Home » Review and Event » Apartemen Sebagai Hunian Ideal Untuk Keluarga
integrated-facilities

Apartemen Sebagai Hunian Ideal Untuk Keluarga

Apartemen sebagai alternatif hunian ideal keluarga kini bukanlah hal yang asing lagi buat sebagian besar masyarakat perkotaan. Ada beberapa hal yang menarik dari apartemen sehingga kini menjadi pilihan tempat tinggal bukan hanya bagi kaum urban modern atau yang masih lajang sebagaimana anggapan terdahulu, namun juga merupakan alternatif rumah tinggal yang menyenangkan buat sebuah keluarga selain rumah tapak.

Memilih Tempat Tinggal

Saya jadi ingat masa-masa di awal pernikahan kami ketika urusan memilih tempat tinggal menjadi urusan yang tak kalah pelik dengan pernikahan itu sendiri. Saat itu tinggal di apartemen untuk keluarga belumlah sepopuler sekarang, saya dan suami belum mengetahui benar mengenai bahwa tinggal di apartemen juga merupakan pilihan ideal untuk sebuah hunian keluarga, juga merupakan tempat tinggal yang baik bagi keluarga dan tumbuh kembang anak-anak kami kelak. Sehingga kami pikiran kami hanya terpusat pada bagaimana cara memiliki rumah biasa.

Faktor lokasi dan harga rumah keluarga yang ingin kami beli tentu saja menjadi kriteria terpenting yang harus dipikirkan saat itu. Namun untuk memenuhi dua kriteria ini saja saya dan suami cukup kerepotan untuk menentukan pilihan. Inginnya kami tentu saja bisa mendapatkan rumah tinggal di lokasi yang strategis, dekat dengan tempat-tempat di mana kami beraktivitas sehari-hari dengan harga yang terjangkau kantong kami saat itu. Namun ternyata kenyataan yang kami hadapi di lapangan tak seperti itu. Beberapa pilihan rumah yang kami sukai saat itu berada di lokasi yang strategis namun tidak menawarkan harga jual yang sesuai dengan dana yang kami miliki.

Pilihan sulit ada di tangan kami saat itu, akan memilih rumah dengan lokasi dekat dengan tempat kerja namun dengan harga lebih mahal atau membeli di lokasi di pinggiran Jakarta namun dengan harga yang lebih sesuai dana yang kami miliki. Pilihan kedua ini yang akhirnya dipilih, kami akhirnya membeli rumah di lokasi yang cukup jauh dari pusat kota Jakarta dan tempat bekerja demi mendapatkan rumah dengan luas tanah yang lumayan. Pertimbangan utama memilih seperti itu memang alasannya adalah keluarga, dalam pikiran kami, memiliki rumah yang luas pasti lebih nyaman dan lebih lega untuk anak-anak kami kelak dan keluarga besar kami nantinya.

Lokasi Sebagai Kriteria Utama

Ternyata keputusan kami tidak terlalu tepat, meski rumah kami cukup luas, anak-anak bisa leluasa bermain di dalam rumah maupun di halaman, kami bisa menanam beberapa pohon yang bisa kami nikmati buahnya, namun kami pada akhirnya tak cukup punyak banyak waktu untuk menikmatinya. Sebagai pasangan bekerja dengan tempat kerja yang jauh dari rumah membuat kami harus meninggalkan rumah ketika anak-anak belum bangun dari tidur mereka, saat matahari belum lagi tinggi dan baru kembali lagi saat hari sudah gelap. Kebersamaan dengan anak-anak tersita oleh waktu yang harus kami alokasikan untuk perjalanan pergi dan pulang antara kantor dan rumah seiring mereka terus tumbuh besar.

Masalah semakin pelik ketika beberapa kali asisten rumah tangga mengundurkan diri, sementara anak-anak jelang memasuki usia sekolah. Belum apa-apa saya sudah stress memikirkan bagaimana mengatur waktu antara urusan kantor, rumah dan sekolah anak-anak. Bagi kami semua adalah prioritas namun letaknya berjauhan satu sama lain, sementara waktu yang saya miliki sangat terbatas. Dari situ saya belajar bahwa ternyata yang paling saya butuhkan dari sebuah tempat tinggal adalah lokasi yang tepat bukan rumah yang luas namun lokasi yang tepat. Akhirnya kami pun menjual rumah yang kami tempati selama 8 tahun lalu pindah ke rumah yang dekat dengan tempat saya bekerja dan dekat dengan sekolah anak-anak hingga saat ini.

Apartemen Sebagai Alternatif Hunian Keluarga

Kebutuhan memang berkembang seiring dengan perkembangan manusia itu sendiri. Begitu juga dengan keluarga kecil kami, anak-anak kini sudah memasuki jenjang sekolah menengah atas, sebentar lagi kuliah. Saya pun telah menekuni profesi lain sebagai travel writer dan relawan yang lebih banyak berada di luar rumah, bukan lagi pekerja kantoran yang sepenuhnya berada di kantor nine to five dan bila sedang tidak liputan di luar kota,kegiatan saya sebagian besar berpusat di sekitar jantung kota Jakarta. Kebutuhan akan hunian ideal juga mulai berkembang seiring dinamika kehidupan kami sekeluarga, kami mulai melirik apartemen sebagai alternatif hunian yang ideal untuk keluarga kecil kami.

Semua berawal ketika kami beberapa kali menyewa apartemen untuk tempat tinggal selama liburan. Kami merasa nyaman tinggal sementara di apartemen. Ketika perasaan ini saya sampaikan pada keluarga, mereka ternyata merasakan hal yang sama. Saya pikir itu karena kami masih dalam suasana liburan dan sekadar terbawa suasana. Namun ketika perasaan yang sama berulang kami rasakan dan kami mulai tertarik mampir ke pameran property untuk mempelajari lebih lanjut konsep hunian apartemen, kami mulai yakin bahwa apartemen juga merupakan tempat tinggal yang cocok buat dinamika keluarga kami.

Apartemen memiliki kriteria kami tentang sebuah tempat tinggal yaitu berada di lokasi yang strategis, mudah diakses, transportasinya mudah, dan lingkungannya aman. Nah, tambahan lainnya kami inginkan suasana lain di hunian baru yang tak terlalu besar, desainnya compact dan efisien, modern untuk keluarga kecil kami, serta dilengkapi dengan fasilitas yang membuat kami tak harus keluar jauh-jauh untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kami tentunya juga menginginkan tempat tinggal yang nyaman yang membuat kami selalu rindu untuk pulang dan berkumpul. Karena bagi kami, home is family. Pulang itu artinya berada bersama keluarga, orang-orang yang kita sayangi.

Jatuh cinta pada apartemen

Kesempatan untuk melihat lebih lanjut datang ketika saya datang ke Apartemen Permata Hijau Suites yang berlokasi di Jakarta tak jauh dari kawasan Permata Hijau dan Senayan. Permata Hijau Suites adalah komplek apartemen yang saat ini proses pembangunannya masih berlangsung dan rencananya akan selesai pada tahun 2019. Meski proses pembangunan apartemen itu sendiri masih berlangsung di lokasi tersebut, saya bisa melihat-lihat unit-unit contoh yang ada di sana. Menarik, karena dengan demikian saya bisa membayangkan seperti apa apartemen tersebut bila sudah selesai dan siap dihuni.

Saya langsung jatuh hati ketika melihat unit contoh di Apartemen Permata Hijau Suites, baik unit yang memiliki dua kamar tidur maupun yang tiga kamar tidur yang cocok untuk keluarga. Penataan ruangnya begitu kompak dan efisien di satu lantai sehingga seluruh anggota keluarga bisa berinteraksi tanpa sekat. Ini menjadi sesuatu yang menarik buat kami, maklumlah, di rumah kami yang sekarang yang terdiri dari dua lantai, anak-anak makin besar dan kami sama-sama sibuk sehingga seringkali tanpa sadar membuat kami “terpisah” satu sama lain. Masing-masing punya ruang favorit di lantai yang berbeda dan asik dengan kegiatannya masing-masing dan membuat kebersamaan menjadi berkurang.

Dengan penataan ruang unit apartemen di mana seluruh ruang ditempatkan dalam satu lantai membuat interaksi antar anggota keluarga akan lebih dekat. Apalagi saya pada dasarnya adalah perempuan rumahan sekali. Jadi ketika saya berada di rumah, saya bisa betah sekali menikmati rumah sambil melakukan kegiatan-kegiatan yang saya senangi atau sekedar menikmati me time dengan membaca atau menikmati film-film favorit. Penataan yang demikian juga memungkinkan saya tetap bisa fokus menulis di ruang kerja sambil sesekali melirik mesra pak suami di ruang keluarga atau menyiapkan makanan kecil teman nonton televisi di pantry sambil berbincang seru dengan anak-anak tentang pengalaman mereka seharian tadi. Ah, impian saya banget deh yang begini, keluarga yang tetap mesra dan hangat sepanjang usia.

Fasilitas lengkap, keamanan terjamin, kemana-mana dekat.
Fasilitas lengkap, keamanan terjamin, kemana-mana dekat.

Melihat lebih jauh di website resmi Permata Hijau Suites di www.permatahijausuites.com, saya membayangkan sebuah konsep hunian yang berkualitas dan harmonis. Kemana-mana menjadi dekat bila tinggal di Permata Hijau Suites. Saya tidak perlu berangkat terlalu awal ke bandara bila ada tugas liputan di luar Jakarta. Tak perlu berlama-lama di dalam kendaraan karena macet dan jauh bila harus menghadiri suatu acara atau undangan. Fasilitas pendukungnya lengkap. Gak perlu keluar jauh dari apartemen untuk olahraga dan berbelanja kebutuhan sehari-hari. Kerja di rumah pun bisa lebih maksimal karena waktu yang biasa terbuang untuk perjalanan bisa digunakan untuk bekerja dan berkumpul bersama keluarga di rumah, sungguh #NyataDekatnya khan.

Jadi bagi saya konsep hunian yang nyaman itu lebih mengerucut saat ini. Rumah adalah keluarga, orbit terdalam bagi para penghuninya, tempat pertama yang menjadi tujuan untuk pulang sejauh apapaun mereka pergi. Tempat tinggal yang nyaman itu bukan berarti memiliki rumah yang luas, apartemen dengan penataan ruang yang efisien untuk setiap anggota keluarga bersama dan berinteraksi dengan hangat itu sudah sangat ideal buat saya. Hunian yang berada di lokasi yang #NyataDekatnya adalah kriteria terpenting sehingga saya bisa mengoptimalkan waktu yang saya miliki untuk pekerjaan dan hobby tanpa harus mengorbankan waktu bersama keluarga apalagi didukung fasilitas yang lengkap dan keamanan yang terjamin.

So..., Tinggal di apartemen bersama keluarga?
Why not?!

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

_DSC3138

Berkenalan dengan Hunian Kolektif Humanis di Vida Festival 2017

Kemeriahan sebuah festival sudah terasa saat kendaraan kami memasuki boulevard lebar dua jalur di perumahan ...

10 comments

  1. Apt. Permata Hijau Suites memang hunian yg pas untuk yang beraktivitas di seputar jakarta spt kita ini ya mba.

  2. Aku aja emang kepengen banget tinggal di apartement. Selain fasilitasnya oke, biasanya lokasinya lebih strategis dan keamanannya terjaga, mba

  3. Makin lama makin kepingin tinggal di apartemen dengan segala fasilitas dan kemudahannya. Duh, semoga impian ini bisa tercapai. Aamiin…

  4. Koq sama sih mba pemikirannya sama aku, kayanya jaman aku awal
    Berkeluarga dulu apartement itu pilihan yang ga akan mashk wishlist ku deh karena mahal.

    Tapi ternyata sekarang lokasi dan fasitas jadi prioritas juga. Jadi apartement mulai dipikirin masuk kedalam list deh hehehe.

  5. bener bangettt mbak donna. apartemen sekarang bisa jadi alternatif untuk tempat tinggal. kelebihan apartemen yaa di lokasinya itu, iasnaya di pusat kota. di saat rumah tapak tak memungkinkan dibangun atau dibeli di sana, yaa apartemen solusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge