Thursday, November 23, 2017
Home » Review and Event » Pentingnya Perencanaan Pendidikan dan Memilih Sekolah yang Baik Buat Anak
_DSC4119

Pentingnya Perencanaan Pendidikan dan Memilih Sekolah yang Baik Buat Anak

Menghadiri pameran pendidikan itu bagai menemukan oase yang mengobati dahaga jiwa. Kebayang khan bahagianya ada di acara yang mempertemukan saya dengan 25 sekolah terbaik di Jabodetabek, pakar pendidikan dan ahli keuangan di Sun Life Edufair 2017 yang diselenggarakan di Kota Kasablanka, Jakarta tanggal 20-22 Oktober 2017 kemarin.

Sebagai seorang ibu sekaligus tenaga edukatif di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta, bagi saya dunia pendidikan dan anak-anak Indonesia adalah dua hal yang tak terpisahkan dalam hidup. Selalu ada hal menarik dan baru yang bisa ditemukan dalam terkait hal tersebut, termasuk saat menghadiri pameran pendidikan di Sun Life Edufair 2017 Kota Kasablanka beberapa hari yang lalu. Sun Life Edufair 2017 merupakan pameran pendidikan yang diselenggarakan setiap tahun, dan yang ini adalah untuk yang kedua kalinya dilaksanakan dimana acara ini adalah kesempatan untuk mempertemukan sekolah dasar terbaik, pakar pendidikan, psikolog, orang tua dan anak-anak.

Saat melihat e-banner acara ini untuk pertama kali saja saya sudah jatuh hati. Acara Sun Life Edufair 2017 karena dikemas dalam format fun, happy dan tentu saja edukatif serta menghadirkan muatan-muatan berkualitas terkait dengan pendidikan anak-anak di tingkat sekolah dasar seperti #GenerasiLebihBaik competition, parentingtalk show,  kidsworkshop,  school performance, celebrity performance dan brighter talent yang merupakan kompetisi anak-anak berbakat. Saya terpukau dengan penampilan anak-anak ini di atas panggung. Semua menampilkan bakat-bakat mereka yang luar biasa,  baik dari menari, menyanyi, paduan suara, bermusik, balet,  hingga stand up comedy. Saya sampai berkali-kali merinding dan terharu bangga melihat kehebatan mereka.

Tentu saja ada andil yang besar dari keluarga dan sekolah untuk menghasilkan anak-anak yang luar biasa ini. Itulah mengapa memilih sekolah sama pentingnya dengan pendidikan itu sendiri. Sehingga orangtua harus cermat memilih sekolah yang baik bagi putra-putrinya. Meski semua orang tua tentu saja menginginkan pendidikan yang terbaik buat anak-anaknya, namun kita juga semua tahu bahwa untuk mendapatkan pendidikan yang bagus itu linear dengan besarnya dana yang harus dikeluarkan. Sehingga selain urusan memilih sekolah, menyiapkan dana pendidikan akhirnya menjadi sesuatu yang tak kalah penting untuk dipikirkan setiap orang tua.

Beruntungnya saya bisa hadir dan bisa belajar serta mendapatkan informasi dari pihak-pihak yang dapat dipercaya di Sun Life Edufair 2017. Kita bisa menggali informasi dari sekolah-sekolah yang dihadirkan, bagaimana mereka mendesain kurikulum dan sistem pembelajaran terbaik untuk anak-anak didik mereka. Tak tanggung-tanggung,  ada 25 sekolah terbaik di Jabodetabek yang dihadirkan yang terdiri dari 20 sekolah formal dan 5 sekolah non formal yang membantu mengembangkan potensi anak seperti sekolah musik, seni, fotografi, jurnalistik, hingga robotik.

Mata dan pikir saya terbuka lebar hari itu. Menyimak parenting talkshow bersama dua orang hebat yaitu Psikolog Anak Kak Seto dan Mbak Shierly Ge selaku Chief Marketing OfficerPT Sun Life Financial Indonesia yang mengingatkan saya kembali tentang pentingnya dua aspek di atas. Kak Seto sebagai psikolog, pakar pendidikan dan parenting dalam paparannya yang bertema Motivasi Guru dan Sekolah untuk Kesuksesan Pendidikan generasi #lebihbaik, sangat mengedepankan satu hal yang sangat penting yaitu bagaimana Mendidik dengan Cinta. Apa yang dimaksud Kak Seto mendidik dengan cinta sempat saya simak beberapa poin penting diantaranya yaitu:

  • Semua anak itu CERDAS! Namun yang harus disadari orang tua dan guru bahwa cerdas itu spektrumnya luas. Ada cerdas matematika, cerdas menari, cerdas bernyanyi, cerdas mengaji, cerdas masak, cerdas olahraga. Dalam Multiple Intelligences dikenal 8 kecerdasan, yaitu cerdas angka, cerdas kata, cerdas gambar, cerdas musik, cerdas gerak, cerdas teman, cerdas diri, dan cerdas alam. Kenali kecerdasan ini dalam diri anak, agar pendidik bisa mendidik dengan tepat dan anak-anak dengan diri mereka sendiri.
  • Bahwa belajar adalah hak setiap anak namun proses belajar itu sendiri haruslah menyenangkan sehingga anak-anak memiliki motivasi yang tinggi saat belajar. Pilih sekolah yang ramah anak bukan yang justru membuat  anak merasa tertekan di sekolah apalagi sampai terjadi kekerasan disekolah. Hal ini sama sekali tidak boleh dibiarkan.
  • Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam mengajar anak, seperti dengan cara mendongeng, menggambar atau bermain sulap supaya anak merasa gembira dalam belajar. Jadi para pendidik pun harus kreatif dalam mendidik dan mengajar. elajar harus dengan suasana yang menyenangkan bukan melulu menjejalkan materi yang berat  atau terlalu padat dalam belajar.
  • Komunikasi adalah hal yang penting, orang tua dan guru harus memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik dengan anak-anak agar mereka mengerti apa yang disampaikan dan terjamin komunikasi dua arah antara anak-anak dan guru atau orangtuanya.

Sementara itu Mbak Shierly Ge dari Sun Life mengatakan bahwa, jangan lupakan aspek perencanaan keuangan untuk pendidikan anak-anak, tak ada kata terlambat meski anak-anak sudah mulai memasuki usia sekolah, karena pendidikan adalah sebuah investasi jangka panjang dan besarnya meningkat setiap tahunnya. Apalagi untuk keluarga di Indonesia yang menempatkan pendidikan sebagai prioritas utama, namun sayangnya masih banyak yang belum menyadari arti penting perencanaan sehingga seringkali didapatkan kasus bahwa orangtua mengorbankan banyak hal termasuk dana pensiun mereka atau tabungan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anaknya.

Selain itu masih banyak orang tua yang menganggap bahwa merencanakan pendidikan itu hanya dengan menabung atau menyiapkan dananya tanpa mengerti bagaimana caranya dan berapa besarannya. Mereka hanya mengandalkan pendapatan bulanan saja tanpa merujuk pada referensi apapun. Sehingga seringkali yang terjadi adalah dana tersebut tidak mencukupi ketika dibutuhkan. Untuk itulah dibutuhkan pemahaman tentang perencanaan keuangan yang tepat. Sun Life Edufair 2017 diharapkan dapat memfasilitasi para orang tua untuk mendapatkan informasi tentang pendidikan terbaik dan perencanaan keuangan untuk mewujudkan cita-cita putra-putrinya dan referensi untuk mereka.

Nah seiring dengan hal tersebut, dalam kesempatan kemarin, Sun Life juga meluncur  Bright Education , sebuah portal informasi yang menyajikan profil 25 sekolah di wilayah Jabodetabek yang dapat dijadikan referensi oleh orang tua dalam memilih sekolah yang sesuai dengan minat dan aspirasi anak. Banyak fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan dalam portal yaitu:

  • Fitur Sekolah, yaitu informasi lengkap tentang sekolah-sekolah yang berpartisipasi dalam Sun Life Edufair 2017. Informasi tersebut meliputi lokasi, kurikulum, fasilitas di lingkungan sekolah, kegiatan ekstra-kurikuler yang dapat diikuti oleh siswa-siswi, penghargaan yang berhasil diraih oleh sekolah, administrasi, hingga testimoni tentang sekolah dari siswa-siswi dan orang tua.
  • Fitur Perbandingan/Komparasi, melalui fitur ini, orang tua dapat membandingkan sekolah yang diminati dengan cara mudah, dengan memilih tingkat pendidikan, lokasi, nama sekolah, dan mengisi data pribadi. Selanjutnya akan keluar hasil perbandingan secara lengkap yang membantu orang tua menentukan pilihan sekolah yang sesuai.
  • Fitur Kalkulator, membantu orang tua memproyeksikan dana pendidikan yang dibutuhkan serta menyusun perencanaan keuangan sejak dini.
  • Fitur Artikel, sajian berbagai informasi dan tips menarik seputar dunia pendidikan, anak, dan perencanaan keuangan.

Nah, lengkap khan info-info dalam portal tersebut. Orangtua sudah tak bingung lagi sekarang mencari referensi yang tepat untuk merencanakan pendidikan anak-anak mereka untuk menghasilkan generasi yang #LebihBaik.

Salam

 

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

#Zakat360 donnaimelda

#ZAKAT360 Buka Belenggu Kemiskinan, Ubah Menjadi Keberdayaan

Sejenak langkah terhenti menatap bentangan lahan subur nan menghijau tertutup hamparan sayuran segar yang tumbuh ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge