Home » Inspiration, Opinion, and Self Development » Andai Aku Jadi Srikandi Blogger
photoshake_1393174019042

Andai Aku Jadi Srikandi Blogger

Memangnya kalau jadi Srikandi Blogger mau ngapain? Sumbangsih apa yang bisa diberikan saat gelar sudah di tangan?

Youtube

Sungguh sebuah pertanyaan yang menggelitik perasaan saya. Saat saya boleh menjawab dengan sederhana pertanyaan tersebut, saya bisa menjawabnya tanpa beban. Saya dengan mudah mengatakan bahwa tentu saja saya bisa melakukan banyak hal. Tapi saat saya harus menjelaskan dengan jawaban yang konkrit apa yang akan saya lakukan bisa menjadi Srikandi Blogger, saya harus jujur mengatakan bahwa saya mengalami kesulitan.

Saya bercermin, memandang lebih dalam. Apa yang saya punya yang saya bisa berikan, apa prestasi yang saya punya yang bisa memotivasi emak-emak lain di Kumpulan Emak Blogger (KEB), sejauh apa kemampuan saya dalam dunia blogging yang membuat saya layak menyandang gelar Srikandi Blogger, dan siapa saya dibanding sembilan finalis hebat yang lain. Ah… saya kok sulit menemukan jawabannya. Pertanyaan tersebut makin membuat saya gelisah malam ini, saya nyaris putus asa saat harus mulai menulis di dalam mobil dalam keadaan baterei tablet sudah tinggal 10% dan jam di tangan saya sudah menunjukkan pukul 21.00 WIB dalam perjalanan menuju rumah. Tapi bagaimana pun, saya harus selesaikan apa yang sudah saya mulai.

Tulisan ini saya mulai dengan cermin diri. Bercermin lewat hati membuat saya menemukan jawaban pertanyaan-pertanyaan di atas. Saya memang tak memiliki prestasi yang luar biasa, pengalaman di dunia blogging pun baru seumur jagung, tapi saya punya satu hal yang menjadi kekuatan saya yaitu passion. Lalu muncul beberapa kosa kata dalam benak saya, passion, travelling, capturing moments, writing dan sharing. Bukankah itu semua bisa menjadi kekuatan yang saya punya yang akhirnya membuka peluang untuk saya bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi emak-emak blogger lainnya. Lalu saya ingat pula beberapa kekuatan emak-emak lain dalam Kumpulan Emak Blogger yang mungkin tak saya punya. Kami bisa saling berbagi dan saling mengisi, sebuah tim yang luar biasa.

Ya, dalam matematika saya, satu tambah satu hasilnya bukanlah dua, melainkan sebuah sinergi. Dari sinergi tersebut saya percaya bahwa kami dapat menjadikan kumpulan ini menjadi kumpulan blogger perempuan Indonesia yang kuat dan inspiratif yang membuat anggota-anggotanya pada khususnya, dan Perempuan Indonesia pada umumnya makin cerdas, berdaya, berkarya lebih berkualitas, bermanfaat lebih besar dan berbagi lebih banyak. Melalui tangan perempuan seperti ini pula diharapkan mampu menyentuh kehidupan banyak orang melalui tulisan dan karya nyata hingga mampu menjadi agen perubahan dan membawa perubahan yang positif bagi kehidupan bangsa dan negara.

Anak Indonesia...Tanggung Jawab Kita
Anak Indonesia…Tanggung Jawab Kita

Beberapa tahun terakhir saya fokus pada dunia relawan, khususnya untuk pendidikan anak Indonesia dan pembangunan karakter anak bangsa sebagai wujud pemenuhan terhadap janji kemerdekaan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan cara berbagi ke sekolah-sekolah tingkat dasar di beberapa kota di Indonesia, saya ingin menanamkan pentingnya pendidikan tinggi, menanamkan nilai luhur bangsa dan pentingnya semangat kebangsaan pada tunas-tunas bangsa di tengah gempuran globalisasi dan kemudahan akses informasi dan teknologi, karena bagaimana pun, kelak anak-anak inilah yang akan menerima tongkat estafet untuk membangun negeri ini.

Bersama KEB, saya bersedia menjadi salah satu relawan, mengajak emak-emak lain untuk ikut bersama-sama mencerdaskan kehidupan bangsa, mengunjungi anak-anak di pelosok daerah, terutama di daerah-daerah marginal, untuk berbagi mimpi, berbagi ilmu, dan berbagi inspirasi. Saya ingin anak-anak Indonesia di pelosok sana dan yang memiliki keterbatasan ekonomi dan akses teknologi tidak tertinggal dengan saudara-saudaranya yang lain yang lebih beruntung. Bila mereka memiliki keterbatasan untuk menjemput impian mereka, mari kita yang membawakannya untuk mereka. Bukankah sejatinya perempuan adalah ibu dari semua anak, mereka anak-anak kita juga. Mereka merupakan bagian dari tanggungjawab moral yang harus kita pikul.

photoshake_1393174019042
Seharusnya mereka sedang bermain dan sekolah. Bantu mereka meraih impiannya

Yuuk mak, kita buat kelas keliling. Kita datangi mereka, kita ajari, dampingi, dan bangun mimpi mereka. Bahkan kalau perlu kita bisa fasilitasi mereka semampu yang kita punya. Entah itu berupa alat tulis atau buku bacaan yang bermanfaat. Ada yang mau bergandengan tangan dengan saya untuk mewujudkan hal ini? Saya yakin akan ada banyak tangan yang terulur.

Mendekati akhir malam, saya teringat bahwa ternyata ada kemiripan antara kehidupan dengan Srikandi Blogger. Terinspirasi oleh George Bernard Shaw, bahwa kehidupan dan Gelar Srikandi Blogger bukanlah lilin yang singkat, melainkan obor yang sangat terang yang sempat saya pegang sejenak. Namun saya ingin menjadikannya menyala seterang mungkin sebelum meneruskannya kepada generasi mendatang.

Tulisan ini saya tutup dengan mengulangi lagi apa yang pernah saya tulis saat promosi #10FinalisSB2014. Saat itu saya menulis bahwa, bagi sebagian orang, gelar adalah sebuah kesuksesan, namun dibalik itu ada nilai yang lebih besar, yaitu jalan untuk menjadi bermakna. Mengutip apa yang dikatakan John C. Maxwell bahwa, “Sukses adalah ketika saya memberi nilai tambah bagi diri sendiri, sedangkan bermakna adalah ketika saya memberikan nilai tambah bagi sesama”, maka saya telah memutuskan untuk tidak inginkan sukses saja, namun saya ingin menjadi bermakna.

Hayuk mak, kita sama-sama berpegangan, untuk meraih sukses dan bermakna.

Suasan Kelas Inspirasi
Suasana Kelas Inspirasi di Sukaraja Bogor, Lereng Pegunungan Tengger, Probolinggo dan Babakan Surabaya Utara Bandung

 

Cimanggis, 23 Februari 2014. 22.26 WIB

About donna imelda

donna imelda
Lecturer, sharing, capturing moments, writing, travelling, Kelas Inspirasi volunteer Sila ngintip di https://www.facebook.com/donna.imelda

Check Also

P_20160401_151657

Kebun Raya Eks Tambang Emas Minahasa, Sebuah Persembahan Bagi Alam

Berkali saya melihat gambar yang sejatinya memancing imaji keindahan. Lubang-lubang putih menganga, berserakan di sebuah ...

41 comments

  1. Mak Donna kau benar2 menginspirasi tapi tetap rendah hati 🙂

  2. Keren Mak Dona, semoga bisa sukses ya di ajang Srikandi Blogger 2014. Teruslah menjadi inspirasi kami semua

  3. Mak Donna… dirimu sungguh luar biasa.
    Kelas inspirasi yang mak geluti benar2 menginspirasi tuh.
    Butuh rasa cinta yang luar biasa untuk melakukannya dan terus melakukannya.
    Semangat ya Mak… maju terus.
    Itu videonya keren banget.

  4. Kelihatan banget dunia anak-anak yang mengelilingimu Don. Keep doing what you’re doing. More kids need people like you.

  5. Semoga sukses Kak Donna, tulisan mu selalu menginspirasi saya.

  6. Secret admirer mah mau numpang nyengir aja 😀

  7. Wuih… Mak Dona keren! Berbagi tanpa pamrih, terutama bagi dunia anak-anak. Sukses Mak 🙂

  8. Merinding lihat videonya mak…semoga sukses jadi inspirasi untuk seluruh anak Indonesia…

  9. ya ampun bener2 kelas inspirasi addict ini mba donna. bagus mba 🙂 begini emang harusnya konsep kecanduan, sama yang baik-baik, biar menular semangatnya, kebaikannya 🙂

  10. Subhanallah,,, patut dicontoh mbak yang satu ini… lanjutkan ya bu.. 🙂

  11. Ditengah2 kesibukan kewajiban, masih mempunyai waktu untuk berbagi secara kelliling. Salut!.
    Sukses dan terus menginspirasi ya, Mama Don. . . 🙂

  12. kereeen mak dona,,,dunia anak2 bangeett

  13. Goodluck ya, KEB bangga memiliki finalis yang keren 🙂

  14. Sukses selalu mak donna. Inspiratif sekali.

  15. Mbak Donna, aku padamuuuu…. wah, baru tau niih jadi finalis KEB, hebring eui.. teruskan perjuanganmu mbaaak’ee….

  16. Srikandi Blogger bukan hanya sekedar gelar tetapi ada taggung jawab yang menyertainya.
    Maju terus Jeng
    Sehat da sukses ya
    Salam hangat dari Surabaya

  17. Paling setuju dengan quote ini

    Sukses adalah ketika saya memberi nilai tambah bagi diri sendiri, sedangkan bermakna adalah ketika saya memberikan nilai tambah bagi sesama

    Ajakan di atas sangatlah menyentuh mbak. Kalau bukan kita yang peduli siapa lagi? Kalau bukan sekarang kapan lagi?

  18. Emaakkkk maap nih dakuw baru kenal dirimu akhir-akhir ini. Alasan terbesar ya penasaran sama kiprahmu di KI. Terus menginspirasi ya, Mak :*
    Lestarie recently posted…Si Imut Favorit dan KesayanganMy Profile

  19. Inspirasi yang sangat membangun sekali… ^^ great post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge