Saturday, October 21, 2017
Home » Uncategorized » Kamera Andalan Untuk Pejalan
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kamera Andalan Untuk Pejalan

Sejak kegiatan travel blogging itu adalah kerjaan yang multi tasking, tak jarang saya melihat bahwa untuk satu perjalanan saja seorang traveler membawa beberapa jenis kamera. Kebayang khan gimana repotnya saat semua harus ditenteng kesana kemari, itu belum termasuk tripod atau minipod dan atau gimbal untuk merekam video lho. Jadi sebenarnya kamera seperti apa sih yang dibutuhkan seorang traveler?

Setiap melakukan perjalanan, terlebih perjalanan tersebut adalah sebuah liputan atau terkait dengan pekerjaan saya sebagai travel blogger dan social media partner, saya hampir selalu membawa empat jenis kamera. Satu kamera yang melekat di gawai saya, satu kamera action, satu kamera pocket dan satu kamera mirrorless. Gak semuanya saya pakai secara bersamaan sih dan kadang-kadang ada yang gak sempat terpakai.

Meski dibawa semua, namun seringkali yang selalu saya gunakan hanya dua yaitu kamera yang melekat di telepon seluler saya dan kamera mirrorless. Kamera pocket lebih berfungsi sebagai kamera cadangan yang nyaris tidak pernah dipakai, begitu juga kamera action yang bahkan hanya saya keluarkan bila ada teman perjalanan saya yang bersedia menggunakannya atau saat harus berbasah-basahan di pantai, laut atau sungai. Selebihnya saya hanya menyimpanya di dalam ransel saya.

Serba salah memang, kalau kamera-kamera tersebut ditinggal takutnya nanti di lapangan diperlukan, namun dibawa dan tidak digunakan itu juga sebenarnya berat-beratin ransel aja sih hehehe. Alhasil ya gitu deh, selalu dibawa dan digunakan apabila diperlukan saja. Itulah mengapa saya membutuhkan kamera ponsel yang andal untuk mengambil gambar, meski fungsi utamanya adalah untuk memudahkan untuk live instagram atau live tweet, hasil dari kamera ponsel sudah sangat mumpuni untuk kebutuhan blogging. Sedangkan untuk kualitas yang lebih baik saya memang masih mengandalkan kamera mirrorless.

in frame: Dieta Hadi
in frame: Dieta Hadi

Dalam benak saya sih pengen banget punya kamera yang “sagala aya”, artinya semua kebutuhan saya bisa terakomodir dalam satu kamera saja. Yang paling utama tentu saja tetap kualitas, namun selain itu saya lebih menyukai kamera yang bobotnya ringan dan ukurannya gak besar-besar amat. Mirrorless cukup lah memenuhi kebutuhan saya dalam hal ini. Saya juga membutuhkan kamera yang memiliki fasilitas jaringan internet nirkabel agar memudahkan  proses transfer atau mengunggah gambar. Nah selain itu juga saya perlu kamera yang tahan di berbagai medan mengingat saya sering membawanya traveling dan mengambil gambar di luar ruangan dengan cuaca yang kadang bisa berubah setiap saat dan tak bersahabat.

Nah saya sudah mulai intip-intip nih kira-kira kamera apa yang akan saya beli di Mataharimall.com yang memenuhi kebutuhan saya di atas. Pengen juga punya kamera baru yang fresh from the open hehehe. Soal membeli barang, biasanya saya gak terlalu repot, yang pasti sih harus sesuai antara budget yang saya miliki dengan spesifikasi yang diinginkan. Jadi, memang harga kamera tentu saja menjadi pertimbangan yang utama. Khan repot kalau pengen yang canggih-canggih tapi duitnya gak ada, khan gak bakal kebeli juga. Atau sebaliknya, kalau budget-nya cukup, mengapa tidak memilih kamera dengan spesifikasi terbaik yang mampu dibayar, ya khan?

Oh ya, jangan lupa juga lho kalau dana yang kita siapkan jangan hanya cukup untuk membeli kamera saja. Karena bisa jadi kalian membutuhkan lensa tertentu dan tidak cukup hanya menggunakan lensa kit atau lensa bawaan saat membeli. Kalian juga mungkin butuh aksesoris tambahan seperti tas atau tripod dan teman-temanya. Jadi harus menyiapkan atau menyisihkan dana di luar budget untuk kamera saja.

Nah, kalau kalian kira-kira butuh kamera yang seperti apa? Dan apakah kamera yang sekarang sudah memenuhi kebutuhan kalian?

Yuk sharing.

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

2 comments

  1. Iya, lensa kamera merupakan salah satu senjata para kameramen hehe

  2. Kalau saya cuma mengandalkan HP satu saja, ga punya kamera. hiks….
    adi pradana recently posted…Membatalkan Tiket Kereta di Stasiun YogyakartaMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge