Home » Review and Event » [Book Review] Kisah Hebat Nabi Muhammad dan Kisah-Kisah Ajaib Lainnya”
P_20160522_135316[1]

[Book Review] Kisah Hebat Nabi Muhammad dan Kisah-Kisah Ajaib Lainnya”

Dummy buku berukuran besar dengan gambar bernuansa kanak-kanak yang didominasi warna biru muda menarik perhatian saya Minggu, 22 Mei 2016. Judulnya menarik, “Kisah Hebat Nabi Muhammad dan Kisah-Kisah Ajaib Lainnya”. Peluncuran buku yang ditulis Astri Damayanti inilah yang menjadi alasan kehadiran saya di Toko Buku Gramedia Matraman siang itu.

Media Pembentukan Karakter Anak
Tak hanya orang dewasa yang hadir, namun juga para orang tua yang membawa anak-anak mereka. Wajah antusias mereka terlihat, seolah tak sabar menanti acara dimulai. Kehadiran buku-buku cerita anak dengan tema Islami memang sangat ditunggu-tunggu oleh para orang tua, karena muatannya yang memberikan dampak positif pada perkembangan anak-anak Indonesia serta mampu membantu proses pembentukan karakter anak menjadi pribadi yang ungggul.

Salah satu yang hadir dalam acara mengatakan bahwa, saat ini para orang tua dan pendidik memang menghadapi tantangan yang cukup besar dalam pendidikan karakter anak di tengah gempuran arus teknologi informasi dari berbagai penjuru melalui berbagai media, terutama televisi dan internet. Kehadiran buku yang berisi teladan Nabi Muhammad SAW dan nabi-nabi lainnya ini menjadi sebuah alternatif membentuk karakter anak melalui bacaan.

Don’t judge a book by it’s cover.
Sering dengar istilah ini khan? Namun tak bisa dipungkiri bila ketertarikan pada sebuah buku dimulai dari desain sampulnya. Idealnya, sampul dan isi buku sama bagusnya, meski pada akhirnya isi buku lah yang menentukan bagus atau tidaknya. Istimewanya, Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad dan Kisah-Kisah ajaib Lainnya ini memiliki keistimewaan tersebut. Baik sampulnya maupun isi bukunya. Baik dari segi desain dan ilustrasi maupun kontennya, semua bagus.

Sampulnya menarik, berwarna biru nan lembut dipadu warna-warna cerah. Judulnya menarik dan memiliki rima sehingga enak didengar dan mudah diingat serta memiliki ukuran huruf untuk judul yang proporsional dengan ukuran buku. Sampul buku terlihat sangat elegan dan kuat, nyaman dipegang. Sampul dibuat dari kertas tebal, laminated dan glossy. Motif hologram yang disematkan membuat sampul terlihat berkilau dan mewah. Sampul seperti ini membuat buku lebih terlindungi, tak gampang kotor.

Ilustrasi sampulnya juga menarik, terutama untuk anak-anak. Ilustrasi sampul di bagian bawah mengambil setting dengan nuansa khas Islam seperti bangunan masjid dan beduk. Sedangkan di bagian atas dan di bagian belakang, menyajikan ilustrasi perahu dan binatang-binatang yang diambil dari kisah Nabi Nuh. Karena target utamanya adalah anak-anak, baik yang sudah bisa membaca maupun yang masih harus dibacakan orang tua, maka sampul demikian akan menarik pembaca untuk melihat lebih jauh ke dalam isi buku.

P_20160526_171722[1]

Penuh Warna dan Gambar
Ada 87 kisah dalam buku ini. Sebagian besar adalah kisah-kisah yang sudah saya sering dengar sejak saya kanak-kanak, dan ada sebagian kecil lainnya belum pernah saya dengar. Membaca buku ini seperti mengulang kembali masa-masa kecil, senang rasanya mendengar kisah-kisah ajaib seperti ini dari guru mengaji. Sayang saya tak sempat mendongengkan kembali seluruhnya untuk anak-anak saya ketika mereka masih kecil. Kesibukan telah melalaikan saya untuk menelusuri kembali kisah-kisah hebat ini.

Alhamdulillah ada buku ini, meski anak-anak sudah besar saya tetap bisa menceritakannya dengan menyesuaikan gaya bahasa sesuai dengan usia mereka. Buku ini membantu para orang tua untuk memiliki banyak stok cerita buat anak-anak mereka. Setidaknya dari buku ini saja, kita akan bisa mendongeng sebelum tidur selama 87 hari setiap malam tanpa kekhawatiran akan kehabisan stok cerita. Lalu terbit sebuah tanya, mengapa tak digenapkan saja ya menjadi 90 kisah agar bisa genap ada stok cerita selama tiga bulan hehehe.

Jangan khawatir akan bosan membacanya meski tebal buku ini mencapai 265 halaman. Setiap kisah disajikan sebanyak tiga halaman dan dilengkapi dengan gambar. Bukan hanya di setiap kisah, namun seluruh halaman di buku ini didesain secara berwarna, dilengkapi dengan ilustrasi atau gambar bahkan dengan ukuran gambar setengah halaman. Sungguh memanjakan mata anak-anak. Bisa dipastikan anak-anak yang membacanya akan menyukai buku ini dan tidak akan bosan.

Sarat Teladan
Semua kisah diceritakan dengan kalimat yang sederhana dan dari sudut pandang teladan dari para tokoh dalam cerita. Tokoh yang ada dalam cerita tak hanya manusia namun juga binatang. Dengan demikian anak-anak tidak akan bosan menikmatinya karena pada kenyataannya, anak-anak juga sangat senang dengan tokoh binatang. Seperti misalnya kisah tentang doa sekelompok rusa yang memohon hujan. Walaupun doa itu dipanjatkan oleh binatang, tapi Allah mengabulkannya. Ini karena rusa-rusa itu berdoa dengan sangat sungguh-sungguh.

Ini adalah salah satu teladan yang diharapkan dapat membangun karakter anak-anak menjadi lebih baik. Setiap selesai membaca satu kisah, anak-anak langsung bisa mengambil pelajarannya, seperti teladan tentang kesabaran dan keteguhan pada kisah Penggembala Domba yang Puasa atau pelajaran pada kisah Abu Lahab, yang memberikan pelajaran bahwa tak baik berniat mencelakakan orang lain, karena bisa-bisa justru kita yang akan celaka akibat perbuatannya sendiri.

P_20160526_171905[1]

Pada kalimat-kalimat atau kata yang perlu diberi penekanan atau mengandung inti teladan cerita, atau istilah-istilah khusus, dicetak dalam huruf tebal dengan ukuran sedikit lebih besar. Hal ini membantu anak-anak mengambil pelajaran atau teladan cerita yang dapat dikaitkan dengan kehidupan masa kini. Untuk anak yang lebih kecil tetap harus didampingi, karena beberapa kisah tidak secara gamblang menjelaskan maknanya, perlu orang tua atau orang dewasa yang menjelaskan. Namun secara keseluruhan, kisah-kisah di buku ini sangat mudah dicerna anak-anak.

Bagaimana kisah-kisah dan teladan lainnya, sepertinya tak asik kalau diceritakan semua ya. Buku terbitan PT. Bhuana Ilmu Populer ini sudah terbit sejak April 2016 dan launching secara resmi kemarin. Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad ini bisa dibeli di semua cabang Toko Buku Gramedia atau secara online di www.MatahariMall.com seharga Rp. 115.000.-

Selamat membaca!

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

IMG20170624114433

[Resensi Buku] JAVASIESTA 17/17 – Indri Juwono

Perjalanan dengan seorang teman juga menjadi kendali pada diri sendiri. Bisakah tetap dengan karakter sendiri, ...

11 comments

  1. Semoga buku ini bisa bermanfaat bagi banyak anak-anak dan orang tua di Indonesia
    Terima kasih banyak atas reviewnya

  2. Buku yang sangat bermanfaat.. Pas banget dijadikan hadiah bagi putra putri kita penyemangat mereka beribadah selama ramadhan nanti..
    Jalan-jalan Rita recently posted…JALAN-JALAN KE SINGAPURA JANGAN LUPA MAMPIR KE MERLION PARKMy Profile

  3. kebetulan banget saya memang lagi cari buku cerita buat adik di rumah. Hem, tapi ya harganya lumayan ya. Baiklah nabung dari sekarang, sebelum lebaran. 😀

  4. Sukses untuk bukunya mbak Astri \^^/ Nanti saya coba cari di Gramedia Lombok ahh..
    Thanks infonya ya mbak Donna 🙂

  5. Sukses selalu untuk penjualan bukunya…
    and
    Salam Kenal
    Dedy Akas Website recently posted…UrbanIndo.com Website Jual Beli Properti TerpintarMy Profile

  6. Sukses terus mbak astri, lama kita ngak berjumpa 🙂
    cumilebay recently posted…Hasekkkkk … Nemu Hotel Murah Rasa MEWAHMy Profile

  7. Ulasannya menarik bangeeet, makasih ya, anak-anakku juga suka buku itu alhamdulillah

  8. buku2 bener2 dikemas dengan menarik … mudah2-an anak2 jadi senang membaca kisah2 tauladan ini .. bukan hanya main game terus

  9. jadi pengen punya bukunya kak

  10. Warna-warni, pastinya ga bikin bosen.
    Pas banget, anak-anak pasti suka. 🙂

  11. bagus sekali bun kisah nya, bukunya juga menarik penuh warna.
    anak pasti akan suka.

    salam kenal bun, sukses lelau buat bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge