Sunday, September 24, 2017
Home » Review and Event » Face Your Fear… #BeraniLebih Menghadapi Rasa Takut
donnaimelda.com

Face Your Fear… #BeraniLebih Menghadapi Rasa Takut

Bagaimana kalau penyakit Vertigo dan Low Back Pain  saya tiba-tiba menyerang, masak sih saya harus tidur sendirian, khan saya penakut. Duh, ditambah pula maskapai penerbangan yang saya gunakan adalah maskapai yang baru saja mengalami musibah pula, tak ada satu pun penumpang yang selamat dalam musibah itu. Ah, lengkaplah sudah ketakutan saya.

Belenggu Rasa Takut

Buat sebagian orang, ketakutan di atas mungkin dianggap berlebihan. Namun untuk perempuan seperti saya, itu merupakan masalah serius. Bahkan bila jenis ketakutan itu hadir dalam tingkat yang kuat, bisa mengakibatkan saya mengurungkan bahkan melewatkan beberapa peluang. Hingga suatu hari saya berpikir untuk #BeraniLebih menghadapai rasa takut itu dan memutuskan untuk melawan semua ketakutan saya.

Keliling Dunia Tanpa Rasa Takut
Keliling Dunia Tanpa Rasa Takut

 

Mengetahui Sumber Rasa Takut

Semua ketakutan bisa saja dialami setiap orang dan ternyata sumber ketakutan itu ada di pikiran kita itu sendiri.

Sebenarnya mudah untuk melupakan hal-hal yang tidak menyenangkan jika kita benar-benar menolak untuk mengingatnya. Ketika anda mengingat situasi apapun, berkonsentrasilah pada sisi baik dari pengalaman tersebut. Kuburkan saja sisi buruknya. Jika anda mendapatkan diri anda berpikir tentang sisi yang negatif, hentikan berpikir sama sekali (David J. Schwartz dalam The Magic of Thinking Big).

Bagaimana Mengatasi Rasa Takut

1. Berpikir Positif

Fokus pada hal-hal positif
Fokus pada hal-hal positif

Perjalanan jauh ke India sendirian, melatih untuk berpikir positif. Saya menanamkan pikiran positif bahwa penerbangan akan aman, transit yang menyenangkan meski waktu transit hingga sembilan jam. Dan akan banyak orang baik selama perjalanan yang akan membantu  bila  mengalami kesulitan.

 2. Persiapan yang Baik

Well Prepared
Well Prepared

Tentu saja pikiran positif harus diimbangi dengan kesiapan yang prima. Uang yang cukup, kartu kredit untuk emergency, obat-obatan bila tiba-tiba sakit, konsultasi ke dokter sebelum berangkat dan membeli asuransi perjalanan. Memastikan dokumen dan barang-barang yang diperlukan lengkap. Bila perlu, bawa barang-barang yang menimbulkan rasa nyaman seperti bantal leher, buku dan cemilan, alat pemutar musik dan lain-lain.

3. Just do it alias bertindak

Just DO It
Just DO It

Saya banyak mengalami hal yang justru menjadi kenangan manis dari sebuah perjalanan karena melakukan tindakan. Saya masih ingat sekali bagaimana serunya naik roller coaster di Universal Studio. Petualangan seru dan keindahan bawah laut mungkin tak akan saya nikmati bila saya tidak melompat ke laut. Bayangkan saya yang penakut dan tak pandai berenang ini harus berenang di bawah permukaan air. Namun toh saya lakukan juga. Dan terakhir sebagai penutup, saya tidak akan mampu menikmati perjalanan darat selama 14 hari sejauh 2500 km, tidur sendirian setiap malam di Kerala, India bersama 30 travel bloggers dunia yang berasal dari 21 negara,  bila saya tak berhasil mengalahkan ketakutan saya.

Dengan #BeraniLebih mengatasi rasa takut, saya bisa melakukan lebih banyak hal, lebih banyak perjalanan, dan mampu lebih banyak lagi berbagi manfaat buat orang lain melalui cerita-cerita perjalanan saya.

Face your fear, putuskan untuk bahagia menjalani hobi tanpa rasa takut. Dan saya sudah memutuskannya. Bagaimana dengan anda?

Dengan #BeraniLebih mengatasi rasa takut, saya bisa melakukan lebih banyak hal, lebih banyak perjalanan, dan mampu lebih banyak lagi berbagi manfaat buat orang lain melalui cerita-cerita perjalanan saya.
Dengan #BeraniLebih mengatasi rasa takut, saya bisa melakukan lebih banyak hal, lebih banyak perjalanan, dan mampu lebih banyak lagi berbagi manfaat buat orang lain melalui cerita-cerita perjalanan saya – donna

Penulis: Donna Imelda | https://www.facebook.com/donna.imelda | https://twitter.com/donnaimelda | https://instagram.com/donnaimelda/

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

IMG20170405103421

Forward Your Dreams: Catatan dari Peluncuran Brand Promises CIMB Niaga

Memiliki impian ternyata bukanlah hal sederhana bagi orang dewasa. Di masa kanak-kanak kita sangat mudah ...

13 comments

  1. Sudah berani mengatasi rasa takut ya mbak, keren bisa ke India
    Lidya recently posted…BEAU – Head To Toe Online BeautyMy Profile

  2. “Face your fear, putuskan untuk bahagia menjalani hobi tanpa rasa takut” <—- Catet!

    Salut dan bangga padamu mbak (y)

  3. Karena rasa takut harus dilawan, bukan malah diperlihara 🙂 *pengen ke india juga euy*:D
    Fahmi (catperku) recently posted…Rekam Jejak Sang Maestro Di Museum AffandiMy Profile

  4. Aaaaah, mbak Donna kereeeen *jempol*
    Orin recently posted…When I See You AgainMy Profile

  5. Sudah juga mbak Donna. Ketike sebelas tahun yang lalu pertama kali menjejakkan kaki di India. Solo backpacking, sekalian persiapan kuliah S2 disini. Worry-nya segudang, ketika berpikiran postif, semua aman terkendali. Ngatur itinerary yang aman. Sesuatu yang besar dalam hidup yang memang harus ditaklukkan adalah Diri Sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge