Home » Review and Event » Pentingnya Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan Bagi Perempuan
thumbnail (1)

Pentingnya Menjaga Kebersihan Area Kewanitaan Bagi Perempuan

Bagi perempuan seperti saya, urusan kebersihan organ kewanitaan menjadi urusan penting dalam kehidupan sehari-hari, terlebih saya termasuk perempuan yang cukup aktif dan memiliki banyak kegiatan di luar rumah. Beruntung saya memiliki keluarga yang sangat mendukung semua kegiatan saya, terutama suami yang sama sekali tidak keberatan istrinya menjalankan peran ganda baik sebagai istri, ibu, dosen dan penulis perjalanan.

Banyak yang sering bertanya kepada saya apakah dengan begitu banyak kegiatan, hubungan dengan keluarga terutama dengan suami tetap terjaga. Alhamdulillah selama ini baik-baik saja. Saya tetap menjaga keharmonisan keluarga dan menjaga hal tersebtu tetap berada di prioritas pertama termasuk di dalamnya menjadikan setiap kebersamaan adalah waktu yang berkualitas. Jadi kalau sudah bersama keluarga maka merekalah pusat perhatian saya.

Begitu juga dengan urusan suami istri, menjaga keharmonisan rumah tangga wajib dilakukan  di tengah kesibukan yang sering mendistraksi. Menjaga komunikasi yang baik dengan pasangan adalah salah satu hal yang saya lakukan termasuk komunikasi non verbal seperti dalam bentuk pelayanan yang lebih intim di saat-saat yang sangat pribadi.

Aktifitas yang membuat saya banyak bergerak sehingga berkeringat dan lembab di tengah-tengah iklim tropis Jakarta yang kadang tak bersahabat membuat saya harus pandai-pandai menjaga kebersihan diri termasuk kebersihan di area kewanitaan. Gak seru khan, sudah terlalu banyak kegiatan di luar, eh di saat-saat yang sangat pribadi berduaan dengan pasangan jadi terganggu karena masalah-masalah di area kewanitaan seperti keputihan, gatal, atau bau tak sedap. Duh, rasanya gak nyaman banget dan mengganggu .

Untuk itu biasanya, selain menyediakan dan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan di rumah, untuk aktifitas sehari-hari di luar rumah pun saya selalu memastikan pembersih khusus area kewanitaan ini ada dalam daftar barang yang wajib di bawa. Hal ini tak lain dan tak bukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan selama beraktivitas di luar rumah. Apalagi kalau pas ada bussines trip yang agak lama meninggalkan rumah, jangan sampai pulang-pulang membawa rindu tapi terganggu oleh masalah-masalah di atas.

thumbnail

Masalah-Masalah Kewanitaan

  • Warna Gelap di Area Kewanitaan

Ada beberapa masalah yang sering dihadapi oleh perempuan terkait dengan organ kewanitaannya, salah satunya adalah warna kulit di sekitar area kewanitaan mereka, terutama di area pangkal paha yang terlihat  lebih gelap dibandingkan dengan bagian lainnya. Hal ini seringkali dianggap sepele padahal masalah ini bisa membuat berkurangnya rasa percaya diri perempuan terutama  pada mereka yang sudah menikah terhadap pasangannya

Selain itu, yang perlu diperhatikan pula adalah penyebab warna gelap ini yang seringkali tak disadari sebagai penyebabnya. Sebagian besar perempuan menganggap warna kulit di sekitar pangkal paha yang lebih gelap adalah hal yang biasa. Padahal ini biasanya disebabkan oleh adanya  iritasi karena bakteri atau jamur, faktor hormonal, misalnya pada wanita yang sedang mengandung atau faktor genetik, peradangan karena keringat yang berlebih, serta gesekan kulit dengan pakaian dalam atau pembalut.

  • Keputihan

Keputihan merupakan masalah yang kerap dikeluhkan wanita. Menurut data yang saya dapatkan dari beberapa sumber di internet, lebih dari 75 % perempuan dewasa pernah mengalami keputihan selama hidupnya. Apalagi bagi perempuan di kota besar, selain faktor hormonal misalnya saat sedang mengandung, faktor cuaca, gaya hidup, pola makan, dan berbagai kesibukan baik urusan rumah tangga maupun karir yang memicu stress dapat menjadi pemicu keputihan.

Hal ini diperparah dengan kurangnya perhatian perempuan terhadap masalah higienitas organ kewanitaannya, seperti kurang bersihnya air yang digunakan untuk membasuh setelah buang air, pakaian dalam yang lembab dan karena aktivitas dan berkeringat serta penggunaan pembalut yang terlalu lama juga memicu hadirnya bakteri atau jamur yang mengganggu daerah kewanitaan. Itulah mengapa menjaga area kewanitaan itu selalu dalam keadaan kering adalah sebuah keharusan.

Sebenarnya ada dua macam keputihan. Jenis yang pertama adalah keputihan normal atau fisiologis, sedangkan yang kedua adalah keputihan yang tidak normal atau disebut dengan keputihan  patologis. Setiap perempuan harus bisa membedakan kedua jenis ini dengan mengenali ciri-cirinya.

Keputihan yang normal biasanya terjadi saat masa subur wanita yaitu sebelum dan sesudah periode menstruasi. Sedangkan keputihan yang tidak normal biasanya muncul secara terus-menerus dan menyebabkan gatal, iritasi serta bau tidak sedap. Nah, keputihan jenis kedua yang tidak normal ini disebabkan oleh jamur, bakteri, virus atau parasit.

Bila dicermati, selain masalah hormonal dan genetika, kedua masalah yang paling sering dihadapi perempuan di atas penyebab terbesarnya adalah faktor kebersihan sehingga setiap perempuan harus menjaga kebersihan dirinya terutama area kewanitaannya dari keringat atau gesekan yang bisa menyebakan iritasi karena adanya bakteri atau jamur. Sering-sering mengganti pembalut atau panty liner serta membersihkan area kewanitaannya dengan sabun khusus untuk organ kewanitaan.

thumbnail (3)

  •  Mencegah dan  Mengatasi

Karena masalah-masalah kewanitaan di atas ada kaitannya dengan gaya hidup dan pola makan, untuk mengatasinya saya biasanya mengurangi asupan yang manis-manis dan menjauhi segala bentuk pemicu stress. Seperti mengatur waktu dengan baik antara urusan rumah, pekerjaan dan hobi agar seimbang. Berpikir positif dan sesekali mengambil waktu luang untuk diri sendiri, traveling atau berkumpul dengan sahabat-sahabat terdekat.

Untuk menjaga kebersihan area kewanitaan, saya selalu menggunakan panty liners dan menggantinya setiap habis buang air. Selalu menjaga organ kewanitaan saya dalam keadaan kering dan hanya menggunakan air bersih untuk membasuhnya. Bila tak tersedia air bersih maka saya akan menggunakan tisu basah yang selalu saya bawa setiap bepergian. Begitu juga saat haid, saya menghindari penggunaan pembalut yang terlalu lama dan sering menggantinya tanpa harus menunggu penuh.

Pada prinsipnya saya menghindari keputihan itu terjadi, apalagi hingga harus menggunakan antibiotik untuk mengatasinya. Pencegahan sebisa mungkin saya lakukan dengan selalu menjaga kebersihan organ kewanitaan termasuk dengan menggunakan pembersih khusus kewanitaan untuk membasuhnya. Hal ini terasa sangat efektif karena saya betul-betul merasa bersih dan segar setelah menggunakannya.

  • Khasiat Manjakani

Sebelumnya memang saya belum pernah mendengar istilah Manjakani. Jadi ketika saya melihat istilah tersebut pada sebuah produk pembersih kewanitaan saya hany berpikir itu berasal dari kata manja atau memanjakan dan kemudian melebur menjadi istilah Manjakani. Penasaran dengan istilah tersebut sayapun mencari informasi melalui internet. Ternyata saya salah besar.  Dari Wikipedia Indonesia saya dapatkan informasi bahwa Manjakani (Quercus infectoria Gall) adalah nama tanaman tradisional yang diyakini memiliki banyak manfaat besar bagi kesehatan organ intim wanita.

Secara Farmakologi Manjakani diklaim memiliki berbagai aktivitas biologis seperti efek astringent, anti diabetes, anti tremorine, anestesilokal, antipiretik, anti-inflamasi, anti bakteri, anti jamur, anti virus dan banyak lagi. Manjakani banyak digunakan dalam pengobatan tradisional orang-orang di Asia. Dalam pengobatan tradisional di India misalnya, Manjakani digunakan dalam bentuk bubuk sebagai obat untuk sakit gigi dan peradangan gusi.

Dari penelusuran hasil penelitian juga saya memperoleh banyak informasi bahwa ektrak Manjakani sangat berpengaruh terhadap penghambatan pertumbuhan mikroba akibat keputihan. Wah pantesan produk tersebut menggunakan bahan alami Manjakani sebagai bagian dari formula produknya. Saya akhirnya mencoba produk pembersih khusus kewanitaan tersebut yang memiliki nama Resik V Whitening Manjakani yang diproduksi oleh Kino Indonesia,.

Produk ini tentu sudah melalui serangkaian riset dan teruji secara klinis membantu wanita mengatasi masalah-masalah terkait dengan organ kewanitaannya, baik untuk mencerahkan warna gelap di sekitar area kewanitaan dan juga makin mengencangkan. Berbagai temuan laboratorium modern telah menghasilkan bermacam produk pembersih. Namun produk pembersih dari ekstrak herbal alami hingga saat ini masih menjadi yang dipercaya secara turun temurun. Ini karena kandungan alaminya ampuh bukan hanya membersihkan, tapi mencerahkan dan mengencangkan.

Dan yang saya paling suka dari Resik V Whitening Manjakani adalah karena ia adalah produk yang yang diolah dari 100% bahan alami dan telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Jadi saya merasa aman dan nyaman menggunakannya baik saat melakukan perjalanan maupun sehari-hari di rumah.  Urusan menjaga kebersihan kewanitaan bukan hal yang merepotkan lagi.

Yuk jaga kesehatan dan kebersihan kewanitaan kita, untuk kenyamanan diri dan keharmonisan rumah tangga.

15698080_10154332688066359_2209625890135577809_n

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

integrated-facilities

Apartemen Sebagai Hunian Ideal Untuk Keluarga

Apartemen sebagai alternatif hunian ideal keluarga kini bukanlah hal yang asing lagi buat sebagian besar ...

17 comments

  1. Jujur ya mba, sejak pakai Resik V Manjakani nih organ kewanitaan berasa lebih nyaman gitu,. Trus aku suka wanginya tuh harum banget. Aku sampai nyetok yang banyak juga nih mba biar nggak kehabisan. Hehhee

  2. Hallo mba Dona, merawat kebersihan daerah kewanitaan memang harus ya mba, sebagai wanita yang sudah menikah, jangan melulu merawat wajah saja yang terlihat, tetapi yang tidak terlihat juga harus dirawat. Merawat daerah kewanitaan adalah bagian menyenangkan suami, dan menyenangkan suami itu berpahala.. sudah dapat pahala sehat juga.. lengkap deh kebahagiaan

  3. lengkap sudah dalam satu produk, sudah halal, alami dan bisa membersihkan daerah kewanitaan. Jadi para wanita dan khususnya muslimah jadi aman untuk mengunakannnya

  4. Area kewanitaan memang butuh perhatian khusus ya mbae, banyak hal berimplikasi ke area ini.
    Ada kesehatan reproduksi, ada kesehatan secara umum

  5. Area sensitif ini memang perlu perawaran intensif ya supaya nggak menimbulkan masalah. Aku pernah kena keputihan yang sangat menyebalkan dan itu nggak enak banget. Mungkin harusnya saat itu aku coba pake resikVi Manjakani ini ya Mba.

  6. Waah samaan kita ya mbak Donna. Aku juga pakai resik V manjakani nih. Dulu sempat pakai yang varian lainnya cuma terus nyobain yang manjakani ini dan suka banget. Alhamdulillah penggunaan rutin dan terasa banget manfaatnya.

  7. Area kewanitaan adalah aset perempuan makanya harus benar2 dirawat ya mbak Donna, supaya masalah2 kewanitaan seperti keputiham, dll enggak muncul.
    Sama sih aku juga pakai Resik V, alhamdulillah cocok pakai produk ini dan merasa area V lbh bersih kalau pakai ini.

  8. Bbrp waktu lalu aku sempat merasa ngga nyaman dg daerah kewanitaanku. Ku coba membersihkannya dg pembersih wanita merek lain ternyata malah alergi. Ku br tau ternyata pembersih kewanitaan itu cocok2an juga. Gak bs asal pakai juga. Aku pernah juga pake Resik V tp yg godokan, cocok sih. Skrg mau coba yg ini ah. Kali aja cocok juga

  9. Aku belum pernah pakai Resik V Manjakani nih 🙂 Tapi setelah baca tulisan mbak Donna, aku jadi tertarik coba. Nanti aku beli di minimarket deket rumah deh. Coba ukuran sedang dulu. Iya benerrr..kalo keputihan itu suka sebel deh. Mudah2an teratasi dengan produk ini ya, Bisa dibawa halan2 juga pas keluar kota. Keputihan kadang muncul kalo lagi lelah dan banyak pikiran hehhehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge