Home » Review and Event » Kulit Kering dan Tumit Pecah-pecah? Ternyata Gampang Mengatasinya!
sato pastaron @donnaimelda

Kulit Kering dan Tumit Pecah-pecah? Ternyata Gampang Mengatasinya!

Kulit kering dan tumit pecah-pecah itu bagi saya bukan hanya sekedar mengganggu penampilan namun juga mengganggu aktivitas karena jadi tidak nyaman digunakan berjalan. Kulit tumit yang menebal dan pecah-pecah sering kali terasa mengganggu saat bergesekan dengan pakaian atau kaos kaki, menimbulkan rasa gatal dan akhirnya jadi ditarik-tarik deh kulit yang kering itu. Nah kejadiannya sih akhirnya jadi luka dan menimbulkan rasa perih dan sakit ketika dipakai berjalan.

Bagi perempuan pejalan seperti saya yang banyak menggunakan waktu dengan untuk beraktivitas dari satu tempat ke tempat lain, terutama saat traveling atau liputan, kondisi seperti ini sangat mengganggu aktivitas atau perjalanan saya. Apalagi kalau kulit telapak kaki dibiarkan kering dan pecah-pecah, jadi makin sering deh tarik-tarik kulit keringnya dan bikin makin parah kondisinya. Kalau sudah begini, saya merasa harus segera mencari solusinya karena ternyata menggunakan lotion yang biasa sudah tidak efektif lagi.

Kulit kaki saya terutama bagian tumit memang memiliki kecenderungan untuk menebal dalam jangka waktu tertentu meski setiap hari menggunakan lotion. Sehingga ada masanya kulit yang menebal itu pecah-pecah dan mulai membuat tidak nyaman. Biasanya sih suka saya tarik-tarik atau bahkan sampai digunting, parah banget khan. Namun itu sebenarnya bukan solusi karena nantinya siklus itu akan terulang lagi, menebal lagi, pecah-pecah lagi dan luka lagi. Begitu terus, khan bosan.

Dalam sebuah acara ngumpul-ngumpul dengan beberapa teman blogger di AEON Mall, Jakarta Garden City dua minggu lalu, kita sempat tuh ngomongin masalah yang banyak sekali dialami oleh para perempuan ini. Kebetulan pula Mbak Tya, yang mengajak kami ngumpul-ngumpul kemarin punya teman dari sebuah perusahaan farmasi Jepang yang memproduksi beberapa produk kesehatan dan kecantikan salah satunya produk untuk menjaga kesehatan kulit dan mengatasi permasalahan kulit seperti tumit pecah-pecah. Jadinya bekajar banyak deh sama mereka.

sato pastaron @donnaimelda

  • Tentang Sato dan Sato Pastaron

Nama perusahaan itu Sato Pharmaceutical, perusahaan terkemuka di Jepang dan sudah berdiri sejak tahun 1915. Dah lama banget khan dan sudah banyak memproduksi produk-produk kesehatan dan kecantikan lain seperti Hakubi White C, Hakubi Q10 Cream, Hakubi BB Cream dan Sato Pastaron 20% Cream. Nah yang disebut terakhir inilah yang kemudian direkomendasikan oleh mereka untuk mengatasi masalah kulit kering dan tumit pecah-pecah karena memang diformulasikan sebagai ultra hydrating cream untuk membuat kulit sehat dan lembab.

  • Pentingnya Menjaga Kulit Tetap Sehat

Kulit kering dan tumit pecah-pecah itu sebenarnya adalah dampak dari kondisi kulit yang kering dan tidak sehat. Lihat deh gambar di atas, yang sebelah kiri adalah struktur kulit normal dan yang sebelah kanan adalah struktur kulit kering. Kelihatan gak beda yang paling menonjol? Ya, pada kulit normal lapisan sebum yang berada paling luar masih sangat baik melindungi lapisan di bawahnya sehingga penguapan yang terjadi tidak keluar namun kembali lagi ke dalam sehingga kelembabannya tetap terjaga.

Picture1

Bandingkan dengan gambar di sebelahnya di mana lapisan sebum sudah mengalami kerusakan karena kering dan iritasi. Lapisan sebum yang rusak tak mampu menghalangi penguapan yang terjadi, kandungan air yang harusnya menjaga kelembaban akan keluar dan kulit kering akan makin menjadi. Bila ini dibiarkan terus menerus maka kelembaban kulit akan berkurang secara signifikan dan akhirnya kulit akan semakin kering, iritasi, dan rusak.

Hal ini bukan saja terjadi pada kulit tumit kaki namun juga bisa terjadi pada kulit di bagian lain tubuh kita seperti kaki, tangan, tungkai bagian bawah, tumit, siku dan lutut. Kulit yang kering dan tidak sehat membuat kulit terlihat kusam, tebal dan kaku, tak nyaman. Bahkan tak jarang sering diikuti juga dengan rasa gatal dan radang ringan. Ini sih aku banget euy. Duh!

  • Penyebab Kulit Kering

Banyak hal yang menyebabkan kulit kering, diantara adalah faktor usia, terpapar pada kondisi suhu yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dalam jangka panjang, sabun atau detergen, mandi atau berendam terlalu lama di air hangat, atau disebabkan oleh penyakit seperti dermatitis atopic atau diabetes. Beberapa faktor yang disebutkan di atas ternyata saya alami yaitu usia saya yang sudah berada di kisaran empat puluhan dan saya setiap hari mandi dengan air hangat dan seringkali berlama-lama, baru tahu saya ini menyebabkan kulit kering saya.

  • Solusi Mengatasi Kulit Kering dan Tumit Pecah-Pecah

Selama ini saya menggunakan hand and body lotion untuk membantu menjaga kulit saya tidak kering dan terasa lembab. Ini memang sangat membantu untuk kulit di bagian tangan dan kaki tapi tidak terlalu ampuh untuk bagian telapak terutama telapak kaki atau tumit. Kulit di bagian tumit seringkali mengalami penebalan dan kemudian diikuti dengan kering dan pecah-pecah. Hal ini menyebabkan rasa gatal dan karena tak tahan saya sering menarik-narik kulit kering tersebut dan akhirnya menyebabkan luka.

Duh, kalau tumit itu sudah luka, maka itu berarti saya bersiap menuai masalah baru. Kaki terasa perih bila kena air atau tersentuh, sakit bila dipakai berjalan, gak nyaman bila bergesekan dengan alas sprei tempat tidur, dan itu berhari-hari baru hilang sakitnya. Tapi karena masalahnya masih ada, maka ya berulang lagi ditarik-tarik lagi, luka lagi, sakit lagi persis kayak lingkaran yang gak ada ujungnya. Saya perlu cream yang lebih efektif dari sekedar lotion biasa.

Untuk kasus kulit kering dan tumit pecah-pecah memang tetap dianjurkan untuk menggunakan pelembab secara teratur sehari dua kali, bisa sehabis mandi pagi dan sore saat kulit dalam keadaan lembab. Namun untuk yang sudah bermasalah, dianjurkan pula untuk menggunakan produk yang mengandung urea sekitar 10-25 %. Untuk mengurangi penguapan yang terjadi, gunakan kaus kaki atau sepatu tertutup dan tetap mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup setiap hari.

  • Mengapa Sato Pastaron

Bosan mengalami tumit pecah-pecah saya mulai memperbaiki diri dengan saran yang direkomendasikan di atas, banyak minum air putih, pakai kaus kaki dan sepatu tertutup. Sedangkan untuk cream atau lotion saya mencoba produk Jepang yang direkomendasikan teman-teman blogger, yaitu Sato Pastaron. Cream ini memang diformulasi khusus untuk kulit kering dan masalah-masalah yang timbul karenanya membuat saya ingin mencoba, .

Sato Pastaron bisa di beli di Watson atau bagian beauty and health AEON Mall. Kemasannya memiliki ukuran pas untuk dibawa-bawa, terutama bagi saya yang sering melakukan perjalanan ke luar kota. Dua buah cream berukuran 60 gram pun saya bawa pulang setelah terlebih dahulu mempelajari informasi produk, kandungan dan kegunaannya. Yang paling penting produk impor ini telah lulus uji  BPOM Indonesia, jadi kandungannya aman dan saya tidak khawatir menggunakannya.

Sato Pastaron mudah didapat
Sato Pastaron mudah didapat
  • Kandungan dan Cara Kerja Sato Pastaron

Kasus penebalan kulit, kering dan pecah-pecah pada tumit  ternyata tidak cukup hanya diberi pelembab saja. Ketertarikan saya pada Sato Pastaron terletak pada 3 komponen utamanya, yaitu:

  • UREA 20%, membantu menjaga kelembaban kulit dengan cara mengikat dan menahan air pada kulit. Selain itu Urea memiliki kemampuan keratolitik yaitu mampu melarutkan zat keratin yang menyebabkan terjadinya pengerasan kulit. Dengan terlarutnya zat keratin, sel-sel kulit akan menjadi lebih mudah untuk dipisahkan dan secara bertahap akan mengalami penipisan.
  • DIPOTASSIUM GLYCYRRHIZINATE sebagai zat anti inflamasi ringan atau zat untuk mengatasi  atau anti peradangan
  • TOCOPHEROL ACETATE, sebagai zat antioksidan yang sangat berguna untuk  sel-sel kulit1543716449339

Cara Menggunakan dan Hasil Penggunaan Sato Pastaron

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, saya mengikuti petunjuk pemakaian yang direkomendasikan seperti ini

  • Membersihkan kaki dengan dengan air, untuk tumit pecah-pecah yang agak parah rendam dulu dengan air hangat selama 20 menit agar kulit kaki menjadi lembut dan bila perlu gunakan scrubber untuk menghaluskan dan mengangkat kulit-kulit mati
  • Gunakan Sato Pastaron dua hingga tiga kali sehari diikuti dengan pijatan lembut di sekitar kaki atau area yang diolesi cream
  • Kenakan kaus kaki di malam hari untuk mengurangi penguapan

Dengan menggunakan Sato Pastaron selama dua minggu, tumit kaki saya yang tadinya pecah-pecah sudah mulai merapat meski masih terlihat garis bekas pecah-pecahnya. Selain itu kulit tumit yang tadinya keras, kasar dan kusam jadi lembut, permukaannya menghalus dan terlihat bersih sehat. Senang sih melihat perubahannya. Uniknya telapak tangan saya yang kanan kini lebih halus dari telapak tangan kiri karena sering digunakan untuk mengoleskan Sato Pastaron di kaki hehehe.

Melihat perkembangan ini, maka saya memutuskan untuk melanjutkan perawatan agar kulit benar-benar lembut, lembab dan terlihat segar dan sehat, sekaligus menghilangkan gurat-gurat bekas tumit yang pecah-pecah menjadi lebih mulus dari sebelumnya. Oh ya, akan diaplikasikan ke bagian kulit yang lain juga sih, seperti bagian telapak kanan agar lebih halus dan lembut, khan jadi enak dilihat dan supaya makin mesra saat pegangan tangan sama pasangan. Aiiiih, hehehe

So… gak ada alasan untuk perempuan memilikikulit cantik dan sehat, dan ternyata perawatannya juga mudah dan murah asal kita tahu caranya dan menggunakan produk yang tepat untuk merawat kulit kita.

Yipppeee, buy one get one!
Yipppeee, buy one get one! Bhay Kulit Kering dan Tumit Pecah-Pecah

Selamat mencoba!

 

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

integrated-facilities

Apartemen Sebagai Hunian Ideal Untuk Keluarga

Apartemen sebagai alternatif hunian ideal keluarga kini bukanlah hal yang asing lagi buat sebagian besar ...

9 comments

  1. Halooo Mbak Donna 😀 Waaah toss dulu yuks kita samaan nih udah cobain Sato Pastaron Cream! Tumitku jadi berkurang pecah-pecahnya. Jadi lembut dan halus. Iya ya buat kita traveling, krin ini wajib ada di tas. Kan jaga2 buat dioles malam hari pas mau bobo.. supaya pas jalan2 kakinya ga sakit. Cantik atas dan bawah ya hehe wajah dan kaki 🤩🤩

  2. Kulit kaki aku kering banget, aku juga enggak telaten pakai hand body mba.
    Tumit pecah lumayan banyak, aku pakai Sato Pastaron 2 mingguan berkurang lumayan.
    Semoga aku disiplin ah hehehe, biar tumit aluuss

  3. Ingat nama teman sebut produk ini hahaha jadi gampang deh. Ternyata banyak banget ya prnyebab tumit pecah pecah
    gita siwi recently posted…5 Negara Impian Saya Dalam Waktu DekatMy Profile

  4. Keknya emang paling susah nyembuhin kaki pecah2 di bagian telapak. Dulu aku pernah pake produk buat kaki pecah, eh pas udah berhenti pake kulitku balik pecah2 lagi.

  5. Dulu kalo punya tugas injekin kaki ibu, aku paling risih kena kulit tumisnya, karena pecah-pecah, kasar dan katanya sakit, andai dulu udah ada skin care kaya Sato Pastaron ini mungkin aku bakalan saranin pake ini. Tumit mbak Donna beneran mulus yo

  6. Mba, ini yang buy one get one tuh hanya di Watson ya? Kulit tumit kakiku pecah pecah dan bikin aku minder. Entahlah. Hiks. Tapi aku mau nyobain ah produk Sato ini. Kayaknya solutif banget untuk mengatasi kulit tumitku yang kering

  7. Ga nyaman juga ya mba meski tertutup, ketika hendak pake kaos kaki pasti ada suaranya, sreeet2, hihi… Cuss cobain Sato ah biar muluuuss

  8. Kayaknya baca review Sato Pastaron ini bagus dan ampuh buat ngilangin masalah tumit kaki yang pecah2 ya mbak.? Aku mau beliin ah buat ibuku, soalnya ibuku problemnya kulit pecah2 gtu jg. Sementara ini baru bisa dibeli di store Watson dan beauty2 itu ya? Kalau beli online di Watson berarti bisa kan ya?

  9. Mba Donna, aku juga hobi jalan nih, dari SMA, kayanya tumitku pecah pecah meskipun gak parah, efek dulu sering jalan nih. Pakai Sato Pastaron ngefek banget ya lihat hasilnya, mau ah, biar gak makin parah ini tumit..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge