Home » Review and Event » Memilih Tempat Tinggal yang Berkualitas di Jakarta
permata hijau suites #3

Memilih Tempat Tinggal yang Berkualitas di Jakarta

Memilih tempat tinggal yang berkualitas di Jakarta memang memiliki tantangan tersendiri terutama bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Kesibukan saya di luar rumah dan bertemu dengan orang lain di banyak tempat membuat saya lebih banyak berada di jalan dibanding berdiam di satu tempat saja.

permata hijau suites #2

Antara Kualitas Hidup dan Tempat Tinggal

Pertanyaan “berangkat dari rumah jam berapa?” sering menjadi pembahasan yang panjang terutama ketika berbicara dengan mereka yang tidak tinggal di Jakarta. Mereka seringkali heran bila saya harus berangkat setidaknya dua jam sebelum waktu yang dijanjikan untuk bertemu atau sebelum acara di mulai. Tentu saja dengan alasan klasik yaitu macet atau waktu tempuh yang panjang dari tempat tinggal saya yang berada di ujung timur Kota Jakarta.

Apalagi bila keperluan tersebut berada dalam rentang waktu saat lalu lintas sedang padat-padatnya seperti jam pergi dan pulang kantor. Istilah tua di jalan menjadi istilah yang tak asing lagi bagi kami yang tinggal di Jakarta. Bila di kota lain jarak tempuh lebih sering menjadi patokan untuk memperkirakan berapa lama kita akan tiba di suatu tempat, tidak demikian dengan Jakarta. Tak jarang saya harus menempuh waktu berjam-jam lamanya untuk jarak beberapa kilometer saja.

Hal ini tentu saja berpengaruh terhadap kualitas hidup penghuni Jakarta seperti saya. Tak heran bila kondisi itu membentuk karakter manusia di Jakarta sedikit berbeda. Memang mereka terlihat menjadi lebih kuat karena terbiasa harus fight dengan kerasnya kehidupan di Jakarta. Namun tingkat stress juga lebih tinggi dialami oleh mereka yang setiap hari harus berhimpit-himpitan dalam moda transportasi umum atau duduk berjam-jam dalam kendaraan untuk menempuh perjalanan mereka dari rumah ke kantor atau ke tempat tertentu.

Memilih tempat tinggal pun akhirnya menentukan bagaimana kualitas hidup manusia dibangun. Sejak awal menikah hal ini menjadi bagian penting yang menjadi pemikiran saya dan suami. Ada beberapa kriteria primer yang harus dipenuhi sebagai tempat tinggal yang baik menurut kami, yaitu akses transportasi, jarak dengan tempat kerja, lingkungan dan keamanan, bukan hanya bagi kami berdua namun juga bagi keluarga kami yaitu tumbuh kembang anak-anak.

Kehidupan yang Dinamis

Alhamdulillah selama ini tempat tinggal kami saat ini di Cimanggis memenuhi semua kriteria itu. Jarak antara rumah dan kampus tempat saya mengajar tak jauh, hanya belasan menit saja. Lingkungan juga baik dan aman. Saya nyaris tak mengalami masalah-masalah khas Jakarta seperti yang saya gambarkan di atas karena rutinitas saya yang hanya seputar rumah dan kampus saja. Masalah  macet dan tua di jalan nyaris tak ada dalam kamus hidup saya. Sesekali saja bila saya ada urusan “ke Jakarta”

Dinamika muncul ketika tiga tahun terakhir saya menjalani profesi lain selain mengajar yang mengharuskan saya lebih sering berada di luar rumah dan di kampus. Urusan meeting, bertemu klien, liputan, undangan yang sebagian besar bertempat di Jakarta mulai mendominasi waktu saya.  Macet dan jauh untuk sampai ke lokasi seringkali membuat saya stress bahkan sebelum saya berangkat bekerja. Jangankan untuk menyetir sendiri kendaraan di  tengah macetnya Kota Jakarta, baru membayangkan berjam-jam dalam kendaraan atau berhimpit-himpitan di commuterline  saja sudah membuat saya lelah sebelum berangkat.

Tak heran bila masalah lain muncul, stress mulai menjadi mengurangi kualitas hidup saya. Tak jarang saya pulang dalam keadaan sudah kehabisan energi, waktu untuk menikmati momen-momen berharga  dengan anak-anak pun tersita banyak. Saya mudah sekali marah bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun. Pekerjaan rumah pun menjadi terbengkalai karena saya jadi tak punya waktu lagi untuk mengurusi urusan domestik rumah tangga saya seperti beres-beres rumah, belanja, memasak bahkan waktu untuk diri saya sendiri.

Apartemen sebagai Tempat Tinggal

Saya mulai berpikir, andai saya memiliki tempat tinggal di Jakarta dan semua kebutuhan saya akan #NyataDekatnya. Tentu saja hal ini membuat saya lebih leluasa mengatur waktu untuk semua kegiatan, baik yang berurusan dengan pekerjaan dan keluarga. Kriteria tempat tinggal yang baik buat kami pun mulai bergeser ke kriteria baru yaitu tempat tinggal yang berada di pusat kota Jakarta dan memiliki fasilitas yang menunjang kebutuhan kami di samping lingkungan dan keamanan yang terjamin. Kami pun mulai melirik apartemen sebagai alternatif  lain untuk tempat tinggal kami.

Kami pun mulai mempelajari konsep hunian seperti apartemen. Permata Hijau Suites adalah salah satu kompleks apartemen yang sempat saya datangi untuk mempelajari lebih jauh mengenai konsep tempat tinggal di apartemen. Kedatangan tersebut makin menguatkan saya untuk memiliki salah satu unitnya. Dari hasil melihat-lihat dan mempelajari, ada beberapa hal yang membuat kami berpikir untuk memiliki apartemen di Permata Hijau Suites sebagai tempat tinggal kami, yaitu:

  1. Lokasi

Perhatikan deh, lokasi apartemen selalu berada di pusat kota atau di sentra bisnis dan perkantoran. Begitu juga Permata Hijau Suites yang berada tak jauh dari Kawasan Permata Hijau dan kawasan Senayan di Jakarta. Lokasi yang tepat berada di jantung Kota Jakarta seperti ini tentu #NyataDekatnya, akan memperpendek jarak dan waktu tempuh saya ke banyak tempat sehingga saya tak perlu berjam-jam di perjalananan. Kemana-mana dekat istilahnya.

  1. Fasilitas

Dalam sebuah kompleks apartemen, pengembang selalu menyediakan banyak sekali fasilitas, dari keperluan bisnis, belanja, olahraga bahkan yang bersifat rekreasi. Saya tak harus keluar jauh dari unit untuk memenuhi kebutuhan saya dan menikmati waktu yang berkualitas lebih banyak. Kalaupun saya harus keluar dari komplek apartemen, tak harus jauh untuk menikmati area publik yang mendukung gaya hidup di area yang lebih luas seperti kawasan Senayan dan SCBD. Terbayang kemudahan saya menikmati “me time” saat anak-anak dan suami sudah berangkat beraktivitas, saya bisa berolahraga  dengan berenang di infinity pool atau sekedar lari-lari kecil menikmati udara pagi melintasi joging track. Saya masih sempat selonjoran sambil berselancar di dunia maya, atau sekedar menonton televisi baru kemudian bersiap berangkat beraktivitas.

  1. Lingkungan

Kesamaan kebutuhan dan orientasi tentang tempat tinggal untuk kualitas hidup akan membuat relasi antara penghuni menjadi lebih smooth. Untuk manusia tipe introvert seperti saya, privacy yang terjaga juga merupakan sebuah kebutuhan. Permata Hijau Suites memiliki luas hingga 9000m2, dan memiliki dua tower yaitu Ebony dan Ivory dengan total 649 unit. Terasa luas dan lega berada di lingkungan seperti ini.

  1. Keamanan

Pengelola biasanya menerapkan aturan dan sanksi yang jelas bagi para penghuni dan tamu yang berkunjung. Hal ini juga biasanya didukung dengan teknologi yang menjamin keamanan penghuninya. Saya tentu merasa aman dan nyaman tinggal dalam sistem keamanan yang demikian, saya bisa memilih tamu yang bersedia saya temui atau tidak dan tak perlu khawatir dengan hadirnya “tamu yang tak diundang”

  1. Tata Ruang yang efisien dan sehat

Dengan kesibukan saya dan suami serta waktu anak-anak yang lebih banyak dihabiskan di luar rumah maka tempat tinggal yang kami butuhkan bukanlah yang berukuran luas namun yang memungkinkan relasi antar penghuninya tetap terjaga. Tata ruang apartemen didesain di satu lantai secara kompak dan efisien yang memungkinkan bonding antar keluarga tetap erat. Ini juga hal yang sangat penting buat saya.

Selain itu, setiap unit memiliki balkon sendiri dan jendela serta pintu kaca yang lebar akan membuat tempat tinggal tetap sehat karena penataan cahaya alami serta sirkulasi udara yang sehat. Saya juga masih memungkinkan untuk menanam tanaman kecil dalam pot  di balkon untuk membuat unit terlihat lebih asri dan cantik. Ah, terbayang syahdunya menikmati pemandangan sudut ini di pagi atau sore hari dengan secangkir teh panas.

Jadi memang benar ya kata orang, kualitas hidup yang baik memang berawal dari tempat tinggal. Saya juga sempat mempelajari lebih jauh tentang Permata Hijau Suites melalui website resmi mereka di www.permatahijausuites.com. Kesimpulan saya sih sederhana, bila ada tempat tinggal yang memenuhi kriteria yang diinginkan dan semua kebutuhan terakomodir #NyataDekatnya, saya rasa alternatif untuk tinggal di Permata Hijau Suites sangat layak untuk dipertimbangkan.

Ah, jadi gak sabar untuk bilang “Selamat tinggal stress!”

 

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

_DSC3138

Berkenalan dengan Hunian Kolektif Humanis di Vida Festival 2017

Kemeriahan sebuah festival sudah terasa saat kendaraan kami memasuki boulevard lebar dua jalur di perumahan ...

5 comments

  1. Betul bangeet, setuju sama semua poin-nya kak Donna, terutama lokasi yang strategis itu penting banget untuk mereka yang punya mobilitas tinggi.

  2. Wah bakaln betah banget nih kayanya kalo punya hunian di Permata Hijau Suites. Luas dan Kece banget soalnyaaaa. Nanti mau coba liat langsung kesana ah. Makasi infonya ya mbaaaak

  3. kalo aku tinggal di jakarta, aku lebih suka tinggal di apartemen soalnya lebih privasi daripada kost mbak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge