Home » Volunteering » Janji Kemerdekaan
team SDN Babakan Surabaya

Janji Kemerdekaan

Bahwa kewajiban semua anak bangsa yang terdidiklah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.  Sebuah janji kemerdekaan yang harus kami lunasi. Dan kami datang untuk memenuhi janji kami pada negeri ini…. Indonesia.

Selamat pagi, inspiring people…

P2090280Begitu ucapku dalam hati pada sekelompok anak muda yang kegiatannya selalu membuatku terinspirasi. Pasukan Oranye, begitulah aku menyebut sekelompok orang yang sudah berkerumun saat aku memasuki gerbang Pendopo Bandung Minggu 9 Februari 2014 sekitar pukul delapan pagi kemarin. Langit redup di sekitar Alun-Alun Barat saat itu, lalu lintas pun masih terlihat lengang di saat aku dan seorang teman sesama relawan dari Jakarta menyeberangi Jalan Dalem Kaum Bandung. Meski begitu, cuaca redup dan hari libur tak menyurutkan semangat kami untuk berkumpul di acara briefing Kelas Inspirasi. Mereka yang aku sebut pasukan oranye itu bahkan lebih hebat lagi semangatnya karena tentu saja mereka yang berjumlah kurang lebih 43 orang ini sudah sibuk sejak berbulan-bulan lalu dan sudah datang jauh lebih pagi dari kami untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Mereka yang sebagian besar masih muda ini adalah para relawan panitia Kelas Inspirasi Bandung. Dengan menggunakan kaos seragam berwarna oranye terang khas Kelas Inspirasi, mereka siap menyambut dan membantu para relawan pengajar dan relawan dokumentasi yang datang. Lihatlah sambutan mereka, wajah-wajah ramah dan senyum yang tulus mempersilahkan kami mengisi daftar hadir, membagikan tanda pengenal dan minuman ringan.

Kelas Inspirasi adalah derivasi program dari Indonesia Mengajar. Dalam kegiatan ini, para relawan pengajar dari berbagai profesi diminta untuk bersedia cuti selama satu hari untuk membangun mimpi anak-anak Indonesia dengan memperkenalkan profesi mereka pada anak-anak tingkat sekolah dasar yang tersebar di seluruh Indonesia. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara terjadwal di setiap kota. Rencananya pada tanggal 19 Februari 2014 nanti, giliran Kota Bandung yang akan melaksanakan kegiatan ini untuk kedua kalinya. Maka sesuai dengan rencana, hari ini kami semua baik relawan panitia, pengajar, dokumentasi dan perwakilan sekolah akan berkumpul selama kurang lebih empat jam ke depan. Acara briefing yang terjadwal dari jam delapan pagi sampai jam dua belas siang ini akan diisi dengan perkenalan sesama relawan, manajemen kelas, tips dan trik mengajar, serta penyusunan rencana bersama tim dan pihak sekolah tempat masing-masing relawan ditempatkan.

P2090283Duduk bersila dalam suasana gerimis halus di bawah atap pendopo berbentuk limas bersusun tiga, aku dan ratusan relawan lainnya asik mengikuti acara demi acara. Tiada kebosanan menghampiri. Acara dikemas begitu santai namun tetap hangat dan penuh semangat. Tak ada teori-teori rumit mengenai tips dan trik mengajar dan menghadapi anak-anak sekolah dasar. Namun begitu banyak hal menarik yang kami dapatkan yang mungkin tak kami temui dalam keseharian kami sebagai profesional yang kerap terasa begitu formil dan teratur. Awalnya banyak yang ragu dan masih kaku untuk rileks dalam suasana yang sengaja diciptakan seolah kami berhadapan langsung dengan anak-anak sekolah dasar. Namun beberapa anak muda dari alumni Pengajar Muda –juga derivasi program Indonesia Mengajar- menyampaikannya dengan cara yang sangat menyenangkan dan lucu. Maka tak heran bila sesudahnya kami semua tak segan lagi untuk tertawa, menciptakan permainan lalu memainkan bersama. Kami juga bernyanyi, menggerakkan badan, meneriakkan yel-yel dan berpura-pura menjadi anak kecil. Sinergi tercipta.

Dalam kegiatan Kelas Inspirasi Bandung Dua ini, tak kurang dari 800 relawan yang mendaftar dan 500 orang diantaranya terpilih untuk menginspirasi di 41 sekolah dasar di penjuru Kota Bandung. Dengan rata-rata jumlah murid per kelas berjumlah 30 siswa, maka diperkirakan akan ada 9.300 anak Indonesia yang akan mendengarkan inspirasi hebat dari para relawan pengajar. Membangun mimpi mereka, mengajarkan bagaimana mengejar mimpi mereka dan menjadikan impian sebagai kendaraan untuk membangun dan mencapai cita-cita bangsa ini. Ini baru bicara di regional Bandung, belum termasuk angka-angka yang datang dari berbagai kota di tanah air, dilakukan secara terjadwal dan terus menerus dengan kualitas yang meningkat setiap pelaksanaannya. Bukankah ini sebuah gerakan yang luar biasa?

Acara ditutup dengan penayangan video pelaksanaan Kelas Inspirasi Bandung yang pertama di SDN Haur Pancuh dan dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Dua hal yang selalu menghadirkan suasana istimewa. Sudah tak terhitung aku melakukan kedua hal tersebut, menyaksikan video berbagai Kelas Inspirasi dari penjuru negeri ini dan menyanyikan Lagu Kebangsaan di berbagai kesempatan resmi, namun perasaan yang sama selalu hadir. Sesuatu membuncah dari dalam dada, rasa yang mendesak keluar lalu mewujud getar jiwa yang terasa dan hangat di sudut mata. Aku selalu sentimentil soal ini. Terbayang di mataku, wajah polos dan binar mata anak-anak itu di antara kibar bendera Merah Putih di langit Indonesia. Aku bangga menjadi bangsa Indonesia, dan membangun negeri ini adalah kewajibanku sebagai anak bangsa.

Tim SDN Babakan Surabaya 1 Bandung
Tim SDN Babakan Surabaya 1 Bandung

Satu hal yang aku bawa pulang sebagai oleh-oleh ke Jakarta setelah acara usai. Berulang kali dalam acara ini diingatkan tentang salah satu Janji Kemerdekaan yang tertuang dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Bahwa kewajiban semua anak bangsa yang terdidiklah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kegiatan ini bukan polesan permukaan, bukan pula supaya terlihat keren atau euforia sesaat, namun karena janji kemerdekaan yang harus kami lunasi. Dan kami datang untuk memenuhi janji kami pada negeri kami…. Indonesia.

Sampai jumpa tanggal 19 Februari 2014.

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

IMG_1365

Inspirasi Buat Anak Negeri

Saya ingin menjadi pilot, karena saya ingin mengantarkan orang-orang keliling dunia Saya ingin menjadi atlit ...

7 comments

  1. Hoo.. baru tau, ratusan gitu ya mba..
    tak kira di seleksi tuh cuma dikiit yg diambil dr banyak aplikan. Hmm.., makanya aku minder dan pesimis gk bakal masuk. lha wong prestasi aja ndak punya 😀

    Next aku mau ikut aahh..

  2. Wah acara nya keren bgt. Moga2 makin sering acara spy diadakan di seluruh Indonesia utk mengobarkan semangat anak2 meraih mimpi.. 🙂

  3. mak donaaaaa…aku pengen ikutannnnn 🙁

    tapi aku harus menginspirasi apa ke mereka nantih >_<

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge