Tuesday, September 26, 2017
Home » Review and Event » Biarkan Kartu Nama Yang Bicara
11261712_10153239025526359_6167264009173245117_n_Snapseed

Biarkan Kartu Nama Yang Bicara

Hampir sebagian besar orang mengalami kesulitan untuk membuat desain kartu nama, begitu juga saya. Namun bagi sebagian yang lain, desain bukanlah masalah penting, selama di kartu nama tersebut telah memuat informasi penting tentang dirinya, maka itu sudah cukup. Dulu saya juga seperti itu, namun kini saya memiliki pandangan lain tentang desain kartu nama. Bagaimana dengan anda? Seperti apa kartu nama yang ideal menurut anda? Berikut adalah kartu nama ideal menurut versi saya.

Kartu nama bukan benda yang asing buat saya, namun selama 15 tahun bekerja di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta, entah mengapa kartu nama saya jarang sekali habis. Mungkin urusan saya hanya seputar rumah dan kampus dan jarang bertemu orang baru. Maka begitulah nasib kartu-kartu nama itu, ketika pindah ke bagian lain, maka akan ada kartu nama baru yang mengalami hal yang sama, tak habis-habis hingga jabatan berganti.

Ceritanya menjadi berbeda ketika saya mulai memutuskan untuk keluar dari zona nyaman saya di kampus sejak dua tahun silam dan mengikuti beberapa kegiatan lain. Saya punya impian baru di luar karir saya sebagai dosen. Sejak itu saya mulai sering keluar rumah, entah itu untuk traveling, kegiatan volunteering, atau mengikuti berbagai workshop menulis dan berbagai acara. Di situlah saya bertemu dengan banyak teman-teman baru, membina banyak relasi baru dan mulai merasa betapa pentingnya membangun jejaring.

Kartu nama yang tadinya hanya sebagai pelengkap dalam pekerjaan, kini menjadi sangat penting ketika saya membangun jejaring di luar kehidupan kampus. Saya perlu bertemu dengan lebih banyak orang, perlu belajar lebih banyak hal dan perlu untuk dikenali dan diingat oleh orang lain. Kekuatan jejaring itu luar biasa, karena dari situlah saya bisa tumbuh dan berkembang, bisa melakukan lebih banyak hal serta mendapatkan lebih banyak peluang yang menghasilkan uang.

Dari situ juga saya belajar bahwa desain kartu nama adalah hal penting selain keberadaan kartu nama itu sendiri. Impresi pertama yang didapat saat meyodorkan kartu nama akan memberikan kesan tersendiri bagi si penerima. Karena itu desain dan kualitas kartu nama bukanlah sekedar masalah teknis bagaimana kemampuan kita menggunakan program atau aplikasi untuk membuat desain tersebut terlihat cantik atau bagus, namun lebih kepada bagaimana desain itu bisa mewakili diri kita.

Beruntung saya memilik partner kerja yang membantu mendesain kartu nama sesuai dengan saya inginkan. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi pertimbangan desain kartu nama menurut versi saya sebagai travel writer dan blogger. Kartu nama tersebut harus memuat informasi tentang:

1. Siapa saya

  • Profesi
    Saya memang menulis profesi saya sebagai penulis sebagai informasi utama di kartu nama. Kata tersebut menggunakan jenis huruf yang berbeda, warna yang mecolok dan memiliki ukuran paling besar dibanding informasi lain. Harapannya adalah, ketika si penerima kartu nama membutuhkan bantuan berkaitan dengan urusan penulisan maka ia akan mengingat saya sebagai penulis.
  • Nama
    Termasuk informasi penting, karena menggunakan namalah kita disapa atau dipanggil. Namun karena nama saya sama persis dengan nama akun sosial media yang saya gunakan, maka nama-nama akun sosial media tersebut saya anggap sudah memberikan informasi tersebut dan tidak perlu lagi mencantumkan nama di atas kartu nama.
  • Profil diri
    Berawal dari ide bahwa saya ingin penerima kartu nama bisa mengetahui sekilas tentang saya, maka dicantumkanlah profil singkat di kartu nama. Supaya tidak terlihat terlalu banyak informasi yang dijejalkan pada kartu nama, maka profil tersebut ditulis sebagai latar dan menggunakan huruf yang transparan.
  • Tagline
    “Ketika Lensa dan Aksara Bicara” menjadi tagline saya dalam menulis. Hal ini mungkin karena saya ingin sekali menjadi travel writer dan photographer profesional kelak. Tagline ini pula yang akhirnya menjadi afirmasi positif dalam menulis, terutama saat menulis catatan perjalanan agar membuat tulisan yang bagus dan didukung oleh foto yang berkualitas pula.

2. Alamat showroom saya

  • Alamat website
    Kantor saya ada dimana-mana, tergantung tempat saya berjalan, menulis, mengambil gambar atau meliput. Semua saya pajang di etalase showroom digital di dua website pribadi yaitu www.donnaimelda.com dan www.ayopelesiran.com . Dua informasi ini wajib tertera di kartu nama.
  • Akun-akun sosial media
    Siapapun yang akrab dan tahu manfaat penggunaan sosial media, pasti setuju bahwa sosial media juga adalah showroom yang bisa kita gunakan untuk menampilkan kepribadian seseorang, hasil karya dan kesehariannya. Sosial media juga menunjukkan performa diri di sosial media yang ukurannya berguna sebagai portofolio untuk mendapatkan peluang pekerjaan. Ini juga wajib ada di kartu nama.

3. Alamat dan nomer kontak
Alamat surat elektronik juga harus ada di kartu nama, namun nomer telepon seluler yang saya tampilkan hanya yang terhubung dengan internet agar memudahkan komunikasi secara online selain lewat telepon dan membiarkan nomer telepon lain hanya digunakan untuk kepentingan lain seperti keluarga dan orang-orang di lingkaran terdekat atau yang tidak memiliki relasi bisnis dengan saya.

4. Foto diri
Nah ini nih yang agak unik. Awalnya saya sungkan menampilkan foto diri dalam kartu nama. Boleh dikatakan bahwa cetakan pertama kartu nama berfoto hanyalah coba-coba dan menyebarkannya hanya di kalangan terbatas. Namun saya hampir selalu menerima apresiasi positif tentang foto di kartu nama tersebut. Sebagian besar mengatakan, hal ini perlu supaya mudah diingat, meski ada juga yang mengatakan bahwa ini terkesan narsis dan mirip kartu nama kampanye, hiks.

Saya sempat kecil hati dengan julukan narsis tersebut. Tak apalah, setiap orang punya selera yang berbeda. Namun ketika beberapa pihak yang kemudian memberi saya peluang kerjasama mengatakan bahwa dia tak lupa dengan saya karena ada foto yang tertera di kartu nama, akhirnya saya memutuskan untuk melanjutkan cara ini di desain kartu nama saya berikutnya. Jadi bukan sekedar narsis ya, ada tujuan lain tentang menampilkan foto di kartu nama.

Nah kalau kalian bagaimana? Desain seperti apa yang teman-teman suka? Tak perlu khawatir bila tidak ahli dalam membuat desain atau sungkan meminta bantuan orang lain untuk mendesainkan kartu nama anda. Perusahaan percetakan kartu nama seperti praktisprint.com sudah menyediakan ratusan template yang bisa anda pilih sesuai dengan karakter anda. Desain-desainnya selain banyak, juga bagus-bagus dan menarik.

Begitu juga informasi yang ingin tertera di atas kartu nama, bisa dimodifikasi sesuai selera. Jangan kuatir hasil cetakannya, dijamin berkualitas prima. Baik yang menggunakan desain sendiri atau menggunakan template yang sudah ada. Saya sudah membuktikannya dan sangat puas dengan hasil cetakannya. Ingat lho, kesan pertama lahir dari pertama kali kita memperkenalkan diri, termasuk saat menyodorkan kartu nama. Maka beri senyuman, sodorkan kartu nama dan biarkan kartu nama yang bicara.

Nah bagaimana teman-teman? Sudah membuat kartu nama?
Yuk kita bikin kartu nama…

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

IMG20170405103421

Forward Your Dreams: Catatan dari Peluncuran Brand Promises CIMB Niaga

Memiliki impian ternyata bukanlah hal sederhana bagi orang dewasa. Di masa kanak-kanak kita sangat mudah ...

11 comments

  1. Kartu namanya kece badai dah. Ini kemarin yang diposting di fb ya? Beliiiin *digiles :p

    Boleh ditiru nih tipsnya bikin kartu nama. Akoh kan juga mau kekinian kek mamak ^^
    Lestarie recently posted…(Bukan) Piknik Hora HoreMy Profile

  2. aku juga ada fotonya mbaaa… narsis dikit gapapa.. namanya juga emak2 kekinian.. hahaha

  3. Kartu namanya kereeenn mb. Aku ga pede menampilkan foto xixixi. Padahal lumayan untuk mengingatkan orang pada kita yaaa
    Maya Siswadi recently posted…Menjajal Makanan Nusantara ala Hotel Indonesia KempinskyMy Profile

  4. Tulisaanya enak dibaca, bikin betah.
    Ima Rochmawati recently posted…Terapi Self Healing untuk Korban Poligami, KDRT dan PerselingkuhanMy Profile

  5. Desainnya bagus, Mbak. Jadi beda banget sama template2 yg ada.

  6. Apik Mbak! Ada fotonya jadi lebih berkarakter nek menurut saya. 🙂
    Rifqy Faiza Rahman recently posted…#VisitJateng: Situs Liyangan Menuntut Perhatian (7)My Profile

  7. Desainnya bagusssss… ada fotonya lagi
    Ade anita recently posted…Sosialisasi Keuangan SyariahMy Profile

  8. Bagus designnya, itu pesen di Praktisprint itu yang di gambar kah??
    Sandi Prayoga recently posted…Kibarkan Merah Putih di Anak Gunung Krakatau Lampung saat Festival KrakatauMy Profile

  9. Banyak ya, blogger yg kada profesinya jadi PNS tapi malah sering nunjukin kartu nama sebagai travel blogger / writer.. wkwkw..
    insanwisata recently posted…Gunung Genthong dan Kisah Prabu BrawijayaMy Profile

  10. Waktu kelas 2 SMA kemarin saya dapat tugas untuk membuat kartu nama, saya langsung punya ide buat kartu nama yang desainnya kekinian yakni menggunakan flat design seperti desain kartu nama yang mbak punya itu. ^_^ Menurut saya kartu nama yang sederhana lebih keren.
    Jefry Dewangga recently posted…World Animal Day Setiap 4 OktoberMy Profile

  11. Baru kepikiran membuat kartu nama pribadi seperti begini. Selama ini saya hanya punya kartu nama yg berhubungan dgn dunia kerja saja dan itupun dibuatkan oleh perusahaan tempat saya bekerja.

    Jadi saya mikir dulu, bagaimana desain kartu namanya yg pas.

    Salam,
    Titik Asa recently posted…Bogor Jazz Reunion 2015: Jazz dan Kepedulian terhadap AlamMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge