Thursday, November 23, 2017
Home » Inspiration, Opinion, and Self Development » Serba-Serbi Memilih Pakaian
Photo credit @nicholasdianto
Photo credit @nicholasdianto

Serba-Serbi Memilih Pakaian

Cara saya sehari-hari berpakaian seperti celana jeans, t-shirt dan penutup kepala dengan tenun ikat sebagai pemanis, mungkin telah menjadi ciri khas saya di mata sebagian orang. Gaya berbusana seperti ini kadang membuat saya dianggap sebagai seseorang yang cenderung maskulin dibanding feminin. Padahal sesungguhnya alasan simpel dan praktislah di balik itu.

Bahkan untuk busana traveling, sesekali saya bisa saja menanggalkan celana panjang kanvas bersaku banyak dan jeans, lalu menggantinya dengan rok panjang atau bahkan gamis. Sebagaimana wanita pada umumnya,saya toh masih ingin terlihat cantik dan anggun. Sesekali saya menggunakan rok lebar atau gaun panjang plus sepatu pantovel dengan hak setinggi 3-5 cm agar tubuh saya yang sudah tinggi ini tidak terlihat semakin menjulang.

Saya tak terlalu rumit dengan membuat batasan busana seperti apa yang saya gunakan. Karena saya berbusana muslimah, selama unsur menutupi seluruh tubuh sebagaimana yang disyaratkan sebagai busana muslim terpenuhi, dan tidak membuat saya aneh pasti saya pakai. Kuncinya sih adalah pandai-pandai memilih busana yang sesuai dengan situasi atau kondisi saat hadir di sebuah kumpulan atau di suatu acara, jangan sampai terlihat saltum alias salah kostum. Namun secara umum, ada beberapa faktor yang biasanya saya perhatikan dalam memilih pakaian antara lain model, bahan, corak dan harga.

  • MODEL

Untuk pakaian kerja atau mengajar saya lebih suka menggunakan kemeja, blus atau blazer yang dipadankan dengan celana panjang atau atau rok lebar. Saya memang tidak terlalu percaya diri menggunakan terusan karena merasa tubuh saya jadi terlihat panjang. Dalam berbagai kesempatan, saya hampir selalu memilih pakaian yang terdiri dari 2 pieces, di acara yang lebih santai atau traveling saya memilih atasan berupa kaos atau t-shirt. Dengan dua potong pakaian di tubuh saya seperti ini, mampu memotong garis tubuh saya agar tidak terlalu terlihat menjulang atau bagai kacang panjang.

  • CORAK

Sejujurnya saya tak punya pilihan khusus atau corak favorit, bahkan yang tak bermotif pun saya suka. Bahan polos justru mudah dipadu padankan dengan kerudung yang bercorak atau bermotif sehingga lebih mudah di mix and match. Namun memang, dibanding corak grafis atau abstrak, saya lebih suka corak floral dan atau berbagai motif batik. Lebih dari 50% blus yang saya miliki bercorak batik, apalagi sekarang batik tidak lagi identik dengan pakaian resmi atau sebatas kain, namun juga telah dimodifikasi dengan berbagai corak dan model. Bisa multi fungsi jadinya, bisa dipakai di acara-acara semi formal juga yang bertemakan santai casual.

  • WARNA

Nah, saya pribadi senang dengan warna merah, namun tidak fanatik sehingga melulu warna merah yang mendominasi pakaian saya. Namun untuk sehari-hari saya lebih memilih warna-warna yang tidak mencolok dan terlalu mengundang perhatian, misalnya biru, merah muda, abu-abu, hitam dan putih. Uniknya saya punya dua orang teman yang fanatik dengan warna tertentu. Teman yang satu begitu suka dengan warna hitam, sementara teman lainnya suka sekali dengan warna putih yang kemudian membuat mereka berdua saya jumpai selalu menggunakan pakaian dengan warna tersebut. Saya sampai berseloroh, jangan-jangan semua hingga pakaian dalam dan pakaian tidur mereka pun menggunakan warna tersebut hehehe.

  • BAHAN

Bahan yang adem, menyerap keringat dan tidak mudah kusut sudah seperti syarat wajib. Aktivitas belasan jam di luar rumah menuntut penggunaan bahan yang tetap nyaman dipakai seharian dan tetap rapi. Saya tidak terlalu suka bahan kaos atau bahan yang terlau lembut sehingga terlalu jatuh di badan dan memperlihatkan bentuk tubuh. Untuk wanita yang menggunakan busana muslimah harus agak hati-hati menggunakan bahan ini, karena sering sekali saya menjumpai perempuan bergaun panjang menutup seluruh tubuhnya namun lekuk-lekuk tubuh terlihat nyata karena sifat bahan pakaian yang demikian.

  • HARGA

Mahal atau murah itu sangat relatif. Biasanya terkait dengan kegunaannya. Kalau memang pakaian tersebut digunakan untuk acara-acara tertentu yang istimewa atau spesial, biasanya budget yang dianggarkan juga agak spesial. Namun untuk pakaian kerja atau sehari-hari tentu saja budget yang dianggarkan lebih kecil asal tetap memenuhi kriteria wajib yaitu bahannya harus adem, menyerap keringat dan tidak gampang kusut.

Nah begitulah serba-serbi saya memilih pakaian. Dahulu sih kalau belanja pakaian saya harus meluangkan waktu khusus untuk mengunjungi pusat perbelanjaan atau departemen store. Tapi kini, dunia digital sudah sedemikian rupa menjadi bagian hidup, sehingga untuk membeli pakaian saya lebih suka berbelanja online seperti di Zalora. Kalau dulu saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk keliling mall, kini dengan duduk di rumah saya bisa asik membuka situs penjualan online, melihat-lihat koleksi busana muslim salah satu merek yang saya suka, Zalia.

Kegiatan berbelanja pakaian online ini bisa menghemat banyak hal, dari waktu, tenaga hingga biaya dan menjadi solusi bagi perempuan seperti saya yang waktunya terkadang sudah dihabiskan untuk urusan rumah, mengajar dan liputan. Hal ini juga menghemat juga dari sisi biaya, karena saya tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi ke  mall namun tetap bisa menikmati kolesi pakaian dengan harga diskon.  So, urusan memilih dan berbelanja pakaian makin terasa mudah.

Yuuuk, kita belanja… bentar lagi lebaran hehehe

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

IMG20170624114433

[Resensi Buku] JAVASIESTA 17/17 – Indri Juwono

Perjalanan dengan seorang teman juga menjadi kendali pada diri sendiri. Bisakah tetap dengan karakter sendiri, ...

12 comments

  1. Model-model dalam busana Zalia ini sepertinya gue banget. Saya menggunakan tunik agar bisa menutupi beberapa kekurangan tubuh bagian bawah. Busana kan fungsinya untuk memperbaiki penampilan, zalia ini cocok untuk referensi 🙂
    Evi recently posted…(Review) Sukun Bali CottagesMy Profile

  2. Krn aku tipe org yg gampang keringetan, makanya dlm memilih pakaian, si ‘bahan’ yg nyaman jd prioritas nomor 1, br modelnya wkwk ..
    Timothy W Pawiro recently posted…9 hal tentang Big Bad Wolf Book Sale JakartaMy Profile

  3. Denim itu gw bangedt! As long as mix & match dengan denim looks good on me, that I go for it !
    Ratna recently posted…Sudut Unik Grand Palace BangkokMy Profile

  4. Lebih memilih pakaian yang nggak ribet, cuma belum nemu yang pas saja buat tubuhku yang mini, hehehe
    Nefertite Fatriyanti recently posted…Fiva Food, Produk Olahan yang Halal dan SehatMy Profile

  5. mauya yg bagus, murah dan awet 🙂
    Lidya Fitrian recently posted…Optimalkan Penggunaan Ponsel di Samsung Experience StoreMy Profile

  6. kalo aku sih yang penting nyaman dan harganya terjangkau mbak, terutama untuk kepentingan traveling yg mudah dicuci, gak perlu di setrika dan bisa digulung masuk ransel
    Pink Traveler recently posted…Dusun Bambu, Tempat Makan Yang Membuat Jomblo Jadi BaperMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge