Sunday, September 24, 2017
Home » Review and Event » Beras Maknyuss, Pilihan Tepat Konsumsi Aman Pangan Keluarga
20150910_100840

Beras Maknyuss, Pilihan Tepat Konsumsi Aman Pangan Keluarga

Ada pepatah lama yang mengatakan, kalau nasinya pulen, maka apapun lauknya pasti tetap lahap makannya. Kata-kata ini berlaku sekali dalam kehidupan saya sehari-hari, sejak saya kecil hingga kini berkeluarga dan memiliki anak. Tak heran jika memilih beras yang baik adalah salah satu urusan penting bagi kami sekeluarga.

Namun perkembangan jaman selalu menghadirkan dua sisi, baik dan buruk. Tingkat perekonomian yang tidak merata di negeri ini membawa dampak pada banyaknya praktek-praktek kecurangan pada bahan pangan. Terperangah saya membaca berita di sebuah situs pemberitaan online tentang penggunaan bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan pada beras yang dijual untuk konsumsi kita sehari-hari.

Beras polesan disebutnya. Biasanya adalah beras kualitas rendah yang di poles dengan bahan kimia pemutih, pewangi dan pengawet untuk memperbaiki penampilan beras dan menaikkan harga jual sehingga dapat menarik keuntungan yang lebih besar. Mengerikannya, ini sudah menjadi hal yang biasa di kalangan petani dan penjual dan celakanya tidak semua konsumen mengetahuinya. Hal ini membawa perubahan pola pikir yang juga bagi saya sebagai konsumen.

20150915_090807

Meski nasi yang pulen adalah hal penting dalam memilih beras yang dikonsumsi, namun beras yang aman buat kesehatan dan terbebas dari segala macam bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan adalah syarat mutlak untuk beras yang akan kami konsumsi sekeluarga. Apalagi beras adalah bahan yang kita konsumsi sehari-hari, bayangkan dampaknya buat kesehatan bila setiap hari, sedikit demi sedikit tubuh kita menerima bahan kimia yang berbahaya dan bersifat karsinogen tersebut melalui nasi yang kita konsumsi.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan beras yang baik.
1. Perhatikan tekstur beras
Pilih beras dengan tekstur yang masih baik, tidak berbau apek, bulir-bulirnya masih utuh, tidak getas dan mudah patah. Bila perlu cobalah gigit beras yang akan anda beli, bila beras tersebut mudah patah atau mudah hancur maka dikhawatirkan beras tersebut sudah menurun kualitasnya.

2. Jangan terkecoh dengan warna putih.
Beras yang baik justru warnanya putih bening sedikit kekuning-kuningan. Curigalah pada beras yang berwarna putih bersih, bisa jadi beras tersebut telah diproses dengan menggunakan bahan pemutih yang berbahaya. Beras-beras ini biasanya telah dicuci atau direndam dalam larutan klorin untuk memberikan warna putih bersih. Setelah dimasak, rasanya tak seenak beras alami tanpa pemutih bahkan ada yang sedikit pahit.

3. Tidak semua beras beraroma harum
Secara alami, beras yang mengeluarkan aroma harum seperti pandan hanyalah beras yang berasal dari varietas Pandan Wangi, itu pun wanginya tidak menyengat dan hanya bertahan beberapa bulan saja setelah di panen. Bentuk beras ini relatif lebih membulat tidak seperti varietas IR64 atau Setra Ramos yang memanjang. Jadi bila anda menemukan beras dengan wangi pandan yang terlalu kentara atau pada beras yang berbentuk pipih memanjang, maka curigalah bahwa beras tersebut telah diberi aroma buatan.

4. Pilih beras yang berlabel dan terpercaya, jangan terkecoh harga murah.
Beras dalam kemasan dengan label tertentu dan disertai dengan keterangan telah lolos uji dari Departemen Kesehatan dan bersertifikasi lebih memberikan kepastian pada konsumen terhadap mutu beras yang dijual. Untuk alasan ini juga saya kemudian memilih Beras Maknyuss buat keluarga saya. Dengan jaminan bahwa Beras Maknyuss bebas dari 3P, yaitu bebas bahan pemutih, pengawet dan pewangi, hal ini sangat membantu memberikan ketenangan pada konsumen.

20150915_091047

Keunggulan Beras Maknyuss
Beras Maknyuss adalah beras varietas IR64 yang telah memiliki standar ISO (International Standards Organization) dan SNI (Standar Nasional Indonesia) sehingga menghasilkan nasi pulen yang enak dan bergizi. Beras Maknyuss adalah beras tanpa 3P, yaitu tanpa pemutih, tanpa pengawet dan tanpa pewangi. Beras tersebut diproses dengan teknologi tinggi sehingga tanpa bahan kimia pun bisa menghasilkan beras yang berwarna putih alami.

Salah satu faktor penentu keawetan suatu bahan adalah kadar air di dalamnya. Beras Maknyuss diproses dengan tingkat pengeringan yang optimal sehingga beras akan tahan lama tanpa menggunakan pengawet namun tetap mempertahankan kandungan gizi yang diperlukan tubuh. Selain itu Beras Maknyuss juga diproses dan dikemas langsung untuk menjamin aroma alami beras tetap terjaga tanpa menggunakan pewangi.

Beras Maknyuss yang saya tanak, menghasilkan nasi yang lebih pulen namun bulir-bulir nasinya tetap kentara alias tidak lembek dan menggumpal-gumpal satu dengan yang lain. Menghasilkan nasi dengan warna dan aroma yang begitu alami sehingga anak-anak dan keluarga saya menyukainya. Saya pun tenang karena telah memberikan asupan yang tepat dan aman untuk kebutuhan pangan keluarga. Nah, apapun lauknya asal nasinya pulen dan aman dari 3P, maka makan pasti akan lahap.

20150913_120038

Bagaimana dengan anda? Sudahkan amankah beras yang digunakan saat ini? Mau coba Beras Maknyuss seperti saya? Gampang kok, saat ini Beras Maknyuss sudah bisa diperoleh di pasar tradisional, toko beras dan kelontong, mini market, supermarket, dan modern-modern outlet terdekat dalam kemasan 5 kg, 10 kg dan 25 kg.

Yuk kita berbelanja…

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

IMG20170405103421

Forward Your Dreams: Catatan dari Peluncuran Brand Promises CIMB Niaga

Memiliki impian ternyata bukanlah hal sederhana bagi orang dewasa. Di masa kanak-kanak kita sangat mudah ...

8 comments

  1. ohhh jadi tahu deh cara milih2 beras. sayakadang kurang perhatian soal betras hahaha

  2. Dari gambarnya udah keliatan pulen banget nasinya Mbak. Jadi pengen. Dimakan pake telor ceplok atau dadar aja pasti endeuss.. *lapaar….
    Dani recently posted…Review Film Maze Runner The Scorch TrialsMy Profile

  3. Percaya enggak percaya, kalau nasinya pulen dan enak dakuw bisa ngabisin banyak. Hahaha. Kalau nggak enak paling cuma sesendok dua sendok >,<
    Lestarie recently posted…Blog Tour + Giveaway Single Happy – Memori Cinta Anak KosMy Profile

  4. duh jadi ngiler pengen coba
    inna riana recently posted…Dikira RestoranMy Profile

  5. Kalau nasinya aja udah enak, lauknya apapun pasti juga jadi enak.
    Noted!
    *Kirim bacaan ke istri*

  6. Kirain aku beras merek maknyus mba ? tidak tahunya sama ya beras kita juga maknyus di rumah. apapalgi kalau lagi keadaan hangat di makan sama ikan asiin enak bener tuh……

  7. makan pakai sambel aja udah enak ya mbak 🙂
    Lidya recently posted…Karakter Sebuah BangsaMy Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge