Wednesday, November 14, 2018
Home » Review and Event » Belajar Bahasa Mandarin dengan menyenangkan di Saluran Anak Miao Mi
Photo Credit Miao Mi
Photo Credit Miao Mi

Belajar Bahasa Mandarin dengan menyenangkan di Saluran Anak Miao Mi

[donnaimelda.com] Belajar Bahasa Mandarin dengan menyenangkan di Saluran Anak Miao Mi – Dahulu ada anggapan, bila sudah mahir menggunakan Bahasa Inggris yang menjadi bahasa nomer satu di dunia itu sudah cukup. Tapi sekarang, pendapat itu sudah tidak berlaku lagi. Dalam dunia global saat ini, di mana Bahasa Mandarin menjadi bahasa nomer dua di dunia setelah Bahasa Inggris, maka kemampuan berbahasa Mandarin menjadi penting adanya.

Namun memang hal ini tak mudah. Jangankan belajar Bahasa Mandarin, Bahasa Inggris yang menggunakan huruf yang sama dengan Bahasa Indonesia saja, acapkali kita masih merasa sulit mempelajarinya. Kemampuan berbahasa asing memang tidak bisa diperoleh dengan instan dan akan lebih baik lagi bila dimulai sejak dini, sejak kanak-kanak. Untuk alasan itu pula, tanggal 28 Januari 2016 kemarin, Celestial Tiger Entertainment (CTE) dan PT MNC Sky Vision (MSKY) meluncurkan saluran anak-anak Mandarin dari CTE, Miao Mi.

Miao Mi adalah saluran anak Mandarin untuk anak Asia yang didedikasi untuk menghibur dan mendidik anak-anak prasekolah. Didesain untuk anak-anak usia tiga hingga enam tahun, Miao Mi menampilkan program-program edutainment dari para produser konten anak-anak terkemuka di China serta wilayah lain di Asia. Di Indonesia, Miao Mi dihadirkan MSKY sebagai perusahaan televisi berbayar terbesar di Indonesia secara eksklusif di paket Galaxy, Super Galaxy, and Venus Indovision, serta di paket basic Okevision.

Ada begitu banyak saluran anak dari negara Barat di Indonesia, namun Miao Mi terasa berbeda, karena program-programnya sengaja didesain dengan perspektif masyarakat Asia. Sebagaimana yang disampaikan Melissa Karim dalam sambutannya di peluncuran Miao Mi, bahwa dengan pendekatan perspektif Asia maka akan banyak nilai-nilai Asia yang ditanamkan ke anak-anak melalui cara yang menyenangkan.

Seluruh program-program Miao Mi disulihsuarakan dalam Bahasa Indonesia, kecuali pada program khusus Miao Mi yaitu Classroom yang hanya tersedia dalam Bahasa Mandarin. Namun para orang tua juga memiliki pilihan untuk menggantinya ke Bahasa Mandarin untuk meningkatkan pengalaman belajar Bahasa Mandarin pada anak-anak mereka fitur audio track dua bahasa, yaitu Mandarin dan Bahasa Indonesia.

Ofanny Choi, Executive Vice President, TV Networks, Celestial Tiger Entertainment (CTE) sebagai operator saluran televisi Asia terbesar yang ditujukan untuk konsumen Asia menyambut gembira kehadiran Miao Mi di platform CTE. Yudha Wibawa, Deputy CEO & Managing Director, PT. MNC Skyvision, Tbk dalam sambutannya mengatakan bahwa di sini anak-anak dapat menikmati konten Mandarin terbaik sambil belajar Bahasa Mandarin dengan cara yang yang mendidik dan menghibur.

Beberapa program yang tayang perdana dan eksklusif adalah Star Babies, serial animasi pemenang penghargaan mengenai sekelompok balita yang terinspirasi dari ikon film China seperti Bruce Lee dan Monkey King; Little Rabbit’s Kung Fu Academy, serial yang diproduksi khusus untuk anak prasekolah yang menampilkan para karakter dari film animasi 3D peraih penghargaan di China yaitu Legend of a Rabbit.

Ada juga Eori, serial animasi Korea berkualitas tinggi yang disulihsuarakan dalam Bahasa Mandarin, yang mengangkat cerita rakyat di Asia dan internasional; Rubi, serial menghibur yang diproduksi oleh studio animasi pemenang penghargaan di China, Zoland Animation; Happy Friends, serial animasi dengan rating tinggi di saluran televisi nasional China, CCTV, yang diproduksi oleh sutradara serial megahit Pleasant Goat and Big Big Wolf.

Menurut Melissa, kriteria tayangan TV anak berkualitas yang pasti harus sesuai dengan usia anak dan harus bisa menghibur sekaligus mendidik. Hal ini diterapkan pula untuk Jazz –putranya—yang saat ini berusia 4.5 tahun. Melissa mengatakan bawah ia harus memilih tayangan yang cocok untuk Jazz dan senang dengan adanya Miao Mi, karena membawa nilai-nilai Asia dalam tayangannya seperti hormat kepada yang lebih tua.

Selain itu, Melissa juga mengatakan bahwa harus ada kriteria umur dalam sebuah tayangan. Seperti di saluran Miao Mi, tayangan dikategorikan untuk anak usia 3-5 tahun dan 5-6 tahun. Jazz yang usianya hampir 5 tahun lebih senang menonton Pleasant Goat & Big Big Wolf di Miao Mi yang masuk dalam kategori tayangan usia 5-6 tahun. Satu hal lagi, Jazz juga bisa belajar Bahasa Mandarin dasar secara menyenangkan. Lumayan lho, setiap 20 menit, Jazz bisa belajar 2 kata Mandarin.

Nah, penasaran pengen menyaksikan langsung tayangannya? Monggo, pantengin saluran televisi Mandarin untuk anak Miao Mi di Indovision Chanel 38, Okevision Chanel 66 serta Play Media Ch. 38. Sedangkan untuk versi on-demand dan over-the-top (OTT) baru akan tersedia dalam waktu dekat.

Selamat menonton.[di]

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

_DSC4119

Pentingnya Perencanaan Pendidikan dan Memilih Sekolah yang Baik Buat Anak

Menghadiri pameran pendidikan itu bagai menemukan oase yang mengobati dahaga jiwa. Kebayang khan bahagianya ada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge