainya. Jangan karena asik dengan dunianya atau tak mau repot dengan kerewelan anak, lalu gawai menjadi alat untuk meredamnya.

Bila digunakan dengan tepat, banyak sekali informasi yang para ibu bisa gali di dunia digital untuk membantu kita mendampingi proses tumbuh kembang anak. Ilmu-ilmu parenting tersaji begitu luasnya, dari resep masakan hingga masalah kesehatan, dari urusan karir hingga masalah keuangan. Sun Life juga punya lho website yang disediakan untuk orang tua mengakses banyak informasi tentang keuangan, kesehatan, keluarga dan karir di Brighter Life. Di sini juga kita bisa belajar mengelola dan merencanakan keuangan, termasuk merencanakan dana pendidikan anak-anak.

Nah, nggak bingung lagi khan bagaimana menyiapkan dana pendidikan untuk anak-anak kita. Yuuk kunjungi  Sun Life Financial Indonesia untuk informasi lebih lanjut.
Selamat merencanakan pendidikan sang buah hati, moms…

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

#Zakat360 donnaimelda

#ZAKAT360 Buka Belenggu Kemiskinan, Ubah Menjadi Keberdayaan

Sejenak langkah terhenti menatap bentangan lahan subur nan menghijau tertutup hamparan sayuran segar yang tumbuh ...

4 comments

  1. Bener banget Mbak Donna. Merencanakan pendidikan memang penting banget biar nantinya tidak ada miss antara hitungan dengan kenyataan di lapangan. Sunlife kerennya ikut menambah bekal orang tua untum persiapan ini.
    Dani recently posted…Review Film The Revenant: Perjuangan Seorang Ayah yang MenyentuhMy Profile

  2. Acara edufair kemarin memang bagus. Selain juga bisa mengisi quality time bersama Naeema, juga reminder buat aku yang masih belajar jadi orangtua ini ?. Semoga program bagus kaya gini bisa diadakan lagi tahun depan.
    Desy Yusnita recently posted…Merencanakan Masa Depan Si Kecil di Sunlife Edufair 2016My Profile

  3. sudahkewajiban orang tua memberikan pendidikan yang tepat untuk anak-anaknya ya mbak
    Lidya Fitrian recently posted…Cerita Lezat Ayam Bakar Bumbu Bali Heat & EatMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge