Home » Volunteering » Kelas Inspirasi: Think Big, Start Small, Act Now
www.kelasinspirasi.org
www.kelasinspirasi.org

Kelas Inspirasi: Think Big, Start Small, Act Now

“Potret masa depan Indonesia ada di ruang-ruang kelas.

Anda hadir di kelas itu, membangkitkan mimpi mereka!”

Anies Baswedan

Saya memalingkan wajah beberapa detik dari rekaman video yang ditayangkan di layar besar salah satu sudut aula gedung Perusahaan Gas Negara, Bogor 31 Agustus 2013 kemarin untuk melepas sejenak kacamata saya dan menyeka sudut mata yang basah. Tayangan berdurasi pendek itu mengaduk-aduk perasaan saya dan membuat saya tak mampu menahan airmata yang mendesak keluar diujung mata. Ini bukan airmata kesedihan, tapi entah apa nama yang bisa saya sematkan untuk airmata yang lahir dari perasaan yang membuncah saat menyaksikan kepolosan wajah anak-anak berseragam sekolah dasar dengan binar mata seindah bintang malam dan tingkah yang spontan berbaur bersama para relawan pengajar di sebuah kegiatan yang bertajuk Kelas Inspirasi.

Anak-anak itu tertawa, berlari, melompat, teriak mengekspresikan kegembiraan, rasa ingin tahu dan antusiasme yang besar tentang sesuatu yang mungkin mereka belum pernah dengar dan lihat sebelumnya. Para relawan yang merupakan profesonal dari berbagai bidang itu datang membawa inspirasi buat mereka, mengajak anak-anak bermimpi bahwa mereka kelak bisa menjadi seperti salah satu relawan tersebut. Dikemas dengan apik, penuh warna warni kegembiraan khas anak-anak, permainan dan yel-yel yang seru, dengan berbagai gaya dan alat peraga, para relawan tak kalah antusiasnya membawa anak-anak ke alam impian mereka. Saya terharu, mencoba menelisik ke dalam kalbu, apa yang bisa saya berikan pada anak-anak yang selalu berhasil membuat saya jatuh hati dimana pun saya menemukan mereka. Apa yang bisa saya lakukan untuk anak Indonesia.

Mereka ini, anak-anak Indonesia yang memiliki beragam cita-cita, ada yang ingin menjadi pengacara supaya bisa membebaskan orang yang tidak bersalah. Ada pula yang ingin menjadi kartunis karena sejak kecil suka menggambar, ada pula yang ingin jadi dokter gigi supaya bisa makan yang manis-manis dan menyembuhkan orang yang sakit gigi dan berbagai profesi lain seperti model, geologis, peneliti, pilot, arsitek dan lainnya. Tapi banyak diantara mereka yang bahkan belum pernah melihat langsung seperti apa sosok dibalik cita-cita mereka. Seperti salah satu testimoni seorang anak dalam video itu yang mengatakan, “tapi aku belum pernah ketemu Dokter Gigi, aku gak tau kalo jadi dokter gigi itu gimana, aku taunya dokter gigi itu bisa menyembuhkan gigi orang yang sakit”. Lihatlah, mereka butuh inspirasi dan kita lah inspirator mereka.

Seperti kalimat bapak Anies Baswedan penggagas Indonesia Mengajar dimana Kelas Inspirasi bernaung dibawahnya, kalimat yang saya sematkan di awal tulisan ini, bahwa “Potret masa depan Indonesia ada di ruang-ruang kelas, anda hadir di kelas itu, membangkitkan mimpi mereka!” Kalimat itu menggugah perasaan saya, saya ingin jadi bagian gerakan itu, menjadi salah satu yang membawa impian anak-anak ke ruang kelas. Lalu dengan bulat hati saya membuka website Kelas Inspirasi, memilih Bogor sebagai kota terdekat yang bisa saya tempuh di sela-sela pekerjaan saya dan mendaftar dengan mengisi aplikasi yang sudah mereka sediakan. Balasan melalu email beberapa minggu kemudian menyampaikan bahwa saya terdaftar untuk menjadi salah satu relawan di Kelas Inspirasi Bogor. Saya senang dan bangga, siap berkontribusi nyata dalam salah satu tagline mereka “Cuti satu hari, menginspirasi seumur hidup”. Saya tahu bahwa saya harus menyisihkan waktu diantara peran saya lainnya sebagai ibu dan pekerja, tapi ini bukanlah pengorbanan tapi sebuah kehormatan. Saya tak akan melewatkan kesempatan ini.

Think Big, Start Small and Act Now

P8312154

Sampai jumpa di 11 September 2013

Bogor, 31 Agustus 2013

Note: Featured image diambil dari www.kelasinspirasi.org

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

IMG_1365

Inspirasi Buat Anak Negeri

Saya ingin menjadi pilot, karena saya ingin mengantarkan orang-orang keliling dunia Saya ingin menjadi atlit ...

8 comments

  1. Sukses untuk kelas inspirasinya Mba Donna, ngebacanya saya ikut merinding….salam untuk anak2 muridnya ya 🙂

  2. Boleh numpang nangis nggak? aku malah kebayang Daffa' dan Abyan di pelupuk mataku.. anak-anak manisku 🙁

  3. Inspiratif banget Don. Ini duaniamu banget deh. But, Anies bikin patah hati pas mutusin ikut konvensi 🙁

  4. Ini salah satu postingan yg saya suka… pendidik yg berjiwa sosial tinggi… hehehe… jarang2 loh bu Dosen yg mau terjun langsung kaya begitu…. g rugi deh punya dosen yg berkarakter kaya ibu… salut…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge