Sunday, September 24, 2017
Home » Review and Event » Ngobrol Asik Soal Jurnalisme Online @Newsroom at CNNIndonesia
Foto sesi seusai acara. Photo credit CNNIndonesia
Foto sesi seusai acara. Photo credit CNNIndonesia

Ngobrol Asik Soal Jurnalisme Online @Newsroom at CNNIndonesia

Ada kebanggaan tersendiri saat mendengar penuturan editor in chief CNNIndonesia, Yusuf Arifin yang mengatakan bahwa untuk memasuki era jurnalisme online, seorang jurnalis tak cukup hanya bisa menulis saja atau pegang kamera saja, harus bisa melakukan semuanya. Seorang jurnalis online mampu mencari berita, mengolahnya menjadi tulisan, laporan berupa video, foto galeri bahkan infografis. Dan hebatnya, blogger sudah biasa melakukan itu. Wow!!!

Hal ini menjadi catatan khusus buat saya saat menghadiri Brunch @Newsroom di kantor redaksi CNNIndonesia bersama Ainun Chomsun dan Yusuf Arifin dari CNNIndonesia. Menjelang Hari Ibu CNNIndonesia mengundang beberapa blogger perempuan untuk ngobrol santai dalam acara yang bertajuk Mom’s Blogger Gathering with Editor in Chief. Acara ini berlangsung pada hari Kamis, 10 Desember 2015 di Kantor Redaksi CNNIndonesia yang bertempat di Gedung Aldevco Octagon, lantai 5 Jalan Warung Jati Barat Raya 74 Jakarta Selatan.

Jurnalis Online
Saya pikir tak berlebihan bila blogger juga disebut multi-platform journalist karena kemampuannya mencari berita, mengolahnya menjadi tulisan, laporan video, foto galeri dan infografis sebagaimana wartawan CNNIndonesia. Lihatlah saat blogger sedang bekerja entah dalam rangka menghadiri suatu acara atau sedang meliput dan menjadi buzzer. Semua indra mereka teraktivasi, intuisi mereka bekerja. Kedua tangan mereka begitu terampil melakukan banyak hal sekaligus; mereka mencatat, memotret, live tweet, bahkan live instagram dan live blogging sambil terus menyimak. Benar-benar multi-tasking.

Blogger sudah lakukan ini, namun sedikit berbeda dengan jurnalis pada umumnya, gaya penulisan blogger memang kuat di opini karena lebih berdasarkan personal experience. Jurnalis media tidak bisa seperti itu, tak boleh beropini. Blogger bertanggung jawab atas tulisannya pada pribadi, berbeda dengan jurnalis yang bertanggungjawab pada institusi dan terikat oleh norma dan etika jurnalisitik yang ditetapkan oleh institusi tersebut. Berita selalu informasi, namun informasi belum tentu berita, sebagaimana yang sudah sering dilakukan di sosial media dan blogging.

Awal menjadi fulltime blogger, saya merasa kerepotan sekali dengan ritme yang seperti ini. Saat hadir dalam suatu acara saya hanya bisa mengagumi mereka dalam hati sambil memperhatikan bagaimana mereka bekerja, masih dengan pola lama yang dilakoni belasan tahun sebagai profesional di sebuah acara. Duduk manis mendengarkan narasumber bicara, dengan semua indra tertuju ke arah panggung dan sesekali mencatat. Sementara yang lain sibuk menunduk, live tweet, sesekali mengambil gambar dan terus menyimak, lalu kemudian tulisannya tayang. Keren ya!

One News, One Page, One Stop
Bapak Yusuf Arifin sebagai editor in chief CNNIndonesia dalam kesempatan tersebut menjelaskan beberapa hal terkait tentang Jurnalisme Online termasuk menceritakan sejarah CNNIndonesia yang lahir untuk memberikan alternatif untuk meliput dan menampilkan berita online. Sejarah yang tak lepas dari keberadaan saudara mereka detik.com yang sudah lahir terlebih dahulu.

Selama ini bisa dikatakan bahwa hanya ada satu gaya pemberitaan online yaitu gaya detik.com. Gaya seperti itulah yang seringkali ditiru karena detik.com saaat itu adalah satu-satunya media online yang mampu menangkap semangat jaman. Padahal sebenar pada saat itu sudah ada media online lain yaitu Republika dan Kompas. Namun mereka hanya memindahkan gaya media cetak ke media online, sehingga praktis hanya detik.com yang notabene tak punya media cetak yang benar-benar membuat gaya sendiri secara online.

Gaya baru yang diusung media online saat itu tak harus langsung 5W+1H, dalam penyajian awal bisa saja hanya mengandung 2W+1H dulu. Artikel dalam satu tema atau cerita tersaji dalam sebuah rangkaian tulisan pendek-pendek pada beberapa halaman. Gaya penulisan pendek seperti itu, membuat detik menjadi pelopor dan dianggap sukses sehingga banyak yang meniru alur detik. Namun dengan perkembangan teknologi kini media online bisa membuat artikel atau tulisan panjang tanpa keterbatasan infrasruktur.

Perkembangan media online memang terasa lamban dan kurang berani, CNNIndonesia berusaha mendobrak kemapanan tersebut. Tak mudah memang, namun bukan tak mungkin didobrak. Ada masa-masa tertentu, di mana di setiap masa ada yang disebut semangat jaman dan membuka peluang untuk ditemukannya hal-hal baru atau inovasi-inovasi baru sesuai dengan perkembangan jaman, teknologi dan infrastruktur. CNNIndonesia mengambil peluang tersebut.

Konsep yang diusung CNNIndonesia adalah quick, accurate, impartial dan thorough. Dengan multi-platform page, setiap berita di CNNIndonesia tidak hanya ditampilkan dalam bentuk tulisan tetapi juga dalam bentuk laporan video dan juga foto serta infografis. Setiap berita tampil utuh, mengandung latar belakang dan konteks sehingga pembaca tak perlu mencari berita lain untuk mengerti berita tersebut. Fokus adalah trademark CNNIndonesia sehingga harus lengkap, padat dan menarik. Fokus pada one page, one news, one stop. Dengan ini, CNNIndonesia akan mudah membawa pembaca untuk memfokuskan perhatiannya pada berita yang sedang mereka baca.

Social Program
Tak hanya melulu berita, CNNIndonesia juga memiliki social program untuk student, intern dan media visit. Dalam kesempatan tersebut juga, Ainun Chomsun memaparkan beberapa program yang dibuat oleh CNNIndonesia kepada kami.

Kontributor CNN Student
Semua orang bisa menjadi kontributor CNN Student, yang merupakan wadah ekspresi masyarakat untuk berkontribusi konten positif sebagai bagian dari edukasi dan dikemas dengan ringan. Topik yang diangkat adalah hal-hal yang terjadi di sekitar kita terutama yang bermuatan edukasi. Bentuknya bisa tulisan, foto maupun video. Siapa pun yang berminat, dan ada hal-hal di sekitar kita yang bernilai edukasi, bisa berpartisipasi, termasuk anak-anak. Nantinya terhadap tulisan yang masuk akan ada editor yg mengedit bila perlu. Artikel tidak harus baru.

Silakan mempromosikan blog, konten positif bermuatan edukasi dan layak dibaca semua kalangan termasuk pelajar. Untuk foto berisi esai yang bercerita tentang satu tema menarik baik di kampus maupun di luar kampus yang digarap oleh mahasiswa. Minimal terdiri dari 2 foto. Sedangkan untuk video direkomendasikan berdurasi sekitar 3,5 menit dan merupakan reportase tentang tema tertentu, berisi cerita ringan, profil, atau hal jenaka berupa parodi atas peristiwa aktual dan lain-lain.

Ada juga kegiatan offline seperti CNN student goes to school. Kita boleh lho mengajukan sekolah yang ingin didatangi. Ada juga workshop writing, photography dan videography. Workshop bukan hanya untuk murid-murid tetapi juga untuk guru-gurunya. Mereka harus punya kemampuan literasi baik membaca maupun menulis. Ada juga community gathering yang diadakan setiap bulan serta CNN Student Camp. Camp ini direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Agustus setiap tahun. Menarik ya kegiatan-kegiatan sosial CNNIndonesia.

Yuk berpartisipasi.

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

IMG20170405103421

Forward Your Dreams: Catatan dari Peluncuran Brand Promises CIMB Niaga

Memiliki impian ternyata bukanlah hal sederhana bagi orang dewasa. Di masa kanak-kanak kita sangat mudah ...

12 comments

  1. I like this line; “Berita selalu informasi, namun informasi belum tentu berita”.
    Dari postingan ini, terkesan CNN ingin dekat dekat society, ya ?

  2. Asyik juga bisa sharing informasi dengan kawan-kawan di media. Sehingga jadi semakin tahu apa saja yang diliput dan sebagainnya :).
    Rach Alida Bahaweres recently posted…Kisah Anak Jalanan di Kingsman: The Secret ServiceMy Profile

  3. Blogger multi tasking. Dan sekarang wartawan online juga begitu ya. Betapa internet merubah jaman begitu rupa ya. Dan aku senang hidup di era perubahan ini. Nanti aku punya cerita pada cuci tentang jaman sebelum internet ditemukan. Keren kan?
    Evi recently posted…Kelapa Muda ala Jonker Walk – MelakaMy Profile

  4. bagus banget mbak penulisanya, manteep

  5. Yeaaaah, go Blogger go ! ???

  6. sebagai blogger, dimanapun muktitasking. lagi makan di luar…lagi di event..lagi macet di jalan..lagi ngelamun..hahahha. apalagi kalau lagi piknik, multitask banget. sampai temen2 bilang…”kamu sok turis bangte sih..foto sana-sini..tanya sana-sini”
    inayah recently posted…How to make Smart Yearly ResolutionMy Profile

  7. Manfaat banget acaranya buat para blogger yah
    Anggarani Ahliah Citra recently posted…PENTINGNYA MERAWAT & KONSULTASI WAJAH PADA AHLINYAMy Profile

  8. Mbak Don udah jdi fulltime blogger? Aku baru tahu. 😀
    Aku baru tahu tentang CNNIndonesia lho, Mbak. Informatif ternyata, ya.
    Idah Ceris recently posted…Pengalaman Membeli Sepatu di Online ShopMy Profile

  9. Wah keren mba, blogger diundang CNN yaa, jadi dapat banyak ilmu dari jurnalis….
    Dewi Rieka recently posted…Ernest Prakasa, Menderitanya Jadi Cina dalam Film NgenestMy Profile

  10. Wuih.., keren mbak.. moga dengan pertukaran perspektif dan sharing dari media mainstream, para pengelola media online semakin membuka diri bagi blogger… dengan lebih sering bertukar informasi…

  11. Uuuhh, keren banget nih konten postingan ini. Jadi iri si bunda, kapan ya bunda bisa bikin konten sebagus ini. Tanggal itu sayang banget bunda ada halangan yang gak bisa ditunda, jadi gak hadir di arana yang keren pake banget.
    Yati Rachmat recently posted…Resolusiku yang Aku Canangkan Tahun 2016My Profile

  12. Sayang ya acaranya khusus buat cewek, cowok kan juga perlu tuh buat nimba ilmu dari sang pakar…
    Dian Kelana recently posted…Kenapa Penyerapan Lulusan SMK Lebih Rendah dari SMA?My Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge